Home » Berita » 10 Mobil Toyota Paling Banyak Diburu Selama Mei 2020

10 Mobil Toyota Paling Banyak Diburu Selama Mei 2020

Toyota Avanza dan Veloz (Foto: Toyota)

Jakarta – Penjualan mobil di bulan Mei 2020 jauh berbeda jika dibandingkan dengan Mei tahun lalu. Hal ini turut dirasakan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota di Indonesia. Tahun lalu di bulan yang sama mobil penumpang Toyota bisa laku terjual puluhan ribu unit, tapi tahun ini tak sampai 10 ribu unit.

“Jadi tahun ini sangat berbeda dibandingkan tahun-tahun lalu. Kami sudah mendapat data penjualan dari Gaikindo bahwa penjualan retail Toyota di bulan Mei 2020 berada di angka 6.727 unit. Dan itu market share sekira 39,4 persen,” ujar Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy saat teleconference bersama media, Senin (15/6/2020).

Kendati demikian, ada catatan manis yang diraih oleh Toyota selama Mei 2020 ditengah anjoloknya penjualan mobil. Di mana Toyota masih menjadi merek paling banyak mencatatkan penjualan di periode ini. Artinya posisi Toyota di peringkat teratas belum tergoyahkan oleh merek lain.

Jenis SUV Makin Laris

Di samping itu beberapa model andalan dari Toyota juga masih diburu oleh konsumen. Salah satunya model yang bermain di segmen Sport Utility Vehicle (SUV).

“SUV kami mengalami peningkatan yang baik dari sisi market share. Contohnya adalah Toyota Rush. Kalau dilihat walaupun volumenya menurun, tapi kontribusi dari Rush terhadap SUV Toyota sudah sangat tinggi, sekarang 75%. Bahkan penjualan Rush di Mei berada di peringkat ke dua,” terang Anton.

Tak cuma Toyota Rush saja, Anton melanjutkan SUV Toyota lain seperti Fortuner ikut membukukan penjualan dan market share yang cukup baik. “Market share-nya di bulan Mei ini di atas 63 persen. Ini juga memberi semangat buat kita bahwa memang usaha kita untuk melakukan penetrasi di segmen SUV sekarang berbuah dengan baik,” sambung dia.

Asian Games 2018
120 unit mobil Toyota terdiri dari Kijang Innova, Fortuner dan Alphard siap sukseskan Asian Games 2018 (Dok : Carmudi)

Di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) pun, Toyota masih menorehkan capaian yang baik. Toyota Avanza, Innova dan lainnya sampai sekarang masih tetap memiliki banyak peminat.

“Jadi kalau dulu Toyota imejnya di MPV sekarang kami masih bertahan dengan Avanza, Innova, dan Calya. Tapi sekarang Toyota juga sudah semakin memperkuat posisinya di segmen SUV dengan adanya Rush, Fortuner dari sisi volume dan market share bisa memberikan sumbangan yang positif,” tutur Anton.

Berikut ini daftar 10 mobil penumpang Toyota yang paling banyak diburu selama Mei 2020:

  • Avanza 1.298 unit
  • Rush 1.264 unit
  • Calya 1.129 unit
  • Innova 1.001 unit
  • Agya 724 unit
  • Fortuner 477 unit
  • Yaris 241 unit
  • Alphard 94 unit
  • Voxy 46 unit
  • Sienta 45 unit.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Kiat Merawat dan Mempersiapkan Mobil Sebelum Digunakan
Next post
Pernah Disanjung, BMW i8 Akan Segera Menemui Ajalnya Bulan Ini