Home » Mobil » Perbandingan Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander, Duel Mobil Keluarga Favorit

Perbandingan Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander, Duel Mobil Keluarga Favorit

Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander

Jakarta – Munculnya Mitsubishi Xpander menjadi sebuah fenomena baru di segmen MPV. Mobil andalan kubu tiga berlian berhasil menjadi primadona baru dan mengancam eksistensi Toyota Avanza yang sudah lama eksis. Pertarungan Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander patut disimak karena menawarkan keunggulan tersendiri.

Segala hal tentang Mitsubishi Xpander selalu diburu. Masyarakat tetap saja masih banyak yang penasaran dengan mobil keluaran Mitsubishi ini. Masyarakat kini mulai membandingkan spesifikasi antara Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander. Diantara keduanya, mana yang paling modern dan kaya fitur.

Secara spesifikasi mesin, Xpander menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc DOHC. Tenaga puncaknya 103 hp pada 6.000 rpm dan torsinya 141 nm di 4.000 rpm.

Toyota New Avanza
Toyota New Avanza

Sementara untuk Avanza, Toyota tidak melakukan improvement pada bagian mesin, transmisi dan differential. Setting mesin masih sama persis dengan generasi sebelumnya yang didukung mesin 1.500 cc DOHC Dual VVT-i 104 hp pada 6.000 rpm dengan torsi 136 nm di 4.200 rpm.

Bila dibandingkan, memang Avanza sedikit lebih bertenaga, karena unggul 1 hp dibandingkan Xpander. Namun untuk torsi, Xpander unggul dengan selisih 5 Nm dan angka ini membuat Xpander punya akselerasi awal yang baik. Torsi juga mendukung saat mobil melewati tanjakan atau jalan tanah lebih mudah.

Fitur Keselamatan Avanza VS Xpander

 

Carmudi coba membandingkan fitur keselamatan yang dimiliki oleh varian tertinggi dari masing-masing model. Mitsubishi memiliki Xpander Ultimate A/T sebagai varian tertinggi sedangkan Toyota Avanza punya Veloz 1.5 A/T. Bicara soal fitur, Xpander yang hadir belakangan ini telah menyediakan peranti keselamatan yang lebih beragam.

Pada Mitsubishi Xpander Ultimate A/T dibekali fitur keselamatan aktif seperti Antilock Braking System (ABS), Emergency Stop Signal (ESS), Active Stability Control (ASC), dan Hill Start Assist (HSA). Adapun fitur keselamatan pasif di antaranya Supplemental Restraint System (SRS) Airbag, sabuk keselamatan dengan Pretension dan Force Limiter. Tidak ketinggalan, Isofix untuk bangku anak-anak.

Interior Avanza baru tak ada perubahan yang signifikan. Foto/Istimewa.

Merujuk dari data spesifikasi model terbaru, Toyota Veloz 1.5 A/T hanya memiki beberapa fitur keselamatan saja baik itu aktif maupun pasif. Fitur keselamatan pada Veloz antara lain Dual SRS Airbags, Seatbelt dengan Pretensioner dan Force Limiter, ABS, Isofix, 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam, dan Front Passenger Seat belt Warning.

Desain Oldschool vs Futuristik

Bicara soal desain, Avanza hanya mengalami sedikit ubahan pada facelift terakhir. Secara umum, desain body Avanza masih sama seperti yang dulu. Bedanya, Avanza terbaru sekarang pakai headlamp ala-ala Alphard supaya terkesan mewah tapi selebihnya bodi bergaya kapsul.

Toyota Avanza masih laris manis. Foto/Carmudi

Kelebihannya, desain headlamp ini memakai teknologi LED, dengan desain lampu tumpuk. Lampu LED ini sekarang menjadi pencahayaan utama di Toyota Avanza menggantikan halogen dengan teknologi proyektor di versi sebelumnya.

Bila Avanza mempertahankan desain MPV jadul, lain halnya dengan Xpander, sebagai pendatang baru mampu memberikan tampilan sporty ala SUV. Perawakan Xpander gagah dengan ground clearance tinggi. Sementara di bagian muka, desain Dynamic Shield dengan aksen X menjadi ciri khasnya. Gaya siluet lampu seperti huruf X ini melanjutkan konsep dari Outlander PHEV, Pajero Sport dan Eclipse Cross.

Keunikan pada Mitsubishi Xpander ialah pada penempatan headlamp beserta lampu sein yang terpisah dan berada di bemper. Di bagian atas, terdapat lampu LED yang berfungsi sebagai daytime running light.

Adu Fitur Hiburan Avanza vs Xpander

Fitur hiburan pada head unit Mitsubishi Xpander juga sudah dilengkapi dengan layar sentuh lebar, sistem navigasi yang saling terintegrasi, koneksi jarak dekat serta player musik yang siap memberikan kenyamanan kepada para penumpang.

Selanjutnya pada New Avanza dibekali head unit touchscreen di hampir semua tipe kecuali yang terbawah. Head unit ini didukung aplikasi bernama T-Link untuk Android.

Anda hanya perlu mensinkronisasi gadget melalui jaringan bluetooth sembari menggunakan kabel data yang telah dipasang di head unit. Jika Anda tidak melakukan sambungan dengan jaringan bluetooth dan kabel data, maka head unit tidak akan dapat menampilkan mirroring dari ponsel.

Ketersediaan Sparepart Avanza vs Xpander

Bicara suku cadang, maka sedikit banyak harus melihat kode mesin yang digunakan oleh Avanza atau Xpander. Pada Xpander dibekali mesin berkode 4A91 yang merupakan pengembangan dari mesin Mitsubishi Colt yang legendaris.

bengkel Mitsubishi terbaru dibuka di Kendari

Namun pengembangan yang dilakukan jelas ada sedikit banyak perbedaan antara mesin Colt dengan Xpander. Selain itu, mobil ini juga baru saja diproduksi, dan proses produksinya baru berjalan Oktober 2017. Ketersediaan suku cadang jelas kalah melimpah dibandingkan Toyota Avanza yang minim perubahan.

Bicara soal Avanza, didukung nama besar Toyota dan jaringan penjualan Astra yang tersebar di seluruh Indonesia. Strategi Toyota yang memakai common engine 2NR membuat ketersediaan suku cadang Avanza ini melimpah.

Beli Mobil Toyota
Outlet Auto2000 siap melayani konsumen yang ingin servis mobil Toyota (Auto2000)

Mesin ini sudah digunakan Toyota sejak All New Avanza lahir pada 2011 silam atau pada major facelift. Otomatis, ketersediaan suku cadangnya bisa lebih berlimpah dibanding Xpander yang baru beberapa tahun hadir.

New Honda BR-V
Previous post
Test Drive New Honda BR-V, Lebih Mewah dan Elegan
Next post
Beli BMW M2 Performance Edition, Uang DP Seharga Wuling Almaz!