Home » Berita » Dimensi Mazda CX-3 Generasi Terbaru Lebih Besar, Kabin Lebih Senyap

Dimensi Mazda CX-3 Generasi Terbaru Lebih Besar, Kabin Lebih Senyap

Desain mobil Mazda (Foto: Goauto)

Tokyo – Rupanya Mazda telah menyiapkan desain untuk CX-3 generasi terbaru. Go Auto melaporkan bahwa crossover/SUV kompak itu akan diluncurkan setelah 2020.

Sebagai bocoran, nantinya Mazda CX-3 generasi terbaru memiliki dimensi lebih besar dari model saat ini. Kemungkinan CX-3 generasi terbaru tidak lagi menggunakan platform yang sama dengan Mazda2 dan Mazda3.

Mazda memastikan generasi penerus dari CX-3 dibangun menggunakan platform anyar. Kabarnya platform baru ini adalah SkyActiv-Vehicle Architecture yang akan debut tahun depan bersamaan dengan peluncuran Mazda3 terbaru.

SkyActiv-Vehicle Architecture mengadopsi rangka bodi lebih kuat dan sasis lebih kaku. Tidak hanya itu, Mazda mengklaim lewat penggunaan platform baru ini sistem suspensi belakang sudah dirancang sedemikian rupa. Rancangan baru itu disebut mampu meredam suara bising dan memperhalus getaran yang masuk ke kabin.

Sementara secara lebar, panjang dan tinggi, tubuh mobil akan disesuaikan seperti pesaingnya, Honda HR-V, Toyota C-HR dan Hyundai Kona. Meski mengalami perubahan besar dari sisi dimensi, tapi Mazda tetap mempertahankan konsep sporti dan ramping dari CX-3.

Direktur Mazda Motor Company dan kepala Research and Development (R&D), Kiyoshi Fujiwara, mengatakan perubahan besar ini terpaksa dilakukan untuk menjawab kritik dan masukan dari konsumen. Kiyoshi menambahkan salah satu yang paling banyak dikritik oleh pelanggan adalah soal kabin terlalu bising.

Torsion beam axle terbaru jauh lebih baik daripada suspensi multi-link dalam hal kebisingan jalan. Jadi kami memilih itu untuk mengurangi kebisingan ketika pelanggan tengah mengendarai mobil, kata Kiyoshi.

Pembaruan lain yang dilakukan Mazda adalah jantung pacu CX-3. Mazda berjanji generasi kedua dari CX-3 ini akan dibekali mesin bensin berteknologi canggih dengan Spark Controlled Compression Ignition (SPCCI). Sedangkan versi mesin diesel dibekali supercharger yang diklaim mampu mengeluarkan tenaga besar, namun tetap hemat bahan bakar.

Peningkatan Kenyamanan

Selain dimensi yang semakin ‘bengkak’, Mazda juga meningkatkan kenyamanan di kabin lewat jok dengan desain baru. Kemudian tata letak dashboard juga hadir lebih modern. Bukan hanya itu, CX-3 bakal disempurnakan dengan kapasitas bagasi lebih besar sekira 264 liter.

Mazda CX-3 (Foto: Paultan)

Mazda CX-3 sukses besar di Australia, namun sebaliknya di beberapa pasar lain seperti Amerika Serikat. Perubahan dimensi dan kabin semakin luas dinilai sebagai satu-satunya jalan untuk meningkatkan penjualan dan pangsa pasar khususnya di Amerika Serikat. Di Negeri Paman Sam, Mazda CX-3 kalah bersaing dengan Honda HR-V dan Subaru XV. (dna)

mitsubishi triton facelift
Previous post
Tampang Mitsubishi Triton Baru, Paduan Xpander dan Pajero Sport
Next post
Dua Seri Head Unit Pioneer Terbaru, Hadir Untuk Anak Muda