HomeSumber informasiPasang Iklan di Mobil, Bagaimana Skema dan Pembayarannya?

Pasang Iklan di Mobil, Bagaimana Skema dan Pembayarannya?

pasang iklan di mobil
Pasang iklan di mobil jadi sarana menambah pemasukan (Foto: Indo Media Promotion)

Jakarta – Sekarang ini mobil pribadi tidak cuma sebagai barang konsumtif. Bagi sebagian kalangan, mobil pribadi bisa jadi sarana produktif menghasilkan fulus. Cara mudah untuk dapat uang yaitu dengan pasang iklan di mobil kita.

Mobil kita dijadikan sarana beriklan dari perusahaan advertising. Pemasangan iklan ini posisinya beragam, bisa di kaca belakang atau full body mobil. Metode beriklan ini membuat iklan yang disampaikan dapat berpindah-pindah.

Mobil yang dipasangi stiker iklan bisa menyasar jalan-jalan perkampungan. Kawasan perumahan padat biasanya tidak bisa dicapai billboard atau videotron yang hanya ada di jalan-jalan besar saja.

Keuntungan lainnya yang didapat pemilik mobil yaitu ada tambahan penghasilan dari mobil yang digunakan sehari-hari. Apalagi jika mobil tersebut juga tergabung pada layanan taksi online, tentu makin banyak penghasilan yang didapatkan dan dapat menjadi tambahan setiap bulannya.

Tidak cuma perusahaan spesialis advertising mobil yang menyediakan layanan iklan ini. Penyedia jasa transportasi berbasis online juga menyediakan paket iklan di bodi mobil.

Jenis Layanan Iklan di Mobil

pasang iklan di mobil
Pasang iklan di kaca belakang (Foto: Ubiklan)

Saat kita ingin menjadikan mobil untuk media beriklan, maka ada beberapa pilihan yang tersedia oleh perusahaan advertising. Kita bisa memasang stiker di bodi mobil atau display iklan di dalam mobil.

Sebagai contoh untuk Grab, Anda dapat memperoleh antara Rp 400.000 – Rp 1.300.000 per bulan, tergantung dari kampanye iklan yang sedang berlangsung.

Perusahaan transportasi online ini menyediakan empat layanan iklan, yaitu:

  • Stiker Iklan di Mobil: Pasang stiker iklan di bagian luar/body mobil Anda
  • Iklan di Dalam Mobil: Pasang display iklan di dalam mobil Anda pada jok mobil bagian belakang sandaran kepala.
  • Jual Dalam Mobil: Pasang perangkat untuk sampel produk iklan, pada bagian belakang sandaran kepala di mobil Anda.
  • Tablet Dalam Mobil: Pasang tablet berisi iklan pada bagian belakang sandaran kepala di mobil Anda.

Persyaratan Pasang Iklan Mobil di Ubiklan

pasang iklan di mobil
Contoh Pemasangan Iklan (Foto: Ubiklan)

Ubiklan adalah perusahaan teknologi berbasis aplikasi dan website untuk periklanan. Pemasangan iklan menggunakan kendaraan pribadi sebagai media iklan.

Registrasi dilakukan melalui aplikasi Ubiklan yang dapat Anda download di Play Store. Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu tawaran iklan yang akan diinformasikan melalui fitur pesan pada aplikasi Ubiklan.

Berikut ini persyaratan untuk jadi mitra Ubiklan:

  1. Umur 17 keatas
  2. Memiliki SIM & STNK
  3. Memiliki NPWP
  4. Memiliki rekening Bank BCA/Mandiri/CIMB Niaga
  5. Mempunyai atau menyewa kendaraan yang di produksi minimum tahun 2010
  6. HP smartphone berbasis Android yang dapat mengambil foto atau gambar
  7. Mampu mencapai jarak tempuh minimal sebagaimana yang telah ditentukan dalam kontrak kerjasama.

Lama kontrak iklan akan tergantung dari permintaan pengiklan, dimulai dari minimal 30 hari dan dapat dilanjutkan hingga 90 hari.

