Sumber informasi

Jangan Panik, Ini Dia Penyebab AC Mobil Menjadi Tidak Dingin Secara Tiba-tiba

AC mobil tiba-tiba menjadi tidak dingin biasanya bersumber dari banyak penyebab.

Siapa di sini yang pernah mengalami sesaat sebelum mobil dipakai, AC mobil masih dalam keadaan normal tapi tiba-tiba AC tidak dingin dan hanya mengembuskan angin saja?

Kalau sudah seperti ini jelas cukup menjengkelkan apalagi ketika cuaca sedang terik dan ditambah macet.

Wah, kalau sudah begini, sih, bisa-bisa pengemudi dan penumpang dalam mobil bisa banjir keringat.

penyebab ac mobil tidak dingin

Switch AC Honda Mobilio (Foto: Youtube)

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Jika membahas satu persatu, sebenarnya ada banyak sekali penyebab yang bisa membuat AC mobil menjadi tidak dingin.

Nah, pada artikel ini kami akan mengupasnya secara detail supaya Carmudian makin paham kira-kira apa saja penyebab AC mobil menjadi tidak dingin secara tiba-tiba.

Freon Kurang atau Habis

Penyebab pertama AC mobil menjadi tidak dingin adalah freon yang berkurang atau habis. Menurut Wikipedia, freon merupakan zat yang mengandung senyawa hidrogen, klorin, atau bromin.

AC mobil membutuhkan freon yang dipompa dan disirkulasikan oleh kompresor agar udara yang dikeluarkan menjadi dingin. Cara kerjanya dengan melepas udara panas ke bagian sirip dari kondensor.

Nah, pada saat itu freon akan berubah bentuk dari gas menjadi cair dan akan kembali didistribusikan ke bagian dryer untuk disaring dari uap air.

penyebab ac mobil tidak dingin

Proses pengisian freon (Foto: Ford)

Gambaran di atas merupakan sedikit cara kerja freon.

Lantas, apa yang terjadi jika freon pada AC mobil berkurang atau bahkan habis?

Seperti yang disebut sebelumnya, AC mobil pasti tidak akan menjadi dingin. Biasanya freon yang mau habis atau sudah habis tidak akan membuat kabin menjadi dingin maksimal.

Suhu yang dihasilkan cenderung hangat dan tidak bisa mendinginkan. Jika Carmudian merasakan kabin mulai tidak dingin dari biasanya, wajib curiga dan sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel AC untuk dilakukan pengecekan.

Extra Fan Rusak

Penyebab kedua dari AC mobil tidak dingin biasanya disebabkan oleh extra fan rusak. Extra fan atau kipas pendingin tambahan ini juga berperan penting dalam kerja AC.

Jika mati, maka bagian kondensor akan menjadi panas lantaran proses kondensasi tidak bekerja maksimal. Sehingga penurunan suhu tidak akan terjadi jika kipas pendingin tersebut tidak menyala.

Dengan cepat AC yang sedang menyala bisa kehilangan angin sejuknya dan kabin mobil menjadi terasa panas.

extra fan radiator mobil

Banyak sekali ditemui kasus extra fan yang rusak dan membuat AC mobil menjadi tidak dingin. Kalau sudah begini mau tidak mau pemilik mobil bisa melakukan servis extra fan atau mengganti baru.

Kompresor AC Rusak

Kompresor yang rusak juga menjadi salah satu penyebab AC mobil menjadi tidak dingin. Biasanya kerusakan pada kompresor ini dikarenakan faktor usia.

Artinya, kompresor yang rusak rata-rata memang terjadi pada mobil yang usianya lebih dari 10 tahun.

kompresor ac mobil

Namun, kompresor juga bisa rusak akibat kebiasaan pemilik kendaraan itu sendiri.

Misalnya kebiasaan menyalakan atau mematikan AC mobil saat kendaraan tengah berada di kecepatan tinggi seperti di atas 120 km/jam.

Selain itu, kompresor AC yang tidak pernah dirawat menjadi faktor kerusakan yang sering terjadi. Salah satu perawatan yang bisa dilakukan adalah rutin mengganti oli kompresor AC-nya.

Adanya Kebocoran

Kebocoran juga menjadi salah satu penyebab AC mobil menjadi tidak dingin. Dalam sistem pendinginan, ada banyak sekali jalur-jalur seperti selang low pressure, selang high pressure, valve, kondensor, hingga evaporator.

Jika terjadi kebocoran, biasanya freon akan lebih cepat habis dari biasanya.

Bagaimana caranya mengetahui freon mobil cepat habis daripada biasanya?

bengkel rekomendasi ac mobil

Pertama, coba cek kapan terakhir kali Anda mengisi freon. Jika freon baru diisi dalam jangka waktu di bawah 6 bulan dan AC sudah terasa tidak dingin, maka ini menjadi salah satu ciri adanya kebocoran. Umumnya freon akan awet hingga lebih dari 1 atau bahkan 2 tahun.

Jika belum lama diisi freon tetapi sudah tidak dingin, segera lakukan pengecekan. Mencari sumber kebocoran pada AC mobil perlu dilakukan di bengkel AC terdekat.

Kondensor Sudah Kotor

Selanjutnya komponen yang menyebabkan AC mobil tiba-tiba tidak dingin bisa jadi karena kondensor sudah kotor.

Kondensor merupakan salah satu komponen AC yang berfungsi melepas panas dari kompresor.

Bisa dibilang komponen satu ini berfungsi sebagai pendinginan. Biasanya kondensor wajib dibersihkan dalam beberapa waktu sekali agar tidak tersumbat oleh kotoran.

Kondensor biasanya terletak di bagian depan dekat dengan radiator. Jika AC mobil tidak mengeluarkan udara dingin, bisa jadi kondensor yang ada di mobil sudah banyak tersumbat oleh kotoran.

Filter AC dan Blower Kotor

Penyebab lain yang membuat AC mobil menjadi tidak dingin bisa juga karena filter AC dan blower sudah terlalu kotor. Hal ini sangat wajar, mengingat debu dan kotoran biasanya terhisap secara langsung.

Blower yang sudah kotor biasanya harus dibersihkan terlebih dahulu agar perputarannya kembali lancar dan normal. Usahakan mengganti filter AC dengan yang baru dibanding membersihkannya.

Filter AC mobil

Filter AC mobil (Foto: Cars)

Akan lebih baik kedua komponen ini rutin dibersihkan misalnya setahun sekali agar kinerja AC bisa bekerja maksimal. Debu dan kotoran ini lama-kelamaan bisa membuat putaran blower menjadi terganggu.

Cara kerja blower hampir sama seperti kipas angin. Jika kipas angin sudah kotor penuh debu tidak akan bisa mengembuskan angin dengan kencang, begitu pun blower.

Belt Putus

Pada beberapa mobil, ada yang menggunakan belt yang berbeda antara belt mesin dengan belt kompresor AC. Nah, kemungkinan terburuk jika AC tiba-tiba tidak dingin bisa dengan mengecek kondisi belt tersebut.

Jika belt putus, maka kompresor AC pun akan berhenti berputar sehingga tidak bisa menghasilkan udara sejuk lagi. Jika benar putus, maka tak ada cara lain selain mengganti belt dengan yang baru.

Sekring Putus

Penyebab AC mobil menjadi tidak dingin secara tiba-tiba yang terakhir bisa juga dikarenakan oleh sekring yang putus. Cek sekring di bagian rumah sekring, bisa jadi ada yang putus atau terbakar.

Kerusakan biasanya terjadi akibat adanya korsleting listrik atau karena usia pakai mobil yang sudah cukup tua.

service power window terdekat

Berbagai macam penyebab AC mobil tiba-tiba dingin tadi merupakan hal yang tak perlu ditakutkan mengingat semuanya pasti bisa diperbaiki. Namun, daripada melakukan perbaikan, akan lebih baik selalu melakukan perawatan secara berkala.

Ingat, perbaikan AC mobil yang rusak akan mengeluarkan biaya tak sedikit.

>>>> Cari mobil bekas dengan kondisi terbaik dan harganya terjangkau?

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts