Home » Berita » Bangun Mobil Listrik, Toyota dan BYD Bikin Perusahaan Patungan

Bangun Mobil Listrik, Toyota dan BYD Bikin Perusahaan Patungan

Bangun Mobil Listrik, Toyota dan BYD Bikin Perusahaan Patungan (Foto: Paultan)

Tokyo – Mendirikan perusahaan patungan menjadi salah satu solusi untuk mengurangi biaya pengeluaran dalam melakukan penelitian dan mengembangkan sebuah mobil. Selain itu melalui perusahaan patungan kedua belah pihak bisa saling transfer ilmu dan teknologi. Seperti yang dilakukan oleh Toyota Motor Corp dengan pabrikan mobil listrik asal China, BYD (Build Your Dreams). Keduanya sepakat mendirikan perusahaan patungan untuk penelitian dan pengembangan mobil listrik.

Nantinya perusahaan patungan tersebut memiliki tim Research and Development (R&D) atau Penelitian dan Pengembangan yang bekerja merancang dan mengembangkan mobil listrik termasuk membuat platform. Rencananya perusahaan patungan Toyota dan BYD akan didirikan di China mulai 2020. Kedua pabrikan mobil ternama itu juga berencana melibatkan karyawan dan engineer dari masing-masing pabrikan untuk bekerja di tim R&D.

“Kami bertujuan untuk menggabungkan kekuatan BYD dalam pengembangan dan meningkatkan daya saing di pasar baterai kendaraan listrik dengan Toyota untuk menyediakan produk mobil listrik terbaik guna memenuhi permintaan pasar dan memberikan pelayanan ke konsumen sedini mungkin,” kata Vice President BYD Lian Yu-bo, seperti dikutip dari Paultan.

Sementara itu Executive Vice President Toyota Shigeki Terashi mengatakan, antara Toyota dan BYD mempunyai tujuan yang sama yaitu mengembangkan mobil listrik untuk masa depan lingkungan yang lebih baik.

“Dengan tujuan yang sama untuk mempromosikan penggunaan kendaraan listrik, kami menghargai bahwa BYD dan Toyota dapat menjadi ‘rekan satu tim’, dan dapat mengesampingkan persaingan. Kami berharap ke depannya baik Toyota maupun BYD bisa semakin memperluas kerja sama,” kata Shigeki.

Berawal dari Bisnis Baterai

Salah satu BYD e6 yang digunakan untuk taksi listrik.

Didirikan pada 1995, BYD mengawali bisnisnya dengan membuat dan memproduksi baterai. Seiring berjalannya waktu BYD berkembang menjadi perusahaan pengembang energi alternatif dengan tidak hanya memproduksi kendaraan listrik tetapi juga produk lain seperti baterai dengan kemampuan penyimpanan energi yang besar. Komponen inti untuk kendaraan listrik seperti motor listrik dan daya elektronik adalah beberapa produk yang dikembangkan oleh BYD.

Pada 2008, BYD menjadi perusahaan pertama di dunia yang menjual kendaraan berteknologi plug-in hybrid secara massal. Sejak 2015, BYD menjadi pabrikan yang menjual mobil listrik murni dan plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) teratas di dunia.

Toyota masuk ke ranah elektrifikasi pada 1997. Produk pertamanya adalah Prius Hybrid. Raksasa otomotif Jepang ini tercatat sudah menjual sebanyak 14 juta mobil hybrid di seluruh dunia.

Selain membangun perusahaan patungan dengan BYD, Toyota juga memiliki pusat R&D di China hasil kerjasama dengan perusahaan otomotif lokal FAW dan GAC.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Empat Perusahaan Transportasi Bakal Menggunakan Kendaraan Listrik

Previous post
Toyota C-HR Facelift Resmi Meluncur, Sayang Bukan untuk Pasar Indonesia
Next post
Pakai Aksesori TRD, Toyota Raize Jadi Tampil Makin Sporty