Skema Pendapatan Iklan di Mobil

pasang iklan di mobil
Jenis iklan full body belakang (Foto: StickEarn)

Untuk pembayaran iklan mobil via Ubiklan, kita tidak bisa mematok pendapatan pasti. Besar kompensasi bervariatif karena tergantung oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kota atau wilayah iklan. Estimasi yang bisa kalian dapat yaitu sebesar Rp 1.150.000 untuk jarak 1.000 kilometer.

Untuk Ubiklan ini cukup fleksibel, karena Anda bisa memilih tawaran iklan apabila penawaran yang tersedia lebih dari satu. Pihak Ubiklan menganjurkan Anda untuk sebisa mungkin menerima tawaran iklan yang diberikan.

Ini karena penawaran iklan tidak selalu datang. Pihak Ubiklan tidak bisa memberikan estimasi berapa lama mitra akan menunggu sampai tawaran iklan berikutnya.

Pihak Ubiklan akan membayar sesuai dengan besar kompensasi yang telah tertera dalam kontrak kerja sama. Dengan syarat, Anda mencapai jarak tempuh minimum yang telah ditentukan dan melakukan check-in di hari yang telah ditentukan.

Anda tidak akan menerima kompensasi tambahan atau bonus apabila jarak tempuh Anda melebih angka minimum. Pengaturan jarak dilakukan via GPS, sehingga perhitungan tidak sah bila mobil digunakan keluar kota.

Skema Pembayaran saat Pasang Iklan Mobil dari Grab

Sebagaimana dijelaskan di atas, untuk Grab ini Anda dapat memperoleh antara Rp 400.000 – Rp 1.300.000 per bulan. Pendapatan tergantung dari kampanye iklan yang sedang berlangsung.

Periode pemasangan kampanye iklan lewat Grab akan tergantung dari masing-masing kampanye. Stiker ini bisa dipasang berkisar antara 1 sampai dengan 6 bulan.

Sayangnya, tidak disebutkan soal zonasi wilayah atau seberapa jauh jarak yang harus ditempuh mobil yang terpasang iklan ini.

Syarat dan Ketentuan di Mobil yang Jadi Media Iklan

Saat terdapat kampanye iklan, Grab atau Ubiklan akan mengundang mitra yang telah melakukan pendaftaran untuk datang ke lokasi pemasangan iklan.

Mitra pengemudi yang tertarik dengan kampanye iklan yang sedang berlangsung, akan dijadwalkan untuk menghadiri pemasangan iklan.

Proses pemasangan kurang lebih memakan waktu 30 menit sampai dengan empat jam untuk full body.

Pada akhir periode kampanye, mitra akan dijadwalkan kembali untuk hadir ke lokasi untuk pelepasan iklan. Setelah itu akan menerima pembayaran sesuai yang telah disetujui.

Nah, apabila iklan ini mengalami kerusakan saat pemasangan, maka mitra selaku pemilik mobil wajib melaporkan kerusakan. Penyedia layanan iklan di mobil akan mengenakan biaya penggantian terhadap material iklan tersebut.

Pasang Iklan di Mobil, Jangan Khawatir Stikernya Merusak

pasang iklan di mobil
Iklan full body dari KarAds (Foto: Medium)

Stiker yang digunakan untuk bagian kaca berjenis one way visor sehingga kaca yang dipasang akan tetap tembus pandang dari dalam keluar.

Stiker iklan yang digunakan memang dikhususkan untuk ditempelkan pada kaca belakang maupun bodi mobil. Pihak penyedia iklan mobil tidak menggaransi apabila cat mobil ini adalah hasil cat ulang.

Penyedia stiker akan bertanggung jawab terhadap kerusakan cat mobil yang disebabkan oleh pemasangan stiker iklan dengan syarat:

  • Mobil memiliki cat original/asli, tidak dicat ulang
  • Cat bodi mobil tidak memiliki kerusakan sebelumnya seperti goresan, penyok, penipisan lapisan cat karena cuaca.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Pentingnya Mengatur Posisi Headrest Pengemudi, Cegah Cidera dan Sakit Leher

Kemenperin usul Pajak pembelian mobil baru dibuat nol persen
Previous post
Menkeu Sri Mulyani Komentari Usulan Pajak 0% untuk Pembelian Mobil Baru
Produksi Mitsubishi i-MiEV akan dihentikan
Next post
Penjualan Lesu, Mitsubishi Hentikan Produksi i-MiEV