BeritaMobil

Mobil Listrik Kia EV6 Tawarkan Performa Menjanjikan

Seoul – Mobil listrik Kia EV6 menjalani world premiere, Selasa, 30 Maret 2021 melalui rangkaian seremoni virtual. Hadir dalam wujud crossover, performa yang coba ditawarkannya sungguh menjanjikan.

Salah satu variannya, yaitu Kia EV6 GT Line diklaim mampu berakselerasi 0-100 km/j hanya dalam tempo 3,5 detik. Selisih tipis dibanding Tesla Model S Performance yang diklaim punya catatan waktu 3,2 detik untuk parameter serupa.

Mobil Listrik Kia EV6

Eksterior Kia EV6 (Foto: Kia)

Kia EV6 hadir sebagai model pertama dari penggunaan platform Electric-Global Modular Platform (E-GMP) yang memang didedikasikan untuk mobil-mobil listrik KIA.

Ho Sung Song, President and CEO Kia mengatakan kehadiran EV6 mewakili awal komitmen jangka panjang pihaknya terhadap mobilitas yang berkelanjutan. Selain itu juga sebagai percepatan langkah transisi perusahaan menuju manufaktur, bahan, dan produk yang bersih.

Desain Bergaya Crossover

Kia EV6 2021 Indonesia

Kia EV6 Crossover (Foto: Kia)

Tampilan luar mobil ini diisi siluet bergaya crossover yang juga memperhatikan sisi aerodinamika. Maka itu tak aneh jika tarikan garis kap mesin hingga pilar C terlihat landai.

Desain fascia Tiger Face tetap menjadi acuan untuk bagian depan kendaraan. Hanya saja mendapat sentuhan baru yang lebih mengikuti zaman. Kia menyebutnya dengan istilah “Digital Tiger Face”.

“Kami sangat yakin EV6 adalah model yang menarik dan relevan untuk era Electric Vehicle (EV),” jelas Karim Habib, Senior Vice President and Head of Kia Global Design Center.

Tak kalah menarik adalah desain bagian belakang mobil ini yang diisi tail light berbentuk garis memanjang.

Interior Kontemporer

Elemen paling mencolok di interior adalah layar infotainment lebar 12 inci yang melengkung dari sisi pengemudi sampai tengah dasbor.

Secara keseluruhan interior itu sendiri terlihat modern lewat jok yang memiliki desain slim. Sementara itu panel-panel lainnya mengadopsi sentuhan yang kontemporer.

Interior

Wheelbase 2.900 mm dari platform E-GMP membuat EV6 punya kabin setara mid-size Sport Utility Vehicle (SUV).

Saat bangku baris kedua dalam kondisi normal, kapasitas bagasi mencapai 520 liter. Sementara itu dalam kondisi terlipat kapasitasnya bertambah hingga 1.300 liter.

Uniknya, Kia EV6 juga punya front trunk dengan kapasitas 52 liter untuk model 2WD dan 20 liter untuk model AWD.

Varian dan Baterai

Mobil listrik Kia EV6 memiliki tiga varian yang kemudian dibedakan lagi berdasarkan kapasitas baterai dan sistem penggerak rodanya.

Urutan varian dari yang paling standar adalah EV6, EV6 GT-Line, dan EV6 GT.

Bodi Belakang Kia EV6

Nah, untuk varian EV6 dan EV6 GT-Line masing-masing punya dua pilihan baterai, yaitu Long Range 77.4 kWh serta Short Range 58.0 kWh.

Kemudian baik pilihan baterai Short Range atau Long Range punya opsi sistem penggerak roda 2WD atau FWD.

Sedangkan untuk varian tertinggi, EV6 GT, hanya tersedia dalam pilihan baterai Long Range dan sistem penggerak AWD.

Sudah barang tentu varian ini memiliki performa paling tinggi dengan output tenaga 430 kw dan torsi berlimpah 740 Nm.

Bicara jarak tempuh, varian dengan sistem penggerak roda 2WD dan baterai Long Range bisa diajak berkendara sejauh 510 km. Kia EV6 juga dilengkapi ultra fast charging (800 V) yang bisa mengisi baterai dari 10% sampai 80% dalam 18 menit.

Menurut informasi, mobil listrik Kia EV6 akan dijual mulai semester kedua 2021 dengan basis produksi di Korea Selatan. Pemesanannya dibuka Maret untuk sejumlah negara.

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *