Berita

Mencicipi Performa Honda All New HR-V di Sirkuit Mandalika

Lombok — PT Honda Prospect Motor (HPM) menggelar acara test drive bersama media selama tiga hari (23—25/5/2022) di dua lokasi; Lombok dan Bali. Hari pertama acara HPM langsung mengajak awak media untuk memacu Honda All New HR-V di Sirkuit Mandalika, Lombok.

Di lintasan Sirkuit Mandalika ini rekan-rekan media diajak membuktikan performa All New Honda HR-V selama sehari melalui sesi test drive beberapa lap.

honda sirkuit mandalika

Test drive All New Honda HR-V di sirkuit Mandalika. (Foto: Rizen/Carmudi)

Honda menyediakan delapan unit tes All New HR-V tipe RS. Menariknya, pada sesi test drive di dalam sirkuit ini rombongan dikawal oleh All New Honda Civic RS yang pada pekan lalu didaulat menjadi safety car di ajang Mandalika Track Day 2022.

Masing-masing media mendapatkan satu kali putaran hot lap untuk menikmati performa dan handling All New Honda HR-V.

Pada sesi test drive kali ini Kotaro Shimizu, Presiden Direktur PT HPM turut hadir bersama dengan Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM.

honda sirkuit mandalika

“Pada kesempatan kali ini kami ingin mengajak rekan media untuk menguji performa dan handling All New Honda HR-V di sirkuit Mandalika. Kami juga menurunkan All New Honda Civic RS yang pada pekan lalu menjadi safety car di sirkuit ini,” ujarnya.

All New Honda Civic RS yang mengawal HR-V generasi terbaru dikendarai oleh Alvin Bahar. Setelah mencicipi All New HR-V selama beberapa lap, rekan media juga diajak untuk mencicipi sesi tes “Feel New Power”.

honda sirkuit mandalika

All New Honda HR-V melahap sirkuit Mandalika. (Foto: Rizen/Carmudi)

Pada tes tersebut, kami diberikan kesempatan untuk merasakan perbedaan performa antara All New Honda HR-V dengan HR-V tipe 1.8 Prestige.

Tes dilakukan dengan memacu kendaraan sekencang mungkin dari jarak 0 hingga 201 meter.

“Kami ingin rekan media bisa merasakan bagaimana perbedaan performa mesin turbo pada generasi terbaru ini dengan generasi sebelumnya. Sehingga memiliki gambaran perbedaan performa mesin yang dihasilkan dari masing-masing mesin,” sambungnya.

Selama sesi tes berlangsung, kami juga mendapatkan presentasi produk yang dipaparkan langsung oleh tim HPM. HPM mengatakan jika teknologi mesin di HR-V terbaru ini punya karakter yang berbeda dengan efisiensi bahan bakar yang baik.

All New Honda HR-V RS Turbo sendiri dibekali dengan mesin berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder, DOHC, VTEC, turbocharge bertenaga 174,5 hp @6.000 rpm. Torsi yang dapat dihasilkan mobil berpenggerak roda depan tersebut mencapai 240 Nm @1.700-4.500 rpm.

(Foto: Rizen/Carmudi)

Jika dilihat sekilas, mobil tersebut memang menggunakan mesin yang sama dengan New Honda CR-V. Hanya saja HPM mengatakan ada perbedaan setting mesin, terutama di bagian CVT Software antara New Honda CR-V dengan All New Honda HR-V walaupun sama-sama bermesin turbo.

“Antara New CR-V dan All New HR-V punya perbedaan di bobot. Kami menyesuaikan respon mesin sesuai dengan bobot kendaraan. Jika ditanya perbedaan ada pada bagian CVT Software yang berbeda antara milik New CR-V dan All New HR-V,” kata Yoshitomo Ihashi, Large Project Leader of All New Honda HR-V Honda Motor Co., Ltd., Automobile Operations, Monozukuri Center.

(Foto: Rizen/Carmudi)

Seperti apa rasa berkendara All New Honda HR-V di atas lintasan sirkuit dan di jalan raya? Tunggu ulasan kami dalam beberapa waktu ke depan ya, Carmudian.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts