Perawatan Yamaha RX-King, Nggak Ribet dan Bisa Dilakukan Sendiri (Bagian 2)
Jakarta – Yamaha RX-King dikenal dengan performanya yang buas dan perawatan mudah. Pemilik tidak perlu khawatir soal perawatan Yamaha RX-King seperti suku cadang, karena masih banyak tersedia baik yang asli ataupun aftermarket.
Seiring usia dan masa pakai, tentu performa ‘sang raja’ akan menurun. Maka dari itu, pengguna RX King wajib ekstra perhatian pada kuda besi kesayangan mereka. Berikut ini Carmudi.co.id akan membagi kiat-kiat perawatan Yamaha RX-King yang bisa Anda lakukan sendiri.
Setelan Karburator
Motor dengan dapur pacu 2-tak 135cc ini masih mengandalkan karburator sebagai pemasok bahan bakar. Maka dari itu, setelan karburator perlu diperiksa secara berkala. Tujuannya agar komposisi pasokan bensin dan udara sesuai dengan kebutuhan mesin.
Bila terlalu kering atau kebanyakan pasokan udara, membuat mesin terlalu cepat panas dan berpotensi overheat. Namun jika komposisi bensin lebih tinggi, hanya membuat konsumsi bahan bakar boros namun tenaga yang dihasilkan tidak kunjung meningkat.
Mengatur karburator ini sebenarnya cukup mudah, namun butuh feel yang tepat agar langsamnya sesuai. Setelan karburator yang kurang pas membuat langsam motor tersendat alias gampang mati.
Pada bagian karburator terdapat dua buah sekrup yang masing-masing digunakan untuk menyetel udara dan langsam. Pertama, putar sekrup udara satu seperempat sampai satu setengah putaran setelah diputar habis. Kemudian, setel langsam perlahan dengan memutar sekrup setelan gas hingga putaran mesin mencapai angka 1.400 rpm di panel rpm-meter.
Periksa Kondisi Aki
Aki pada RX-King berfungsi sebagai sumber kelistrikan sekunder dan menyimpan daya dari alternator. Kerja aki bagi ‘sang raja’ terbilang ringan karena tidak digunakan untuk starter elektrik.
Baterai hanya digunakan memberikan daya untuk lampu sein, lampu rem, speedometer dan klakson. Namun demikian, Carmudian perlu memperhatikan kualitas kelistrikan dari aki dengan melihat ketinggian air aki.
Apabila kondisi permukaan air aki berada di bawah level ‘up’, sebaiknya segera tambah dengan air suling murni. Air aki ini biasanya dijual di dalam botol berwarna biru di toko spare part.
Setel Rantai
Bagian terakhir yang kadang terlupakan bagi pengguna RX-King yaitu menyetel kekencangan rantai. Bikers kadang malas menyetel rantai karena sangat kotor akibat sisa pelumas yang bercampur kotoran dari ban belakang.
Padahal karena sering digunakan, rantai sepeda motor dapat kendur seiring waktu. Bukan tidak mungkin, rantai bisa putus tiba-tiba saat berkendara dan ini jelas berbahaya.
Untuk itu, Anda perlu rutin membersihkan dan melumasi rantai, kemudian mengatur kekencangannya. Membersihkan rantai cukup mudah, cukup disikat memakai kuas yang diolesi bensin. Untuk pelumasannya bisa memakai oli mesin yang baru sisa dari ganti oli.
Apabila rantai terlalu kendur, segera lakukan penyetelan. Jarak renggang rantai normalnya berkisar antara 2 sampai 3 cm. Saat penyetelan, perhatikan indikator yang ada di bagian as roda harus sama baik kiri dan kanan supaya posisi roda tidak miring.
Nah, nggak sulit kan merawat ‘sang raja’? (dna)