MobilSumber informasi

Pemula Wajib Simak, Ini Cara Lepas Kopling Mobil Biar Mesin Tidak Mati

Mengendarai mobil manual saat mudik

Mengendarai mobil manual saat mudik. Foto: Ilustrasi.

Jakarta – Cara lepas kopling mobil supaya mesin tidak mati bagi pemula memang sulit. Karena untuk mendapatkan feeling melepas kopling mobil dibutuhkan kebiasaan terlebih dahulu.

Biasanya cara lepas kopling mobil supaya mesin tidak mati jadi momok yang menakutkan. Apalagi bagi mereka yang baru bisa mengendarai mobil.

Ada beberapa hal yang membuat mesin mobil menjadi mati saat melepas kopling. Sebelum membahas detail mengenai cara melepas kopling mobil ini ada baiknya pahami dulu soal apa itu kopling.

Apa Itu Kopling

Kopling merupakan komponen pada mobil manual yang berbentuk pedal. Pedal kopling ini terletak paling kiri dari seluruh pedal yang ada di bagian kaki.

Kopling mobil manual punya fungsi untuk mengurangi putaran mesin saat pengendara melakukan perpindahan gigi. Tujuannya agar mesin dan transmisi bisa masuk dengan mudah.

Mengendarai mobil manual saat mudik

Mengendarai mobil manual saat mudik. Foto: Ilustrasi

Untuk cara lepas kopling mobil supaya mesin tidak mati biasanya dilakukan bersamaan dengan menginjak pedal gas. Bila tidak terbiasa melepas kopling, maka saat akan berjalan akan terjadi engine stall.

Engine stall merupakan sebutan untuk kondisi mesin mobil yang mati mendadak. Mesin mobil ini akibat tidak selarasnya pelepasan kopling dan gas yang dilakukan si pengendara itu sendiri.

Biasakan Melepas Kopling Secara Perlahan

Bagi mereka yang baru bisa mengendarai mobil manual, ada baiknya melepas kopling secara bersamaan dengan menginjak pedal gas. Sembari dilepas perlahan, gasnya juga sambil diinjak pelan-pelan.

Cara ini menjadi cara yang paling ampuh untuk mengendarai mobil manual pertama kali. Cara kerjanya hampir sama dengan mengendarai motor manual dengan kopling di tangan.

Pengendara harus melepas kopling dengan perlahan dan menarik gas perlahan juga.

Mengendarai mobil manual saat mudik

Mengendarai mobil manual saat mudik. Foto: Ilustrasi.

Cara lain yang paling mudah adalah dengan menjaga putaran mesin di RPM rendah. Tujuannya agar kopling mobil manual tetap awet. Biasakan pindah gigi mobil di RPM 2.000 sampai 2.200 RPM.

Lalu, gimana sih cara mudahnya? Berikut kami sampaikan cara melepas kopling mobil biar mesin enggak mati.

  • Nyalakan mesin mobil
  • Injak kopling perlahan dan rasakan pijakan kopling
  • Jangan lupa sambil menginjak pedal gas saat menginjak kopling
  • Lepaskan tuas rem tangan yang ada di dekat kamu secara perlahan
  • Masukkan tuas perseneling ke arah gigi 1 saat ingin berjalan
  • Pastikan kaki kamu bagian kanan berada pada pedal gas
  • Lepaskanlah kopling dengan pelan sembari merasakan mobil berjalan saat kopling dilepas
  • Saat mobil mulai bergerak, usahakan untuk menginjak pedal gas agar tidak engine stall
  • Jika mobil sudah berjalan normal, kamu enggak perlu lagi menginjak kopling mobil
  • Perpindahan gigi selanjutnya tetap menginjak kopling dan bisa dipastikan mobil tidak akan mati saat pindah ke gigi 2 sampai 5.

Perhatikan Berbagai Informasi Cluster

Hal yang wajib dilakukan bagi mereka yang baru bisa mengendarai mobil manual adalah tetap memperhatikan informasi di cluster. Tujuannya agar kamu terbiasa dengan perubahan yang ada pada mobil.

Misalnya kamu bisa melihat indikator tekanan oli, suhu mesin, atau indikator bahan bakar yang sudah mau habis. Atau bisa juga melihat informasi kecepatan, RPM, dan informasi lain yang ada di mobil kamu.

Lalu, bagaimana cara untuk menghentikan mobil saat mau berhenti? Kamu bisa melakukan beberapa cara sebelum membuat laju mobil menjadi berhenti total.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memberikan tanda sein untuk berbelok. Pastikan kamu menyalakan sein tersebut agar tidak tertabrak dari belakang karena kamu akan berbelok.

Injak rem perlahan sampai mobil cukup pelan dan siap berhenti. Jika sudah hampir berhenti, kamu langsung menginjak pedal kopling.

Jangan lupa, selama pedal kopling diinjak usahakan juga sambil menginjak rem agar mobil bisa berhenti sempurna.

  • Nyalakan tanda sein saat ingin berhenti atau menepi,
  • Injak rem sampai kecepatan cukup pelan,
  • Ketika sudah sangat pelan, injak kopling dan sembari injak rem,
  • Saat kopling diinjak, pindahkan ke posisi gigi terendah
  • Saat ingin berhenti, posisikan gigi di netral dan tarik rem tangan.

Cara tersebut merupakan cara yang bisa digunakan untuk membuat laju mobil berhenti. Jangan lupa, setelah berhenti ulangi cara yang ada di atas dengan berulang kali.

Tujuannya agar kamu bisa melepaskan kopling mobil manual dengan lancar dan tanpa hambatan. Cara lepas kopling mobil supaya mesin tidak mati bagi pemula memang sulit. Apalagi bagi mereka yang belum pernah mengendarai mobil sebelumnya.

Tapi buat mereka yang sudah pernah atau melihat cara berkendara, tentu hal ini tidak terlalu sulit. Yang terpenting adalah kemauan dan tekad yang kuat.

Karena mengendarai mobil dengan transmisi manual membutuhkan kesabaran dan konsentrasi yang cukup besar. Penggunaan kaki kiri dan kanan beroperasi selama orang itu berkendara.

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts