Mobil Sumber informasi

Mobil Baru Toyota Agya 2018, Mobil Kecil Kabin Luas

Pada kota besar seperti Jakarta, mobil berukuran kecil cukup diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dikarenakan mobil kecil cukup mudah untuk melakukan maneuver dan mampu melintasi berbagai jalan yang sempit.

Maklum, demi menghindari kemacetan terkadang pengemudi wajib mencari jalan alternatif lain agar cepat sampai tujuan.

Terkadang jalan pintas tersebut punya ukuran yang cukup sempit. Jika Anda masuk ke gang sempit menggunakan SUV full size, tentu Anda akan kesulitan dalam bergerak dan pasti akan menimbulkan kemacetan.

Mobil Kompak Solusi Kemacetan

Toyota new Agya

Toyota new Agya baru. Foto/Carmudi Indonesia.

Berbeda halnya dengan menggunakan mobil kecil atau yang biasa disebut hatchback. Mobil hatchback ini menjadi alternatif bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi di perkotaan.

Salah satu mobil yang cocok untuk menjadi teman perjalanan Anda adalah Toyota Agya. Ya, mobil buatan Toyota ini menjadi salah satu city car yang kerap dibeli oleh masyarakat perkotaan.

Toyota Agya ini sebenarnya punya kemampuan yang cukup oke jika dilihat secara seksama. Selain itu, harganya yang cukup terjangkau membuatnya cepat berbaur di masyarakat.

Review Mobil Baru Toyota Agya 2018

Booth Toyota

New Agya dan Calya di panggung utama Toyota IIMS 2017. Foto/Carmudi Indonesia/Zie

Lalu, seperti apa spesifikasi dan review lengkap mengenai Toyota Agya ini? Toyota Agya ini pertama kali meluncur di Indonesia pada tahun 2012 di ajang IIMS.

Mobil ini mengusung platform yang sama dengan Daihatsu Mira dan Toyota Pixis Epoch di Jepang. enjualannya sudah dimulai sejak diluncurkan tanggal 9 September 2013 karena sudah melewati tes LCGC (Low Cost Green Car) dari pemerintah.

Nama Agya sendiri diambil dari bahasa Sansekerta yang memiliki makna cepat. Makanya nggak salah deh kalau mobil ini punya performa dan handling yang bisa membuat Anda sedikit tersenyum.

Di Indonesia, Agya lahir bersamaan dengan Daihatsu Ayla sebagai produk kolaborasi Toyota-Daihatsu seperti Avanza-Xenia.

Sebagai mobil yang terbilang laris di pasaran, Agya tentunya memiliki beban yang cukup besar guna mengulangi kesuksesan dari sales yang berhasil dituai pada tahun 2016 lalu.

Sekedar catatan, Agya berhasil menuai penjualan sebesar 30 persen dari segmen LCGC Nasional. Tentunya Agya ingin memperlebar target marketnya dibanding tahun sebelumnya.

Hal tersebut juga tentunya diperkuat dengan pembaharuan di berbagai sisi yang membuat mobil ini tampil beda dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Facelift Toyota Agya 2018

Special Edition

Toyota Agya termasuk salah satu mobil irit Toyota(Foto : Carmudi Indonesia/Yong)

Sejak pertama kali meluncur, Toyota telah dua kali melakukan penyegaran pada Agya. Model terbaru Agya diperkenalkan pada tahun 2017 silam. Perbedaan generasi terbaru ini dengan generasi sebelumnya cukup banyak.

Yang paling jelas terlihat ada di bagian eksterior yang hampir sepenuhnya mendapatkan sentuhan desain baru. Dimulai dari bagian depan, Toyota Agya generasi terbaru ini memiliki wajah yang cukup aneh. Banyak orang yang mengatakan jika wajah generasi terbaru Agya ini terlihat lebih aneh dibanding versi sebelumnya.

Seakan Agya terbaru ini memiliki kumis berkat aksen hitam yang menjulang di bagian depan bumper. Grill yang tadinya berbentuk kotak juga menghilang.

Lampu depan juga mengalami ubahan, terlihat lebih sporti memang, tetapi menurut kami bagian depan Agya ini terlihat aneh. Kembali lagi kepada selera ya.

Di sisi samping, bisa dibilang hampir tidak ada ubahan apapun dibanding versi sebelumnya. Spion, body kit dan model pintu masih menggunakan model sebelumnya.

Oiya, velg nya sudah menggunakan model two tone yang serupa dengan milik Avanza. Di bagian belakang terdapat beberapa ubahan seperti berubahnya model lampu, dan penambahan aksen mata kucing di bagian bawah bumper belakang.

