Home » Berita » Motor Listrik Murah, ECGO 2 Hadir di GIIAS 2019

Motor Listrik Murah, ECGO 2 Hadir di GIIAS 2019

Motor listrik murah jadi transportasi alternatif masyarakat urban.

motor listrik murah ECGO 2

Penggunaan motor listrik di Indonesia dapat menjadi solusi bagi meningkatnya animo masyarakat terhadap kendaraan roda dua. Terlebih bisa mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh asap knalpot.

Setelah satu dekade Euro 2 berlaku tepatnya sejak 2003, Indonesia melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 23 Tahun 2012 menyatakan sepeda motor wajib Euro 3. Euro 3 untuk sepeda motor berlaku pada 1 Agustus 2013.  Bagi motor konvensional peraturan itu wajib dilakukan.

Akan tetapi kehadiran kendaraan ramah lingkungan, seperti sepeda motor elektrik masih banyak dianggap oleh sebagian orang memiliki harga jual yang jauh lebih mahal daripada kendaraan berbahan bakar bensin.

Untuk itu, melalui pameran otomotif GIIAS 2019, EC-GO hadir memberikan solusi dengan meluncurkan sebuah sepeda motor yang memiliki harga sangat terjangkau. Bahkan, pembeli tak perlu khawatir dengan penggantian atau pembelian baterai, karena kendaraan ini dapat menempuh jarak hingga 70 km, dalam keadaan baterai terisi penuh.

Rosyeni, Chief Operating Officer PT. Green City Traffic (GCT) selaku distributor dari EC-GO memaparkan, “Sepeda motor listrik EC-GO 2 hadir untuk semua kalangan, dengan desain, spesifikasi, dan harga yang berbeda dengan motor listrik lainnya.”

Harga Motor Listrik Murah, ECGO 2

motor listrik murah ECGO 2 putih- Ria Carmudi

Lantas, seberapa murah harga kendaraan ramah lingkungan ini? Rosyeni menyebutkan bahwa pada masa promosi, motor ini sudah bisa dibawa pulang hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 6,9 juta, dengan biaya sewa baterai sekira Rp 95 ribu untuk penggunaan sebanyak 1000 km yang dapat digunakan selama 30 hari.

“Namun, ada harga khusus di grand launching kali ini, menjadi Rp 4,9 juta, jika membeli sebanyak tiga unit. Mirip dengan harga smartphone,” lanjut Rosyeni.

Spesifikasi Motor Listrik Murah ECGO 2

·        Pilihan Start·        Electrik
·        Kategori·        Skuter
·        Rem Depan·        Disc
·        Indikator BBM·        Digital
·        Tipe Transmisi·        Otomatis
·        Odometer·        Digital
·        Ground clearance·        30 Cm
·        Kecepatan Maksimum·        60 Km/jam
·        Jarak Tempuh·        80 Km
·        Durasi Baterai·        3-4 Jam

ECGO 2 punya ruang ketinggian dari jalan atau lebih dikenal dengan istilah ground clearance sejauh 30 Cm. Mampu menempuh kecepatan maksimal sampai 60 Km/jam. Dan dengan jarak tempuh yang bisa dilakukan sejauh 80 Km.

Sementara itu, daya baterai ECGO 2 mampu bertahan 3 sampai 4 jam pemakaian. Berbeda dengan versi sebelumnya, ECGO 1 yang baterainya hanya bisa bertahan 2 sampai 3 jam pemakaian.

Fitur ECGO 2

Speedometer ECGO 2

Selain irit dan ramah lingkungan, Pihak GCT juga mengklaim bahwa motor ini disematkan dengan berbagai teknologi yang terkini, seperti GPS dan aplikasi pada smartphone yang dapat memonitor informasi terkini tentang kendaraannya dari kapasitas baterai, suhu kendaraan, lokasi GPS, kecepatan dan data lokasi pengisian baterai diluar yang terkoneksi dengan BMS (Battery Management System).

Selain itu, aplikasi tersebut juga menjadikan motor listrik ini lebih aman. Artinya, GPS yang terpasang berfungsi untuk memastikan di mana posisi kendaraaan berada, dari sisi keamanan, apabila ada yang coba-coba memindahkan kendaraan tanpa sepengetahuan pemiliknya maka alarm akan berbunyi dan GPS akan mendeteksi lokasi kendaraan kepada pemiliknya melalui aplikasi.

Konsumen juga dapat melakukan tukar baterai yang kosong dengan yang penuh, yang akan tersedia di berbagai gerai EC-GO. “Dengan adanya fitur ini, konsumen yang berencana melakukan perjalanan jauh tidak perlu khawatir lagi, tinggal mencari lokasi penyedia baterai terdekat, dan menukar baterainya untuk melanjutkan perjalanan,” pungkas Rosyeni.

Perfoma ECGO 2

Depan ECGO 2

Sementara ECGO 2 memiliki tempat penyimpanan botol (cup storages) yang terletak di bagian bawah stang motor. ECGO 2 ini ternyata juga punya fungsi spesial (special function) yakni, tiga tipe gigi (gear) antara lain, economic, standard dan sporty.

Saat Carmudi mencoba ECGO 2, motor listrik murah ini cukup responsif. Saat pengemudi membuka gas, untuk motor listrik murah sekelas ini juga cukup terbilang lincah.

Ada fitur unik lainnya, yaitu klakson motor. Tersedia dua tombol klakson di sebelah kiri dan kanan. Sementara di panel bagian depan terdapat tombol menaikan gigi (gear) secara otomatis.

Urusan speedometer sepeda listrik murah ECGO 2 ini juga sudah pakai display digital. Untuk menggunakannya juga ada cara tersendiri. Agar aman tidak loncat saat ditarik pertama kali hidup, motor listrik ini otomatis tidak bisa langsung di gas. Carmudian perlu menekan tuas rem terlebih dulu, baru kemudian motor bisa digerakkan. (Ria Afriliani)

 

BACA JUGA:

Resmi Meluncur, Harga Motor Listrik GESITS Nyaris Rp 25 Juta

Previous post
Booth Mewah ala Lexus Indonesia, Bisa Santai Sambil Tonton Live Pianist
venom audio
Next post
Diskon Venom dan Produk Audio Baru di GIIAS 2019