Berita Mobil Sumber informasi

Hal-hal Perlu Diperhatikan Sebelum Mudik Pakai Mobil Sewaan

mobil sewaan

Ilustrasi mobil sewaan (Foto: Chippewaautoandrentals)

Jakarta – Mudik lebaran menggunakan mobil sewaan bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak ingin menggunakan mobil pribadi karena takut kilometernya tinggi, atau kendaraan yang ada di rumah tidak dapat menampung banyak penumpang.

Saat ini penyedia jasa penyewaan mobil sangat banyak, apalagi jelang lebaran. Sewa mobil bisa dilakukan secara online atau datang langsung ke lokasi penyewaan. Tidak sulit untuk menemukannya terutama di kota besar.

Akan tetapi tidak semua penyedia jasa penyewaan mobil memberikan pelayanan berkualitas kepada pelanggannya. Oleh karena itu, jangan terlalu terburu-buru dalam memilih tempat penyedia jasa penyewaan mobil.

Pastikan tempat penyedia jasa penyewaan mobil yang hendak dikunjungi merupakan hasil rekomendasi dari sahabat atau anggota keluarga. Jangan pula tergiur dengan harga sewa yang murah, belum tentu sesuai dengan kualitas dari mobil.

Untuk lebih jelas mengenai hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum mudik menggunakan mobil sewaan, Agus Riyadi, Chief Operating Officer Trac-Astra Rent a Car memberikan tipsnya. Berikut penjelasan singkatnya:

1. Detail Mobil

Supaya tidak kecewa di kemudian hari, sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu merek mobil yang akan disewa. Selain itu tentukan tipe dan tahun produksi dari mobil supaya ketika kendaraan diantar ke rumah sesuai dengan harapan.

“Konsumen yang sewa kendaraan itu pastikan kendaraannya yang ditawarkan sesuai dengan yang dipilih. Misalkan ingin sewa Toyota Kijang Innova, pastikan produksi tahun berapa dan varian yang mana. Jadi konsumen harus spesifik dalam menyebut mobil yang ingin di sewa, supaya penyedia jasa sewa mobil tidak salah antar,” ungkap Agus.

2. Pelayanan 24 Jam

Berhubung mobil sewaan akan digunakan mudik lebaran ke luar kota, maka pastikan penyedia jasa penyewaan mobil memiliki anak cabang atau bengkel rekanan di daerah. Hal ini berguna bila ada sesuatu hal yang tidak diinginkan seperti mobil mogok, terlibat kecelakaan dan sebagainya dalam perjalanan.

“Pelayanan itu penting. Karena kendaraan itu dipakai, apalagi keluar kota. Tanya ke penyedia jasa penyewaan mobil punya enggak emergency 24 jam. Itu yang paling penting. Jadi konsumen sewa mobil aman dan nyaman. Jaringan bengkel cabang, kalau misalkan di Yogyakarta, ada enggak perusahaan rentalnya di ana. Dengan adanya bengkel dan cabang bisa terukur seberapa cepat memberikan layanan termasuk memberikan mobil pengganti bila terjadi sesuatu,” terang dia.

Saat ini, lanjut Agus, Trac-Astra Rent a Car sudah mempunyai 50 jaringan service corporate rental, individual rental 40 outlet di kota besar. Jadi jaringan Trac sudah ada mulai dari Medan, Pekanbaru, Jawa, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Bali, sampai Lombok.

3. Asuransi

Selain pelayanan 24 jam dan bengkel rekanan di daerah, pelanggan juga harus memastikan bahwa mobil yang disewa sudah di-cover oleh asuransi.

Hal itu sangat berguna sekali bila perjalanan mobil sewaan mengalami kecelakaan kecil seperti terserempat kendaraan lain dan lainnya. Satu lagi yang perlu diperhatikan adalah, sebelum berangkat mudik, cek semua bagian mobil dan fitur-fiturnya.

“Pastikan kendaraan yang disewa mempunyai asuransi. Terus pastikan ketika menerima kendaraan, cek mobil bagian depan dan samping apakah ada baret atau parts yang hilang di mobil. Pastikan juga fungsi-fungsi mobilnya berjalan normal. Untuk apa? Karena pada saat mobil dikembalikan, jangan sampai ada kerusakan hingga sampai pelanggan yang harus menganti rugi,” tambah Agus.

4. Test Drive

Bila merasa kurang yakin dengan mobil yang akan disewa, jangan ragu untuk melakukan test drive. Test drive perlu dilakukan untuk memastikan kendaraan layak jalan dan dapat diandalkan untuk menempuh perjalanan yang jauh. (dna)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/