Berita Mobil Sumber informasi

Para Pemimpin Negara yang Tak Malu Gunakan Mobil Buatan Lokal

Jakarta – Sejumlah negara di dunia memiliki mobil buatan lokal. Menariknya mobil yang diproduksi tidak hanya dipasarkan di negaranya sendiri, tetapi juga di ekspor ke negara lain.

Bahkan beberapa pabrikan lokal itu dipercaya untuk memproduksi mobil khusus untuk digunakan pemimpin negara. Mobil buatan lokal yang akan digunakan oleh pemimpin negara tentunya berbeda dengan mobil yang dipasarkan secara umum.

Meski bentuknya mungkin sama seperti yang dipasarkan, tetapi secara fitur jelas jauh berbeda. Biasanya mobil buatan lokal tersebut sudah dibekali dengan fitur anti peluru, alat komunikasi yang canggih dan sebagainya.

Setidaknya ada tiga dari sekian banyak pemimpin negara yang tidak malu menggunakan mobil buatan lokal. Berikut daftarnya:

1. Presiden Perancis – DS 7 Crossback

Presiden Perancis Emmanuel Macron yang baru saja dilantik satu tahun lalu menggunakan DS 7 Crossback. Crossover itu merupakan hasil produksi dari pabrikan bernama DS Automobiles yang memiliki markas besar di Paris, Perancis.

Berbeda dari mobil buatan lokal yang dijual untuk publik, mobil dinas Emmanuel sudah dilengkapi dengan atap ragtop, logo negara dan tiang bendera kecil di sudut mobil.

mobil buatan lokal

Presiden Prancis Menggunakan DS 7 Crossback (Foto: Indiatoday)

Bodi mobil diberi warna biru sedangkan kabinnya hitam. Velg menggunakan material alloy berdimensi 20 inci. Tentu dengan alasan keamanan, pabrikan menolak untuk menyebutkan secara lengkap fitur apa saja yang ada di mobil kepresidenan itu.

Pabrikan hanya mengungkap bila sebagian besar fitur mobil yang dipasarkan secara umum, ada juga di kendaraan dinas Emmanuel. Adapun fitur yang dimaksud adalah DS Connected Pilot dan DS Active Scan Suspension.

Di pasar mobil baru, DS 7 Crossback dibekali dengan dua pilihan mesin. Pertama mesin bensin berkapasitas 1.589cc empat silinder bertransmisi otomatis 8 percepatan yang diklaim mampu mengeluarkan tenaga sekuat 165 kW pada 5.500 rpm dan torsi puncak 300 Nm pada 1.900 rpm.

Ada juga mesin diesel berkapasitas 1.997cc empat silinder bertenaga 130 kW pada 3.750 rpm dan torsi puncak 400 nm pada 2.000 rpm. Tenaga dikirim ke roda melalui transmisi otomatis delapan percepatan.

2. Presiden Rusia – Kortezh

Rusia memiliki pabrikan mobil buatan lokal yang dipercaya untuk membangun mobil khusus presiden. Sampai saat ini mobil bermerek Kortezh itu masih digunakan sebagai kendaraan dinas Presiden Rusia, Vladimir Putin. Mobil yang menyerupai model Rolls-Royce ini ditaksir memiliki harga jual sekira US$2 juta atau Rp28 miliar.

Kesan premium langsung terpancar dari gril kotak berukuran besar dengan warna krom. Sementara itu, sistem pencahayaan telah didukung sistem LED dengan desain LED yang mirip Bentley Mulsanne.

Adapun mesin yang digunakan yakni V12 dengan tenaga 850 HP besutan Porsche, dikawinkan dengan transmisi 9-percepatan garapan insinyur Rusia.

mobil buatan lokal

Mobil Kepresidenan Rusia (Foto: Carbuzz)

Masuk ke kabin, limusin kepresidenan memiliki interior mewah dengan jok kulit, trim kayu dan aksen metalik. Kompartemen penumpang belakang tempat Putin duduk, memiliki empat kursi individu yang saling berhadapan dan dipisahkan oleh konsol tengah.

Limosin Kortezh ini dilengkapi banyak antena di bagian atap yang bertujuan untuk menjaga jaringan komunikasi selama perjalanan presiden. Di saat darurat, mobil ini akan menyalakan lampu LED emergency di dalam kabin.

Berdasarkan informasi dari internal perusahaan, Kortezh sudah dibekali dengan mesin V12 Twin Turbo. Bentuk kecintaan Putin terhadap mobil buatan lokal ditunjukkan lewat beberapa koleksi mobilnya yang semuanya hasil buatan pabrikan otomotif lokal. Di anataranya Zaporozhets, Lada Kalina, Lada Niva dan Volga GAZ-21.

3. Perdana Menteri Malaysia – Proton

Mahathir Mohamad kembali menduduki posisi sebagai Perdana Menteri Malaysia. Pada saat dilantik beberapa waktu lalu, pria berumur 92 tahun itu menggunakan mobil hasil produksi lokal yaitu Proton Perdana. Berbeda dari Proton Perdana lainnya, saloon ini memiliki dimensi lebih panjang menyerupai bentuk limosin.

mobil buatan lokal

Proton Perdana edisi limosin (Foto: Mukhriz Hazim)

Seperti dilaporkan Pandulajudotcom, Proton Perdana versi limosin hanya diproduksi sebanyak lima unit saja di Malaysia. Proton Perdana edisi limosin merupakan hasil kerjasama antara Proton dengan Honda dan sudah diperkenalkan sejak 2016. (dna)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts