Home » Mobil » Perbandingan Spesifikasi Suzuki XL7 Vs Toyota Rush, Mana yang Lebih Valuable?

Perbandingan Spesifikasi Suzuki XL7 Vs Toyota Rush, Mana yang Lebih Valuable?

Spesifikasi Suzuki XL7 tersebar luas di Facebook

Jakarta – Demam SUV dari basis MPV menjangkiti masyarakat Indonesia. Tren ini kabarnya juga diikuti Suzuki yang tergiur keberhasilan Xpander Cross. Suzuki kabarnya menyiapkan model XL7 dengan spesifikasi yang digadang-gadang siap menjungkalkan eksistensi Toyota Rush.

Menurut kabar yang berhembus, PT Suzuki Indomobil Sales selaku agen pemegang merek akan merilis Suzuki XL7 pada Februari mendatang. Foto-foto unitnya pun sudah tersebar luas di jagat maya. Publik pun tidak sabar menanti spesifikasi dari XL7 yang memanfaatkan platform milik Ertiga.

Suzuki XL7 nantinya disebut tersedia dalam tiga varian, antara lain Zeta, Beta, dan Alpha. Ketiga tipe tadi masing-masing tersedia dalam dua jenis transmisi, manual dan matik. Suzuki XL7 ini sebenarnya adalah versi Indonesia dari Suzuki XL6 yang dijual di India. Suzuki mendesainnya kental dengan nuansa crossover melalui panel body-cladding hitam, gril dan bumper baru bergaya gagah, serta roof-rail.

Pihak Maruti Suzuki di India telah merilis XL6 pada Agustus 2019 lalu. Sesuai dengan namanya, XL7 untuk Indonesia berkapasitas 7-penumpang sedangkan XL6 di India berkapasitas 6-penumpang. Alasannya, XL6 mengadopsi kursi tengah bergaya captain seat.

Postingan Suzuki XL7 di Facebook

Carmudi pun memperoleh foto sosok Suzuki XL7 melalui postingan akun Facebook bernama Fertian Eka di grup otomotif Motuba. Akun tersebut menyebarkan foto-foto Suzuki XL7 sebagai unit test drive di diler. Foto yang diunggah tersebut menampilkan sosok XL7 dari berbagai sisi.

Eksterior Suzuki XL7 Gagah

Menegaskan kesan tangguh, Suzuki XL7 khususnya di bagian depan punya desain eksterior yang lebih berani dan berotot. Kap depan memiliki sudut tegak yang bila dilihat sepintas gayanya mirip Wuling Almaz. Mulai dari bumper, gril, sampai dengan kap mesin, desainnya berbeda jauh dari Ertiga standar atau versi Suzuki Sport sekalipun.

Pada bagian pencahayaan, Suzuki XL7 memakai Bold LED Headlamp dengan DRL. Kemudian gril dengan aksen hitam untuk memberi gaya tegas, dipercantik dengan dua bilah panel horizontal dengan aksen krom alias Muscular Sweeping Cross Bar Front Chrome. Pada bagian bawah bumper depan telah terpasang lapisan skid plate yang berfungsi melindungi kolong mesin dari hempasan kerikil dan benturan batu.

Kemudian di bagian samping, terdapat panel overfender dengan kelir hitam yang menyatu dengan side skirt. Penampilan XL7 ini pun semakin menarik karena overfender tersebut membuatnya seperti dual tone color. Namun demikian, belum jelas mengenai ukuran peleknya, apakah berukuran 15 inci atau naik jadi 16 inci seperti Toyota Rush tipe G.

Beralih ke belakang, kita melihat identitas Ertiga yang begitu nyata dari desain lampu belakang dan pintu bagasi. Perbedaan antara Ertiga dan XL7 yaitu pada bumper, di mana XL7 terdapat skid plate untuk melindungi dari benturan batu saat melewati jalan tanah.

Spesifikasi Interior Suzuki XL7, Makin Berkelas

Interior Suzuki XL7 desainnya mewah

Tidak hanya eksterior yang tampil gagah, interior Ertiga versi crossover ini juga kian menarik. Fiturnya terbilang lengkap dan tak kalah dari para rival. Di bagian dasbor terdapat panel instrumen dengan jarum speedometer dan takometer kekinian yang menjepit layar MID.

Head unit floating pada Suzuki XL7

Fitur lainnya di dalam kabin Suzuki XL7 yaitu Leather Steering Wheel with Switch Audio Control, bluetooth phone conection, keyless, dan AC digital. Sementara fitur hiburan didukung oleh head unit touchscreen dengan model floating berikut 2 Front Tweeters. Untuk kabin Suzuki XL7 ini memiliki aksen single tone berwarna hitam.

Kursi baris ketiga Suzuki XL7

Selebihnya, layout kursi pada Suzuki XL7 tak ada bedanya dengan Ertiga. Kursi bagian belakang bisa dilipat flat dengan kombinasi 50:50. Sementara itu, kursi tengahnya bisa dilipat dengan kombinasi 70:30, di mana kursi sebelah kiri digunakan untuk akses penumpang baris ketiga.

