Berita

Mirip Ioniq 5, MG5 EV Terbaru Hadir dengan Fitur V2L

Inggris — MG Motor UK Limited memamerkan versi terbaru MG5 EV dalam ajang Goodwood Festival of Speed baru-baru ini. Salah satu bentuk pembaruannya ialah kehadiran fitur Vehicle 2 Load (V2L).

Berdasarkan keterangan resmi perusahaan, Senin (27/6/2022), dijelaskan bahwa dengan keberadaan fitur ini mobil dapat menjadi sumber energi listrik untuk barang-barang elektronik, misalnya sepeda listrik, pemanas air, hingga peralatan kemah.

MG5 EV Terbaru

MG5 EV Terbaru (Foto: Morris Garage)

Fitur semacam ini mirip dengan yang dimiliki oleh mobil listrik Hyundai Ioniq 5. Bagi MG sendiri fitur V2L bukan sepenuhnya hal baru karena sebelumnya sudah bisa ditemui pada MG ZS EV yang pertama kali diluncurkan pada November 2021.

Dari sisi visual, MG5 EV disebut mendapatkan perubahan di sekitar bumper depan dan belakang. Termasuk untuk desain lampu-lampu LED yang digunakan dan peleknya.

Hal menarik, walau sekilas penampilan mobil ini tampak seperti Sport Utility Vehicle (SUV), tapi pabrikan lebih condong melihatnya sebagai estate alias station wagon.

Kemudian saat beranjak ke dalam kabin, akan terlihat layar 10,25 inci sebagai pusat hiburan. Pabrikan mengaku telah melakukan pemutakhiran software sehingga dapat mendukung koneksi iSMART melalui aplikasi telepon genggam khusus MG.

Pembaruan yang didapat oleh mobil ini tentunya diharapkan mampu meningkatkan penjualannya. Menurut sumber yang sama, mobil ini sudah terjual sebanyak 8.000 unit di Inggris semenjak pertama kali diluncurkan pada November 2020.

MG5 EV Terbaru

(Foto: Morris Garage)

Pernah Mampir ke Indonesia

Guy Pigounakis, Commercial Director MG Motor UK menyampaikan mobil ini sukses menjadi pilihan mobil listrik yang praktis dan menawarkan harga terjangkau.

“MG5 EV dengan cepat membangun ‘pengikut’ yang kuat sebagai mobil estate yang praktis, terjangkau, dan efisien. Dan kami berusaha untuk membangun kesuksesan itu dengan menawarkan kepada pelanggan desain yang lebih menarik dan peningkatan teknologi,” katanya.

MG5 EV itu sendiri pernah mampir ke Indonesia di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, tapi statusnya hanya sebagai barang pameran. Belum diketahui pasti apakah mobil ini akan dijual di Tanah Air atau tidak.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Santo Sirait

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

/