Tips dan Trik

Belum Sempat ke Bengkel, Pemilik Sepeda Motor Wajib Lakukan Hal Ini

Jakarta – Di tengah kesibukan yang super padat, membuat sebagian orang tidak sempat berkunjung ke bengkel untuk melakukan perawatan sepeda motor.

Merawat sepeda motor sangat penting dan harus rutin dilakukan supaya kondisinya selalu prima.

Membiarkan sepeda motor tanpa perawatan bisa membuatnya mudah rusak. Perawatan sepeda motor tak mesti harus ke bengkel, bisa juga dilakukan secara mandiri di rumah saat memiliki waktu senggang.

bengkel Sepeda Motor

Servis sepeda motor di bengkel resmi (Foto: YIMM)

“Bagi konsumen yang belum sempat melakukan perawatan di bengkel resmi, kami akan berbagi tips perawatan sepeda motor sehari-hari di rumah,” ungkap Riyadi Prihartono selaku Manager Service CS Divion PT YIMM.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan, setidaknya ada tujuh poin utama dalam melakukan perawatan sepeda motor yang bisa dilakukan secara mandiri.

  • Memastikan aki dalam kondisi baik, dengan cara cek fungsi sistem kelistrikan, cek starter, klakson, dan lampu-lampu
  • Mengecek level ketinggian oli mesin dengan cara membuka tutup oli dan cek level ketinggian pada stick oli. Disarankan untuk mengganti oli mesin setiap 3.000 km
  • Mengecek kebocoran oli dengan melihat sekitar mesin
  • Memeriksa sistem pengereman, seperti melihat ketinggian level minyak rem melalui indikator pada master rem, serta memeriksa ketebalan kampas rem depan dan belakang
  • Mengecek kondisi tekanan ban dan alur ban. Tekanan ban depan yang disarankan pabrikan 255 kPa/33 psi dan ban belakang 250 kPa/36 psi
  • Menjaga kebersihan sepeda motor dengan rutin mencucinya untuk mencegah karat pada body dan bagian lainnya
  • Menghidupkan mesin sepeda motor yang lama tak terpakai, agar mesin terlumasi oli dan kondisi aki terjaga.

Rem cakram motor Yamaha (foto: Naikmotor)

Manfaatkan Layanan Home Service

Apabila salah satu komponen sepeda motor bermasalah atau ada komponen yang perlu diganti, tidak ada salahnya Carmudian memanfaatkan layanan home Service yang disediakan oleh diler resmi terdekat.

Sebagian diler resmi juga telah menyediakan aplikasi khusus untuk mempermudah pelanggan berkomunikasi dan membuat jadwal kunjungan teknisi ke rumah.

Masing-masing Agen Pemegang Merek (APM) sepeda motor memiliki layanan jasa home service dengan nama yang berbeda-beda.

Bengkel Sepeda Motor

Layanan Home Servis jadi alternatif bagi yang tidak sempat ke bengkel sepeda motor (Foto: YIMM)

Kawasaki misalnya, dikenal dengan layanan Kawansakti Home Service yang merupakan layanan eksklusif untuk pada pengguna Kawasaki Ninja dari diler Kawansakti.

Yamaha punya layanan home servis dengan nama Service Kunjung Yamaha (SKY).

Sementara Honda memiliki layanan Honda Customer Assistance Road Emergency Road Emergency atau Honda Care yang berlaku untuk semua jenis sepeda motor Honda.

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

 

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts