Home » Berita » Tertarik Beli Suzuki Baleno? Sabar Dulu, Versi Facelift Hadir Tahun Depan

Tertarik Beli Suzuki Baleno? Sabar Dulu, Versi Facelift Hadir Tahun Depan

Baleno
Suzuki Baleno Hatchback

Mumbai – Maruti Suzuki India Ltd (MSI), selaku agen tunggal pemegang merek (APM) Suzuki mobil di India, pertama kali memasarkan Suzuki Baleno pada Oktober 2015.

Itu artinya tahun ini penjualan Baleno di Negeri Bollywood sudah menginjak umur ketiga. Di sepanjang perjalanan Baleno, Suzuki belum pernah sekalipun melakukan penyegaran.

Nah bagi Carmudian yang tertarik beli Suzuki Baleno, bisa mempertimbangkan menunda pembelian mobil karena tahun depan Suzuki Baleno akan mendapat versi facelift.

Menurut laporan CarDekho, Suzuki bakal meluncurkan Baleno pada Juni 2019. Hatchback premium Suzuki ini disebut mendapat sejumlah ubahan mulai dari desain, fitur lebih banyak, sistem hiburan, konfigurasi mesin dan lainnya.

Baleno facelift disinyalir mengadopsi bumper dengan desain baru, kisi-kisi depan baru dan velg 16 inci. Perubahan lainnya mencakup penerangan utama menggunakan lampu LED. LED akan menggantikan HID yang dipakai model saat ini.

Sedangkan ubahan pada sektor interior mulai dari hadirnya Multi Information Display (MID) dengan warna layar baru berdimensi 4,2 inci dan sistem hiburan berupa head unit layar sentuh 7 inci. Selain itu mobil juga mendapat pelapis jok baru dan tambahan fitur yakni cruise control.

Saat ini Baleno untuk pasar India mendapat opsi mesin bensin 1.2 liter dan diesel 1.3 liter. Kedua mesin tersedia dalam pilihan transmisi manual dan otomatis jenis Continous Variable Transmission (CVT).

Suzuki Baleno di Indonesia Masih Berumur Satu Tahun

Selain di India, generasi terbaru Suzuki Baleno juga dipasarkan di beberapa negara, termasuk Indonesia. Sebelum resmi dipasarkan, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) APM mobil Suzuki di Indonesia memperkenalkan versi konsepnya terlebih dulu yang dikenal dengan nama Suzuki iK-2 pada 2015 bersamaan dengan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Di pameran yang sama pada 2017, Suzuki kembali menunjukkan iK-2 tapi sudah dalam wujud produksi dan sudah siap untuk dipasarkan.

Suzuki Baleno mengandalkan platform generasi terbaru ‘Heartect’ yang menghadirkan sebuah kendaraan yang tak hanya ringan namun juga lebih kokoh. Struktur baru ini lebih andal bahkan ketika menyerap benturan, berkendara makin nyaman ketika berada di kecepatan tinggi dan juga ketika menikung di berbagai kondisi jalan.

Bobot ringan yang diandalkan Heartect berdampak pada semakin efisiensi dalam penggunaan bahan bakar, sehingga lebih lincah ketika melakukan akselerasi, berbelok dan juga melakukan pengereman.

Di Indonesia, Baleno dibekali mesin yang sama dengan Suzuki Ertiga lawas. Mesin K14B memiliki konfigurasi empat silinder segaris, DOHC, VVT dengan kapasitas 1.373 cc. Tenaga yang dikeluarkan mencapai 92,4 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 130 Nm pada 4.200 rpm. Semua tenaga disalurkan ke roda depan lewat transmisi otomatis atau manual.

Pada saat pertama kali hadir di Indonesia, rival Honda Jazz dan Toyota Yaris ini dibanderol Rp207,5 juta untuk varian otomatis. Kemudian versi manual seharga Rp195 juta. Saat ini Suzuki Baleno dijual dengan harga Rp217 juta versi transmisi otomatis sedangkan versi transmisi manual 204,5 juta. (dna)

Suzuki Karimun Wagon R Buatan Tambun Laris di Pakistan

Previous post
Mitsubishi Fuso Perkuat Layanan di Makassar Buka Dealer 2S Baru
Pembukaan IMOS 2018
Next post
IMOS 2018 Resmi Dibuka Hari Ini, Kemenperin Minta Naikkan Jumlah Ekspor