Mercedes-Benz Indonesia Lengkapi Varian E-Class Facelift, Harga Lebih Murah!
Jakarta – PT Mercedes-Benz Indonesia baru saja meluncurkan E200 Avantgarde Line dan E300 SportStyle Avantgarde Line (28/5). Kedua varian ini dihadirkan untuk melengkapi varian E-Class facelift dengan mesin dan fitur baru, yang sebelumnya sudah diisi oleh E350 EQ Boost AMG Line terlebih dahulu.
Selain banyaknya fitur tambahan dan mesin baru berkode M264 seperti di E350, varian baru E-Class ini juga mendapatkan penyegaran minor tampilan, khususnya pada E300 dengan tambahan nama “SportStyle” dan kini dipasangkan dengan Avantgarde Line, dibandingkan E300 pre-facelift yang menggunakan AMG Line.
“E-Class telah menjadi model terpenting kami selama lebih dari 80 tahun. Pada kuarter pertama tahun ini, E-Class mewakili 24 persen dari total penjualan Mercedes-Benz Indonesia. Kami menyebut E-Class sebagai intelligent business sedan,” ujar Roelof Lamberts, President Director of PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia.
Lantas, apa saja yang berubah pada kedua varian Mercedes-Benz E-Class anyar tersebut?
Isi Konten
HARGA LEBIH TERJANGKAU
Sebelum kehadiran dua varian baru ini, Mercedes-Benz E-Class versi facelift hanya diwakili oleh E350 EQ Boost AMG Line saja yang dibanderol Rp 1,449 miliar off the road.
Tentunya dengan harga Rp 1,049 miliar off the road untuk E200 Avantgarde Line baru dan Rp 1,279 miliar off the road untuk E300 SportStyle Avantgarde Line, kini konsumen mendapatkan pilihan E-Class dengan harga lebih terjangkau.
Uniknya, ternyata harga E300 baru ini lebih murah dibanding E300 sebelumnya yang dulunya dibanderol Rp 1,329 miliar off the road. Artinya, E300 baru dengan mesin anyar dan fitur jauh lebih lengkap ini lebih murah sekitar Rp 50 juta dibanding versi sebelumnya.
Hal ini karena kini E300 hadir dengan bodystyling dari Avantgarde. Sementara E300 sebelumnya hanya hadir dalam opsi AMG Line yang notabene memang selalu menjadi pilihan lebih mahal nan sporty. Sehingga E300 berikut bisa disebut lebih terjahgkau dibandng sebelumnya.
Model |
Harga (off the road) |
Mercedes-Benz E200 Avantgarde Line (2019) |
Rp 1.049.000.000 |
Mercedes-Benz E300 SportStyle Avantgarde Line |
Rp 1.279.000.000 |
Mercedes-Benz E350 EQ Boost AMG Line |
Rp 1.449.000.000 |
MESIN BARU
Ubahan terbesar pada kedua varian baru Mercedes-Benz E-Class facelift justru tersembunyi di bawah kap mesinnya. Meski terkesan tetap menggunakan mesin berkapasitas 1.991cc, namun kini kode mesin pada E200 dan E300 berubah yang artinya, sudah berganti mesin.
Bila sebelumnya mesin berkode M274 yang digunakan, kini mengandalkan mesin M264 seperti pada E350 dan pada C-Class facelift.
Otomatis, tenaga yang dikeluarkan pun melonjak. Pada E300 Avantgarde Line, mesin 1.991cc dengan twin-scroll turbocharger–nya tersebut sanggup menghasilkan 255 hp (258 ps) dari sebelumnya 242 hp. Torsinya pun kini menjadi 370 Nm.
Sedangkan E200 Avantgarde Line kini menghasilkan output 194 hp (197 ps) dengan torsi 320 Nm.
Keduanya tetap mengandalkan transmisi otomatis 9-percepatan 9G-Tronic, yang menyalurkan tenaga mesin tersebut ke kedua roda belakang.
TAMPILAN UNIK SPORTSTYLE
Bila Mercedes-Benz E300 sebelumnya menggunakan styling dari AMG Line yang cenderung lebih sporty, kini E300 dipilih dengan Avantgarde Line yang cenderung lebih elegan.
Perbedaan paling kentara kedua desain ini (Avantgarde dan AMG) ada di grille radiator yang lebih memanjang di Avantgarde dan di AMG cenderung lebih besar pada housing foglamp. Begitu juga bisa terlihat di velg, AMG Line pada E300 dulu menggunakan model 5-spoke ala bintang khasnya, sedangkan pada model Avantgarde Line lebih elegan.
Uniknya, kali ini bodystyling Avantgarde Line pada E300 juga dilengkapi nama “SportStyle”, yang memberikan beberapa sentuhan khusus.
Contohnya, beberapa poin kini menjadi krom, seperti bagian belakang grille depan dan bagian di atas grille radiator. Sementara yang mengitari bumper belakang dibuat warna piano black.
Sedangkan velg E300 Avantgarde Line kali ini juga menggunakan model khusus SportStyle, dengan bentuk 5-spoke yang seakan membentuk turbin dengan kelir dual tone. Diameter velg-nya turun dari 19 inci di AMG Line dulu ke 18 inci sekarang.
Ukuran velg yang sama juga digunakan di E200 Avantgarde Line baru, hanya saja dengan motif yang berbeda.
Selain eksterior, E300 SportStyle Avantgarde Line juga mendapat sentuhan unik di dalam kabin. Panel yang digunakan di dasbor dan door trim disebut “Light Carbon-Grain Aluminium” yang memiliki motif ala carbon fibre namun dengan kelir sangat terang.
Jok kulit-alcantara di E300 AMG Line pun diganti menjadi kulit saja untuk E300 Avantgarde Line kali ini.
Selain jok dan panel baru, E200 dan E300 anyar ini juga mengaplikasikan setir seperti yang sudah digunakan di E350 dan di C-Class facelift.
DUAL-COCKPIT STANDAR
Selain tampilan dan mesin baru, Mercedes-Benz E200 Avantgarde Line dan E300 SportStyle Avantgarde Line sama-sama kedapatan banyak fitur baru dibanding varian pre-facelift.
Paling utama di soal keselamatan, E200 dan E300 kini sama-sama mengaplikasikan Blind Spot Assist yang dapat memberi indikator di spion ketika terdeteksi objek di titik buta. Selain itu, khusus E300 kini juga ada Active Lane Keeping Assist yang dapat menjaga mobil agar tetap berada di dalam lajur.
E300 SportStyle Avantgarde Line juga menggunakan lampu depan yang sama seperti milik E350, yaitu Multibeam LED yang mengandalkan 84 lampu LED di setiap lampu depannya untuk dapat memancarkan matriks cahaya sehingga bisa lebih selektif untuk menerangi lebih jauh sisi yang diinginkan.
Penambahan Multibeam LED Headlights ini juga sekaligus membuat adanya fitur baru Adaptive Highbeam Assist Plus.
Selain keselamatan, fitur kenyamanan kedua varian pun turut bertambah juga.
E200 Avantgarde Line kini mendapatkan sistem hiburan kabin yang mirip, dengan dua layar besar “Widescreen Cockpit”, masing-masing berukuran 12,3 inci yang dapat menggunakan Apple CarPlay dan Android Auto. Fitur wireless charging juga ditambahkan, begitu pula ambient lighting 64 warna yang sebelumnya hanya ada di varian lebih tinggi saja.
Kini fitur Comfort Access berupa passive keyless entry pun sudah tersedia di E300, sehingga membuka kunci pintu cukup kantungi remote saja dan tinggal meraih bagian dalam handel pintunya saja di sisi mana pun.
Sistem climate control E300 Avantgarde Line kini juga di-upgrade jadi tri-zone dan mendapatkan sound system dari Burmester dengan 13 speaker dan total daya 590 W.
Data Spesifikasi Mercedes-Benz E200 Avantgarde Line (2019) Indonesia:
Mesin | M264 |
Jumlah Silinder | 4, Segaris |
Teknologi Mesin | DOHC, Gasoline Direct Injection, Twin-Scroll Turbocharger |
Kapasitas Mesin | 1.991 cc |
Tenaga Maksimum | 194 hp (197 ps) |
Torsi Maksimum | 320 Nm |
Transmisi | Otomatis 9-percepatan (Torque Converter) |
Layout Mesin | Mesin Depan Penggerak Roda Belakang |
Kapasitas Tangki | 73 liter |
Panjang | 4.923 mm |
Lebar | 1.852 mm |
Tinggi | 1.460 mm |
Wheelbase | 2.939 mm |
Sistem Kemudi | Electro-hydraulic Power Steering |
Radius Putar | 5,8 meter |
Suspensi Depan | Four-Link Independent |
Suspensi Belakang | Multi-Link Independent |
Damper | Agility Control dengan Selective Damping System |
Rem Depan | Ventilated Disc |
Rem Belakang | Ventilated Disc |
Sistem Rem | ABS, ABA, BAS, ESP, ASR |
Ban Depan | Pirelli P7 Cinturato 245/45 R18 |
Ban Belakang | Pirelli P7 Cinturato 245/45 R18 |
Harga | Rp 1.049.000.000 off the road |
Data Spesifikasi Mercedes-Benz E300 SportStyle Avantgarde Line Indonesia:
Mesin | M264 |
Jumlah Silinder | 4, Segaris |
Teknologi Mesin | DOHC, Gasoline Direct Injection, Twin-Scroll Turbocharger |
Kapasitas Mesin | 1.991 cc |
Tenaga Maksimum | 255 hp (258 ps) |
Torsi Maksimum | 370 Nm |
Transmisi | Otomatis 9-percepatan (Torque Converter) |
Layout Mesin | Mesin Depan Penggerak Roda Belakang |
Kapasitas Tangki | 73 liter |
Panjang | 4.923 mm |
Lebar | 1.852 mm |
Tinggi | 1.460 mm |
Wheelbase | 2.939 mm |
Sistem Kemudi | Electro-hydraulic Power Steering |
Radius Putar | 5,8 meter |
Suspensi Depan | Four-Link Independent |
Suspensi Belakang | Multi-Link Independent |
Damper | Agility Control dengan Selective Damping System |
Rem Depan | Ventilated Disc |
Rem Belakang | Ventilated Disc |
Sistem Rem | ABS, ABA, BAS, ESP, ASR |
Ban Depan | Pirelli P7 Cinturato 245/45 R18 |
Ban Belakang | Pirelli P7 Cinturato 245/45 R18 |
Harga | Rp 1.279.000.000 off the road |