Mesin Bisa Sama Seperti Ertiga, Harga Sama Murahnya

Suzuki XL7 kemungkinan mengandalkan mesin 1,5 liter seperti para rivalnya. Mesin ini bisa jadi tetap menggunakan kode K15 seperti yang digunakan oleh Suzuki Ertiga versi Indonesia. Namun, belum jelas apakah ada perbedaan tenaga antara Ertiga dan XL7 yang meluncur bulan depan.

Soal harga, berdasarkan informasi yang didapat oleh Carmudi, harga termurah Suzuki XL7 masih di bawah Ertiga Suzuki Sport. Harga Suzuki XL7 antara Rp230 juta sampai dengan Rp267 juta. Bandingkan dengan Ertiga Suzuki Sport yang dijual paling murah Rp250 juta.

Berikut ini estimasi harga Suzuki XL7 (OTR Jakarta)

  • Zeta M/T Rp230 juta
  • Zeta A/T Rp240,5 juta
  • Beta M/T Rp246,5 juta
  • Beta A/T Rp256,5 juta
  • Alpha M/T Rp256,5 juta
  • Alpha A/T 267juta

Spesifikasi Suzuki XL7 Penantang Berat Toyota Rush

All New Toyota Rush (Foto: Carmudi)

Dengan estimasi harga termurah Suzuki XL7 di bawah Rp250 jutaan, tentunya tidak bisa dianggap enteng oleh para pemain lama. Pasalnya, Toyota Rush termurah harganya sudah lebih dari Rp250 jutaan. Berikut ini daftar harga Toyota Rush pada 2020 (OTR Jakarta):

  • 1.5 G M/T Rp251.650.000
  • 1.5 G A/T Rp261.650.000
  • 1.5 S M/T TRD Rp263.050.000
  • 1.5 S A/T TRD Rp273.050.000

Toyota Rush generasi kedua dikembangkan bersama Daihatsu Terios oleh engineer dan desainer asal Indonesia dan Jepang. Eiji Fujibayashi ditunjuk selaku Chief Engineer Toyota Rush. Pada model ini, Rush tidak lagi memiliki ban serep tergantung di pintu belakang.

Hilangnya ‘konde’ tersebut membuat penampilan Rush jadi wagu. Sepintas Rush desainnya mirip dengan Honda Mobilio tapi banyak juga yang menyebut desainnya mirip seperti Calya versi bongsor. Lantas, apa yang menjadikan Rush lebih pantas dipilih daripada Suzuki XL7?

Toyota Rush Memakai Penggerak Roda Belakang

All new Toyota Rush (Foto: Carmudi)

Alasan yang satu ini cukup kontroversial bagi segelintir pemilik mobil. Pasalnya, mobil dengan penggerak roda belakang masih dianggap lebih mumpuni saat melewati tanjakan yang sudutnya cukup besar ketimbang mobil penggerak roda depan. Faktor ini yang membuat Toyota Rush sulit disaingi oleh jajaran low SUV lain.

Kabin Lega ala Toyota Rush

Kabin Toyota Rush dinilai cukup lega berkat jarak bangku baris kedua dengan bangku baris ketiga 700 mm, atau cukup proporsional untuk 7-penumpang sekaligus. Untuk itu, kita perlu melakukan pengaturan kursi baris kedua yang pas. Dengan begini, maka penumpang baris ketiga jauh lebih nyaman. Ruang kaki baris kedua hingga ketiga juga sangat lega untuk membawa penumpang dewasa.

Fitur Hiburan Mumpuni

Toyota Rush sebagai pemain lawas dianggap sebagai benchmark mobil sejenis yang muncul belakangan Toyota pun merancang Rush dengan fitur kenyamanan yang lumayan lengkap. SUV ini didukung sistem AC dengan climate control dan pengaturan suara di setir yang terletak di bagian jari kiri.

Pengemudi dengan mudah mengakses informasi berkendara melalui panel instrumen multi color LCD lengkap dengan MID (multi information display). Toyota Rush dibekali head unit touchscreen untuk mengusir kebosanan saat perjalanan jauh. Kita bisa menyambung head unit ini dengan smartphone yang kita bawa memakai koneksi bluetooth.

Nah, demikian perbandingan antara Toyota Rush dengan Suzuki XL7. Carmudian kini tinggal menyesuaikan antara bujet dan fitur yang dibutuhkan dari suatu mobil. Melihat dari harganya, XL7 bisa menjadi alternatif menarik selain Rush untuk mobil keluarga serba bisa.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Bocor di Medsos, Harga Suzuki XL7 di Bawah Xpander Cross

rossi-di-catalunya
Previous post
Asyik, Tiket MotoGP Indonesia Sudah Bisa Dipesan, Jumlahnya Terbatas
Next post
Demi Kepuasan Konsumen, Mitsubishi Uji Keterampilan Tenaga Penjual dan Mekanik