HomeBeritaPeminat Mazda2 di Indonesia Mulai Redup, Selera Konsumen Berubah

Peminat Mazda2 di Indonesia Mulai Redup, Selera Konsumen Berubah

Mazda2 (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – Mazda2 sempat menjadi tulang punggung utama penjualan Mazda selama beberapa periode. Namun kini peminat mobil yang berada di segmen hatchback itu mulai meredup.

Penurunan penjualan Mazda2 di Indonesia seiring dengan mulai sepinya peminat mobil hatchback di Tanah Air. Banyak masyarakat Indonesia mulai beralih dari mobil kecil ke mobil berukuran lebih besar seperti Multi Purpose Vehicle (MPV), atau Sport Utility Vehicle (SUV).

Roy Arman Arfandy, Presiden Direktur PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) mengakui bahwa saat ini ada pergeseran selera konsumen. Jika sebelumnya Mazda2, kini yang menjadi penyumbang penjualan terbesar adalah Mazda CX-5.

“Tulang punggung kami saat ini masih CX-5 dibanding tahun lalu kan masih Mazda2. Sekarang yang naik malah CX-5,” ujar Roy, baru-baru ini di Jakarta.

Walaupun bukan lagi menjadi yang teratas, namun peminat Mazda2 di Indonesia masih tetap ada. Dari total penjualan Mazda sepanjang Januari-September 2018, posisi Mazda2 di Indonesia tepat berada di bawah CX-5.

Pada kesempatan yang sama Ricky Thio, Direktur Sales, Marketing & PR, EMI menjelaskan bila sepanjang tahun ini perusahaan telah menjual sebanyak 4.351 unit dari target 6.000 unit hingga akhir 2018.

Mazda CX-5 (Foto: Santo/Carmudi)

“Komposisi penjualannya itu Mazda CX-5, Mazda2 dan Mazda CX-3. Untuk penjualan paling banyak itu CX-5 paling besar. Sebulan 200 unit atau sekira 27,8 persen dari total penjualan Mazda secara keseluruhan. Mazda2 mencapai 22,8 persen dan CX-3 mencapai 13,9 persen,” kata Ricky.

Alasan Mazda Mendatangkan CX-9

EMI resmi meluncurkan Mazda CX-9 terbaru di Jakarta beberapa hari lalu. Kedatangan mobil seharga Rp818,8 juta ini memang cukup mengejutkan mengingat perusahaan baru saja meluncurkan CX-9 pada awal 2018. Roy mengatakan bahwa pihaknya hanya mengikuti perkembangan yang sudah dilakukan di Mazda Jepang.

“Debut CX-9 Februari, kami kan dari Jepang ya karena di sana ada perubahan, jadi kami bawa masuk juga yang baru. Begitu juga dengan MX-5 karena memang dari Jepang yang berubah hanya mesin saja. Ya sudah kami bawa masuk juga terbarunya,” pungkas Roy.

Mazda CX-9 terbaru memiliki beberapa tambahan fitur baru yang difokuskan untuk menambah kenyamanan, baik bagi pengendara maupun penumpangnya. CX-9 terbaru sudah dilengkapi dengan jok berventilasi yang memungkinkan pengendara dan penumpang mendapatkan suhu sejuk selama berkendara.

Baca juga: Sedikit Berubah, Apa Istimewanya Mazda MX-5 dan Mazda CX-9 Terbaru?

Selain itu, Mazda juga memberikan peningkatan pada NVH (Noise Vibration and Harshness) sehingga memberikan pengendaraan yang semakin nyaman bagi para penumpangnya.

Mazda juga memberikan pembaruan pada perangkat hiburan di bagian kabin dengan menambahkan 12 speaker dan sub-woofer. Kini head unit CX-9 terbaru juga sudah bisa dikoneksikan ke Apple CarPlay dan Android Auto agar dapat disambungkan dengan smartphone.

Mazda CX-9 (Foto: Santo/Carmudi)

Perubahan lainnya seperti head unit yang sudah dibekali fitur Top View Monitor sehingga dapat menampilkan posisi mobil dalam format kamera 360 derajat. Fitur ini dapat mempermudah proses berkendara terutama saat bermanuver di kepadatan lalu-lintas maupun saat parkir. (dna)

all new camry masuk indonesia
Previous post
Toyota Siap Luncurkan Sedan Terbaru Senin Depan, Apakah Itu?
New NIssan Terra
Next post
Nissan Terra Perang Harga dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport