Berita

New Colt L300 “Minum” Bio Solar, Ini Saran Mitsubishi

Jakarta Mitsubishi New Colt L300 direkomendasikan menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) solar jenis Dexlite dan Pertamina Dex. Tapi, jika terpaksa harus memakai BBM jenis bio solar, Mitsubishi memberikan saran yang wajib dilakukan oleh penggunanya.

New Colt L300 resmi mendarat di Indonesia pekan lalu dengan serangkaian pembaruan, utamanya di bagian mesin.

Kini Colt L300 terbaru sudah dibekali mesin diesel dengan kode 4N14 berkapasitas 2.268 cc dengan tenaga mencapai 97,8 hp pada 3.500 rpm dan torsi puncak 200 Nm pada rentang 1.000—3.500 rpm.

Mitsubishi New Colt L300

New Colt L300 resemi meluncur di Indonesia (Foto: MMKSI)

Mesin baru yang disematkan sudah berstandar Euro4, sehingga BBM Solar yang digunakan harus memiliki kadar Cetane Number (CN) minimal 51.

Sekadar informasi, jenis BBM yang memiliki CN 51 adalah Dexlite, di atasnya ada Pertamina Dex dengan CN 53. Sedangkan bio solar memiliki CN paling rendah dari keduanya yakni 48.

“Tentunya tambahan yang optimal dari mesin Euro4 harus didukung dengan penggunaan bahan bakar diesel yang sesuai yaitu bahan bakar diesel dengan angka CN minimun 51 dan kandungan sulfur maksimal adalah 50 part per million (ppm). Sebagai contoh Pertamina Dex memiliki angka CN 53 dan kandungan sulfur 50 ppm,” ungkap Irwan Kuncoro Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) saat acara peluncuran New Colt L300, Selasa (28/6/2022).

Lantas bagaimana jika dalam keadaan terpaksa Mitsubishi Colt L300 diisi dengan BBM dengan CN di bawah 51?

Irwan menjelaskan, penggunaan BBM di luar dari yang sudah direkomendasikan masih diperbolehkan dan tidak akan berdampak langsung pada kinerja mesin.

New Colt L300

Mesin Mitsubishi L300 Terbaru (Foto: MMKSI)

“Tentu saja konsumen tidak perlu khawatir penggunaan bahan bakar yang tidak tepat tidak akan langsung mengakibatkan kerusakan mesin,” terangnya.

Mengganti Filter dan Rutin Perawatan

Pada kesempatan yang sama Eiichiro Hamazaki Director of Aftersales Division PT MMKSI turut menjelaskan, penggunaan BBM berstandar Euro4 pada New Colt L300 akan dapat membuat performa kendaraan menjadi lebih baik termasuk juga konsumsi bahan bakar lebih irit.

“Oleh karena itu kami percaya bahwa penggunaan bahan bakar yang tepat akan berbalik memberikan keuntungan ekonomi kepada para konsumen keseluruhannya,” tutur Hamazaki.

Dia menambahkan, apabila pengguna tidak menggunakan atau menemukan BBM solar sesuai rekomendasi pabrikan maka yang harus dilakukan setelahnya adalah melakukan penggantian fuel filter atau saringan bahan bakar dan wajib menjalani perawatan berkala di diler resmi Mitsubishi.

“Tidak ada risiko kendaraan akan tiba-tiba mati atau mogok mendadak ketika konsumen mempergunakan bahan bakar yang tidak di rekomendasikan. Jadi jangan sampai pikirannya kalau enggak pakai (BBM berstandar Euro4) mesin langsung mati,” sambung dia.

Garansi Kendaraan Masih Tetap Ada

MMKSI memberikan garansi kendaraan selama 50.000 km atau 2 tahun (mana yang tercapai lebih dahulu) bagi setiap pembelian New Colt L300.

Garansi yang diberikan tidak akan gugur secara keseluruhan jika pengguna kedapatan memakai BBM solar yang tidak sesuai rekomendasi pabrikan.

Hanya saja komponen yang rusak akibat salah penggunaan BBM menjadi tanggung jawab pemilik kendaraan alias tidak dicover garansi.

“Jika ditemukan kerusakan part yang memang terbukti karena pemakaian BBM yang tidak sesuai maka garansi akan gugur hanya untuk part-part yang terindentifikasi rusak tersebut. Namun kondisi tersebut tidak mengugurkan garansi kendaraan secara keseluruhan,” pungkas Hamazaki.

 

Untuk diketahui, Mitsubishi New Colt L300 ditawarkan dalam dua varian; Pick-up Flat Deck dan Cabin Chassis dengan satu pilihan warna hitam.

Harga New Mitsubishi Colt L300 2022 (OTR Jakarta)

  • Mitsubishi Colt L300 Pick-up Flat Deck: Rp218,65 juta
  • Mitsubishi Colt L300 Cabin Chassis: Rp213,65 juta

Penulis: Santo Sirait
Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/