Home » Sumber informasi » Mulai Diterapkan Tilang Elektronik, Plat Nomor Kendaraan Baru Bisa Berubah Warna

Mulai Diterapkan Tilang Elektronik, Plat Nomor Kendaraan Baru Bisa Berubah Warna

warna plat nomor
Plat kendaraan baru bisa berubah warna. (Foto: Instagram @polantasindonesia)

Jakarta – Beberapa waktu lalu, Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) mulai menerapkan tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement), khususnya di wilayah Jakarta. Para pelanggar lalu lintas, akan terekam kamera CCTV yang mampu menyimpan gambar plat nomor kendaraan.

Dengan disematkan beberapa kamera CCTV di sejumlah titik, pelanggaran lalu lintas bisa langsung terdektesi, terdata, dan tersimpan di kantor Korlantas Polri sebagai bukti penilangan. Namun perlu diketahui, plat nomor kendaraan berwarna hitam menyulitkan proses perekaman di kamera CCTV.

Oleh karena itu, Korlantas Polri mengeluarkan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) jenis baru yang dapat berubah warna.

“Jika TNKB yang baru dilihat dengan CCTV atau difoto dengan menggunakan lampu kilat, bisa berubah jadi warna putih,” jelas Brigjen Pol Halim Pagarra selaku Direktur Registrasi Identifikasi (Regident) Korlantas Polri, Rabu (30/10/2019).

Menurut Halim, fungsi lainnya dari TNKB baru ini adalah agar dapat difoto oleh kamera tilang elektronik dengan lebih mudah.

“TNKB model baru ini bisa lebih mudah di-capture dengan kamera CCTV. Sedangkan, TNKB biasa akan terkena cahaya bila di-capture sehingga hasilnya kurang terbaca atau kabur,” kata Halim.

Plat Nomor Baru Terbatas

Kabarnya, penggunaan TNKB jenis baru yang bisa berubah warna akan segera menggantikan TNKB jenis lama. Langkah ini dilakukan dalam mempercepat penerapan tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement).

Namun, Halim mengatakan bahwa penggunaan plat nomor kendaraan jenis baru ini masih terbatas pada TNKB nomor pilihan. Sedangkan, untuk TNKB model biasa, masih menggunakan spek plat nomor jenis lama.

“TNKB nomor pilihan ini sudah digunakan sejak tahun 2018. Terdapat di enam Polda dari delapan Polda yang telah didistribusikan hot stamping dan alat embossing,” jelas Halim.

Untuk waktu kapan spek plat TNKB Nomor Pilihan digunakan juga pada TNKB biasa, Halim mengatakan belum ada kepastian terkait hal tersebut. “Belum ada instruksi lebih lanjut sampai saat ini, tergantung anggarannya yang tersedia,” tutup Halim.

Penulis: Nadya

Editor: Lesmana

Previous post
Perlu Tahu, Kode Kerusakan Sistem Injeksi Honda dan Cara Gampang Reset ECU
Next post
Belum Berubah, Honda CRF150L Hanya Mendapat Tambahan Warna

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *