Home » Sepeda motor » Mirip Mobil, BMW Motorrad Bakal Tambah Fitur Adaptive Cruise Control

Mirip Mobil, BMW Motorrad Bakal Tambah Fitur Adaptive Cruise Control

BMW bakal sematkan fitur adaptive cruise control (ACC) di sepeda motor
BMW bakal sematkan fitur adaptive cruise control (ACC) di sepeda motor. Foto: Dok BMW

Amerika Serikat – BMW Motorrad dikabarkan sedang mempersiapkan terobosan baru. Pasalnya, BMW Motorrad bakal menyiapkan fitur adaptive cruise control di beberapa line up sepeda motornya. Fitur ini merupakan fitur yang biasanya ada pada mobil menengah keatas.

Fitur tersebut sebenarnya sama dengan cruise control pada umumnya. Hanya saja, kecepatan kendaraan dapat menyesuaikan dengan kendaraan di depannya. Jika kendaraan di depan kencang, maka adaptive cruise control akan mengikuti. Hal tersebut berlaku sebaliknya.

Dengan pengembangan ini, BMW Motorrad diprediksi akan menjadi pabrikan sepeda motor pertama yang menerapkan fitur canggih tersebut. Untuk melakukan hal tersebut, BMW Motorrad menggandeng perusahaan teknologi terkemuka asal Jerman, Bosch yang nantinya akan membuat sistem canggih untuk model sepeda motor BMW.

Tujuannya hanya satu, memberikan pengalaman berkendara sepeda motor yang lebih nyaman dan aman. Fitur ini nantinya akan berguna bagi mereka yang gemar melakukan perjalanan jauh. Fitur yang akan dinamai ACC (adaptive cruise control) ini akan dipasangkan pada seri tertentu.

BMW bakal sematkan fitur adaptive cruise control (ACC) di sepeda motor
BMW bakal sematkan fitur adaptive cruise control (ACC) di sepeda motor

Alias tidak semua sepeda motor BMW Motorrad akan mendapatkan fitur ini. Fitur ini tidak hanya berguna pada saat jalan lurus saja. Tetapi ACC ini juga akan menyesuaikan kecepatan pada saat sepeda motor sedang melahap tikungan. Sistem akan membaca kecepatan dan sudut kemiringan.

Nantinya sistem akan menjaga pengendara dari pengereman mendadak. Sehingga pengguna sepeda motor ini dapat bermanuver dengan maksimal tanpa harus takut terjatuh. Sayangnya, BMW Motorrad belum mengungkapkan model apa yang akan memakai fitur canggih ini.

Jika boleh berspekulasi, model yang akan menggunakan fitur ini diprediksi BMW K1600 B. BMW K1600 B ini merupakan sepeda motor touring yang dijual dengan harga Rp1,2 miliaran OTR Jakarta. Hmmmm, keren juga nih yang dilakukan oleh BMW Motorrad.

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

Previous post
Fokus Abadi Mobil, Perintis Diler Mobil Bekas di Carsentro Sidoarjo
Next post
Ketahui Kelemahan Sedan Timor, Mobil Kontroversial yang Bandel