Berita

Mati di Indonesia, Honda Jazz Justru Baru Dapat Varian RS di Jepang

Jepang — Honda dikabarkan melakukan penyegaran terhadap hatchback legendaris, Honda Jazz alias Fit di Jepang. Selain perubahan penampilan, mobil tersebut kini juga mendapatkan varian baru bernama RS.

Honda Jazz RS Jepang

Honda dikabarkan melakukan penyegaran terhadap hatchback legendaris, Honda Jazz alias Fit di Jepang. (Foto: Honda)

Dirangkum dari Paultan, Senin (8/8/2022), model yang mendapatkan facelift ini adalah Honda Jazz generasi ke-4 yang pertama kali diperkenalkan dalam pameran Tokyo Motor Show 2019.

Dari awal mobil ini hadir dalam 5 pilihan varian, terdiri dari Basic, Home, Luxe, Crosstar, dan Ness. Namun, varian yang terakhir disebut sudah berhenti dijual dan digantikan dengan varian bernama RS.

Masing-masing varian memiliki ciri khas tersendiri secara visual untuk membedakan antara satu dengan yang lainnya.

Khusus varian RS mengedepankan konsep sporty di bagian eksteriornya. Hal itu dicirikan dari penggunaan gril “diamond mesh” dan bumper depan yang cukup istimewa.

Honda Jazz RS Jepang

(Foto: Honda)

Wujudnya dihiasi dengan lower intake besar dibarengi inlet samping yang tak kalah mencolok. Disebutkan varian ini juga dilengkapi emblem “RS” berwarna merah ditambah desain pelek yang lebih agresif.

Lalu jika masuk ke dalam kabinnya maka akan dijumpai jahitan kontras di lingkar setir, paddle shift, dan fitur mode berkendara (Normal, Sport, Eco).

Sementara itu desain kabin secara keseluruhan tak terlihat ada perubahan berarti. Dasbor tetap diisi head unit 9 inci sebagai pusat hiburan dan digital instrument cluster 7 inci.

Perubahan Varian Lain Honda Jazz di Jepang

Perubahan pada varian-varian lain (Basic, Home, Luxe) kini memiliki desain bumper yang lebih sederhana. Khusus varian Home terlihat memiliki tambahan aksen krom di gril untuk membedakannya dengan varian Basic.

Honda Jazz Facelift di Jepang

(Foto: Paultan)

Varian Luxe juga mendapatkan sentuhan krom, tapi di bagian rocker panel. Varian ini juga menggunakan kaca spion berwarna kontras.

Sementara itu, perubahan pada varian Crosstar di antaranya menggunakan gril jaring-jaring dan lower grille sewarna bodi.

Menurut sumber yang sama, Honda Jazz terbaru hadir dengan sistem e:HEV yang diracik lagi untuk meningkatkan output motor dan akselerasi yang lebih responsif. Namun, sejauh ini figur tenaga dan torsinya terlihat masih sama dengan sebelumnya.

Terkait harga, pabrikan akan mengumumkannya pada musim gugur mendatang atau sekitar bulan September dan November.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

/