Interior Mobil Baru Toyota Agya 2018

Selebihnya? Sama kok, hampir tidak ada bedanya dibanding generasi sebelumnya. Lalu, bagaimana dengan bagian interiornya? Yuk dibahas.

Setelah menjelajah setiap inci dari sisi interior mobil ini, kini tiba waktunya untuk kita membedah lebih lanjut bagian terdalam dari Agya TRD.

Meski berkonsep sebagai Green Car atau LCGC, bagian dalam dari mobil ini dirasa cukup mumpuni untuk menunjang mobilitas penggunanya.

Seperti yang kami sampaikan di judul, mobil ini memiliki kabin yang lumayan luas dan punya kekedapan kabin yang cukup baik sehingga noise yang berasal dari bagian luar bisa diminimalisir sedemikian rupa.

Fitur Lain Toyota Agya 2018

Selain itu, hadir pula berbagai fitur modern yang siap memberikan kenyamanan pada pengguna mobil ini. Apa saja itu?

Bagian dashboard memang tak terlalu banyak ubahan untuk mobil ini. Speedometer dan tampilan MID masih sama dengan versi sebelumnya.

Head unitnya saja yang kini sudah dilengkapi dengan 2DIN layar sentuh dengan konektifitas Bluetooth. Lubang AC yang tersedia masih sama seperti Agya versi sebelumnya, tidak ada perubahansama sekali.

Tapi, setirnya ada sedikit perubahan. Jika versi sebelumnya setirnya kosong, kini terdapat pengaturan di bagian kiri. Tombol yang diberikan dapat digunakan untuk mengurangi dan menambah volume suara.

Lanjut ke posisi duduk ya. Secara perbandingan, posisi duduk dari mobil ini memang tidak ada bedanya sama saja. Ruang penyimpanan yang ada pada Toyota Agya ini juga tidak berbeda jauh dengan model sebelumnya.

Bisa dibilang ubahan yang ada pada bagian dalam hanya sedikit. Oiya, desain joknya sudah berbeda, terdapat aksen garis dengan paduan hitam.

Ruang kaki yang diberikan untuk penumpang dan pengemudi tergolong sangat besar. Kaki Anda akan sangat leluasa untuk mendapatkan posisi duduk yang nyaman. Ruang kepala pada jok bagian depan juga tinggi, bagi Anda yang memiliki tinggi lebih dari 175 cm rasanya bukanlah suatu masalah yang berarti.

Meski memiliki harga yang terbilang kompetitif. Agya juga menyematkan berbagai fitur terbaik guna memberikan keamanan dan kenyamanan penggunanya.

Mobil ini sudah dilengkapi dengan Dual SRS Airbags yang siap menekan resiko cedera pada penumpang ketika mobil mengalami benturan keras dari sisi depan.  Sisi samping mobil ini juga sudah dilengkapi dengan Side Impact Beam yang siap meredam benturn hebat yang terjadi di sisi samping.

Di seri teranyarnya ini, Agya juga sudah dilengkapi dengan pengereman ABS yang siap memberikan pengereman optimal dan meminimalisir terkuncinya ban.

Ruang penyimpanan untuk mobil ini juga tergolong apik. Di dashboard terdapat glove box, di masing-masing pintu terdapat cup holder yang mampu menaruh 1-2 botol.

Di bagian belakang jok depan terdapat ruang penyimpanan yang dapat menaruh file atau berkas. Di dekat rem tangan juga masih terdapat ruang penyimpanan yang terkadang dapat dijadikan sebagai arm rest.

Di bawah setir sebelah kanan juga terdapat ruang penyimpanan kecil yang bisa digunakan untuk menaruh uang koin. Cukup banyak bukan?

Mesin Toyota Agya 2018

Agya

Mesin baru Agya 1.2 liter. Foto/Carmudi Indonesia.

Setelah membahas bagian eksterior dan interior, saatnya kita membahas sektor performa mesin. Toyota Agya dibekali dengan mesin berkapasitas 1.200 cc, 4 silinder, DOHC, Dual VVT-i. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 88 Ps setiap putaran ke 6.000 rpm dan torsi maksimum hingga 11.0 Kg.m per putaran ke 4.200 rpm.

Untuk menekan penggunaan bahan bakar, mesin ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi EFI yang siap membuat pembuangan bahan bakar menjadi lebih irit. Sebagai penggerak, mesin ini dilengkapi dengan dua jenis transmisi yang bisa dipilih penggunanya yakni manual lima percepatan dan matic 4 percepatan. Melibas jalanan Ibukota Jakarta tak perlu khawatir lagi dengan mobil ini.

