HomeMobilMenantikan Mobil Listrik Wuling di Indonesia, Berapa Harga yang Pas?

Menantikan Mobil Listrik Wuling di Indonesia, Berapa Harga yang Pas?

mobil listrik wuling
Wuling Mini EV jadi mobil listrik dengan harga paling murah (Foto: Carscoops)

Jakarta – Kehadiran mobil listrik yang semakin naik daun terutama dari brand merakyat seperti Wuling sangat dinantikan. Sebab, mobil listrik Wuling ini diprediksi akan dijual dengan harga cukup terjangkau.

Beberapa waktu lalu perusahaan patungan SAIC-GM-Wuling (SGMW) merilis mobil listrik mungil, Wuling Hong Guang Mini EV. Mobil ini dijual oleh Wuling dengan harga cukup murah dan secara instan mendapatkan popularitasnya.

Mengandalkan energi terbarukan atau tenaga listrik, Hong Guang Mini EV laris manis. Harganya sangat murah, mulai 28.800 Yuan atau setara Rp60 jutaan.

Secara desain, mobil mungil ini tidak norak karena terinspirasi dari Kei Car atau mobil mungil ala Jepang.

Harga Murah, Mobil Listrik Wuling Laris Manis

mobil listrik wuling
Wuling Mini EV cocok jadi city car di Indonesia (Foto: Wuling)

Mobil listrik Hongguang MINI EV merupakan hasil kolaborasi SAIC-GM-Wuling Automobile Co. Mini EV menjadi salah satu paling populer di China karena harganya murah dan performanya lumayan untuk ukuran mobil seharga Rp60 jutaan.

Wuling Hong Guang Mini EV bahkan mendapat pemesanan mencapai 50 ribu unit di China. Dalam 20 hari pertamanya, sejumlah 15 ribu unit sudah dipesan oleh konsumen baru.

Sebagaimana dikutip dari CNBC, mobil ini tidak mendapat subsidi dari pemerintah China. Alasannya, karena jangkauan Hong Guang Mini EV yang kurang dari 250 kilometer.

“SAIC-GM-Wuling memungkinkan untuk menjual mobil listrik dengan harga yang kompetitif dibandingkan mobil bensin tanpa subsidi pemerintah. Itu adalah pencapaian yang luar biasa,” kata Yale Zhang, pendiri AutoForesight, sebuah konsultan yang berbasis di Shanghai.

Harga Murah Meriah Spesifikasi “Wah”

Wuling Mini EV fiturnya canggih dan modern (Foto: Tinxe)

Harga murah cukup sebanding dengan performa yang ditawarkan mobil listrik Wuling. Mobil mungil ini dibekali dua pilihan baterai 9,2 kWh atau 13,8 kWh.

Wuling Mini EV sudah dites sesuai dengan NEDC (New European Driving Cycle) yang mampu menempuh jarak 150-200 km untuk sekali pengecasan.

Sumber tenaganya adalah motor listrik 27 hp yang disambungkan dengan baterai kompak 13,8 kWh.

Mobil listrik Hong Guang Mini EV cukup lincah, karena bisa mencapai kecepatan 100 km/jam. Spesifikasinya lebih dari cukup untuk orang yang tinggal di daerah perkotaan.

Bila melihat harga yang cukup terjangkau, Hong Guang Mini EV bisa menjadi alternatif menarik daripada sepeda motor.

Kamu bisa bepergian bersama tiga orang lainnya dalam mobil. Apalagi, biaya yang dihabiskan untuk pengisian daya listrik lebih terjangkau daripada beli bensin untuk mesin konvensional.

Rancangan Hong Guang Mini EV Fleksibel ala Kei Car

mobil listrik Wuling Mini EV
Desain Wuling Mini EV mengadopsi gaya Kei Car (Foto: Tinxe)

Melihat data spesifikasi di atas kertas, mobil listrik Wuling memiliki dimensi panjang 2,9 meter x lebar 1,4 meter x tinggi 1,6 meter. Meski kecil, ruang kabin cukup proporsional untuk empat orang.

Konsep Kei Car begitu kuat dalam rancangan kabin mobil listrik grup Wuling tersebut. Sebab, ukuran yang mungil saja muat untuk empat orang dewasa.

Tapi bila kita membawa banyak barang, tetap harus melipat kursi belakang. Ukuran bagasi jelas lega, karena masih bisa membawa dua koper berukuran 26 inci atau satu baby stroller. Konsepnya begitu cocok bagi keluarga muda yang baru memiliki satu anak balita.

Melihat sisi luar, kita akan teringat sosok Kei Car bergaya boxy semisal Daihatsu Tanto. Pihak Wuling memang mengakui kalau inspirasi konsepnya berasal dari Kei Car.

Hong Guang Mini EV dirancang menjadi kendaraan yang nyaman untuk perjalanan perkotaan sehari-hari. Wuling menyebut bila ukuran EV yang kompak dan jarak sumbu roda yang pendek akan memberikan keuntungan alami untuk parkir dan manuver di kota yang padat.

Fitur Menarik Wuling Mini EV

Meskipun harganya murah, bukan berarti Wuling Hong Guang Mini EV ini murahan. Standar keselamatan mobil yang masuk jenis hatchback ini terbilang oke dan modern.

Fitur keselamatan yang ada meliputi rem anti-lock, sistem monitor untuk tekanan ban, serta sensor parkir. Untuk kelengkapan fitur kenyamanan ada AC, power windows, dan perangkat stereo.

Harga Mobil Listrik Wuling Mini EV Cukup Murah untuk Orang Indonesia

Bicara soal kendaraan listrik, sejumlah pabrikan mobil di Tanah Air menyatakan siap memproduksi sekaligus menjualnya, termasuk Wuling Motors. S

GMW Motor Indonesia selaku agen pemegang merek mobil Wuling di Indonesia mengaku sudah siap mendatangkan mobil listrik dengan harga terjangkau.

Sebagai bentuk kesiapannya terhadap mobil listrik, Wuling Motors pernah memamerkan kendaraan listrik berukuran kecil Wuling E100 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Di Cina, generasi terbaru E100 baru saja dipasarkan dengan nama E300 dan E300 Plus. Keduanya dipasarkan dengan harga 64.800 Yuan (Rp131 jutaan) dan 84.800 Yuan (Rp171,4 jutaan).

Membandingkan harganya, maka Hong Guang Mini EV akan lebih ramah di kantong. Andaikata Wuling Motors memasukkan Mini EV ke pasar Tanah Air, maka jadi mobil listrik termurah yang dijual APM.

Sedangkan spesifikasi E100 yang pernah dipamerkan saat GIIAS 2018 pun hanya beda tipis dengan Mini EV di negara asalnya.

Mobil listrik Baojun E100 mempunyai desain mungil dengan panjang 2.488 mm, lebar 1.506 mm, dan tinggi 1.670 mm. Mobil listrik ini dibekali dengan motor tunggal mampu mengeluarkan tenaga 39 hp dan torsi 110 Nm.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga: Kupas Spesifikasi Lengkap Wuling Victory, Rival Sepadan Toyota Kijang Innova Asal China

Arus Balik Libur Panjang
Previous post
Imbauan Bagi yang Berencana Berlibur Menggunakan Kendaraan
Hyundai Ioniq full electric akan segera meluncur ke Indonesia
Next post
Deretan Mobil Listrik Hyundai Beserta Harganya yang Bikin Kaget