Fitur Keamanan Toyota Agya 2018

Soal keamanan, mobil ini sudah dilengkapi dengan rem cakram ventilated disc brake setelah facelift di bagian depan dan tromol di bagian belakang yang punya ukuran lebih besar. Rem ABS hanya ada di varian tertinggi, sisanya masih menggunakan cakram yang non ABS. Terdapat dua buah airbag di bagian depan, lumayan lah untuk ukuran mobil kecil ini.

Toyota Agya ini juga melengkapi perlindungan pada bagian samping dengan Side Impact Beam sehingga ketika terjadi benturan maka resiko cedera pun bisa lebih ditekan. Suspensi yang dihasilkan oleh Toyota Agya ini juga lumayan oke. Toyota sendiri mengandalkan suspensi tipe MacPherson Strut dengan Coil Spring pada bagian depan.

Sedangkan untuk bagian belakang, Toyota Agya ini akan menggunakan suspensi tipe Semi Independent Torsion Beam dengan Coil Spring di mana keduanya sama-sama memiliki keunggulan dalam menjaga keseimbangan maupun meredam segala goncangan ketika berkendara di jalanan yang bergelombang.

Tentu, dengan bekalan suspensi ini maka penumpangnya pun akan semakin nyaman. Tak sampai di situ saja, di sektor kaki-kaki Toyota Agya pun juga akan dilengkapi dengan velg Alloy bergaya sporty 14 inci yang terbalut ban Radial berukuran 175/65 sehingga akan memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Performa Mobil Baru Toyota Agya 2018

Bengkel

Hindari masalah mesin anda mengeluarkan bunyi ngelitik. Foto/Ilustrasi.

Bagaimana dengan impresi berkendaranya? Jika digambarkan, sensasi mengendara yang dihasilkan oleh Toyota Agya facelift ini memiliki handling yang lebih baik dan pengendalian yang lebih akurat.

Menggerakkan setir kian mudah berkat penambahan fitur electronic power steering. Karakter mesin yang diberikan oleh Toyota cukup halus, tenaga yang dihasilkan juga lumayan besar untuk membawa mobil berpenumpang 5 orang ini.

Diajak menaklukkan berbagai medan bukanlah suatu hal yang mudah. Mulai dari tanjakan, tikungan, turunan semua dapat dilalui dengan baik dan cukup nyaman jika Anda membawa muatan yang sesuai dengan tekanan angin yang pas.

Kualitas suara yang dihasilkan memang biasa saja, tetapi berkat adanya sinkronisasi Bluetooth, mendengarkan music kesayangan lewat gadget menjadi kian mudah.

Harga Toyota Agya 2018

Toyota Agya

Brosur Toyota Agya dengan tampilan baru. Foto/Istimewa.

Berapa harga yang diberikan oleh PT Toyota Astra Motor untuk Agya ini? Untuk tipe terendah dengan mesin 1.000 cc, 3 silinder dibanderol dengan harga Rp 135,1 juta. Sedangkan tipe tertinggi dengan mesin 1.200 cc, 4 silinder transmisi otomatis dijual dengan harga Rp 155,5 jutaan.

Worth it? Menurut kami harga dari mobil ini cukup mahal dengan penambahan fitur yang tidak terlalu banyak.

Jika saja penambahan fitur yang ada pada Agya ini lebih banyak lagi, maka nilai tersebut dirasa bukanlah suatu masalah. Tetapi, jika Anda mengincar Toyota Agya untuk digunakan berkeliling kota besar yang padat, Agya bisa menjadi salah satu alternatif menarik.

Konsumsi BBM Toyota Agya 2018

Konsumsi bahan bakar dari mobil ini juga tergolong irit, kisaran 13-15 km/liter tergantung dengan kondisi jalan dan gaya mengemudi yang santai.

Untuk membawa barang banyak, mobil ini juga bisa diandalkan. Ruang bagasi yang dimilikinya bisa dibilang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Pas lah untuk membawa beberapa gallon air minum.

Oiya, salah satu kelebihan dari mobil ini adalah lokasi ban serep yang terletak di bagian dalam bagasi. Itu artinya ban serep Anda akan selalu dalam keadaan bersih karena berada di bagian dalam mobil.

Tertarik membeli mobil ini, silahkan cek spesifikasi secara lengkap di sini.

Sementara untuk melihat daftar harga lihat di sini.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts