HomeMobilPlus Minus Honda Mobilio, Mobil Keluarga yang Cocok untuk Pemula

Plus Minus Honda Mobilio, Mobil Keluarga yang Cocok untuk Pemula

Mobil Honda Mobilio
New Honda Mobilio RS tipe CVT jadi mobil yang punya fitur keselamatan lengkap (Foto: Carmudi)

Jakarta – Dalam peta persaingan low MPV, nama Honda Mobilio mulai dikesampingkan pasca kemunculan Mitsubishi Xpander. Padahal, Honda Mobilio ini termasuk mobil keluarga yang banyak fitur. Itulah mengapa, Honda Mobilio cocok untuk pengemudi pemula.

Low MPV ini memulai penjualannya di tanah air pada medio 2014. Sambutan masyarakat terhadap mobil Honda Mobilio sebenarnya cukup baik karena menawarkan mesin bertenaga, namun tetap irit bahan bakar.

Dibekali mesin i-VTEC, transmisi CVT hingga desainnya yang cukup segar menjadikannya mampu merebut hati konsumen.

Terlebih, karakter konsumen yang membeli Mobilio kebanyakan di segmen entry level. Sekira 60 persen penjualan Honda Mobilio disumbangkan dari varian menengah ke bawah. Artinya konsumen yang membeli adalah tipe orang yang membutuhkannya untuk transportasi sehari-hari.

Alasan itu membuat PTĀ Honda Prospect Motor (HPM) sangat fokus melakukan update besar-besaran pada Mobilio tipe E ke bawah. Sekarang Honda Mobilio tipe E sudah memiliki lampu proyektor halogen. Tidak ketinggalan desain pelek baru, dan head unit 6,2 inci yang lebih kaya fitur.

Perombakan inilah yang sangat cocok dan sesuai dengan target pasar. Ditambah dengan sederet fitur yang tersedia, Mobilio mampu bersaing di tengah gempuran model-model baru dari kompetitor.

Fitur Keselamatan Lengkap, Mobilio Cocok Sebagai Mobilnya Pengemudi Pemula

Mobil Honda Mobilio
Masalah di New Honda Mobilio belum semua teratasi (Foto: Carmudi)

Keselamatan pengendara selalu menjadi prioritas Honda, maka Mobilio dianggap pantas sebagai mobil untuk pengemudi pemula atau yang baru bisa mengemudi.

Honda Mobilio telah dilengkapi fitur keselamatan Hill Start Assist (HSA). Fitur ini bisa mencegah mobil melorot mundur ketika sedang berkendara dalam posisi jalan menanjak.

Memaksimalkan perlindungan penumpang maupun pengemudi, Honda Mobilio dibekali Dual Front SRS Airbags dan sistem pengeremannya dilengkapi ABS yang berfungsi untuk mengurangi gejala penguncian ban saat pengereman.

Selain itu, ada juga EBD yang membantu distribusi tekanan pengereman secara merata ke setiap roda mobil.

Khusus tipe RS, Honda Mobilio sudah dilengkapi fitur Vehicle Stability Assist (VSA). Fitur ini berfungsi untuk menstabilkan manuver kendaraan meski setirnya berputar mendadak.

Honda Mobilio, Satu-satunya Mobil di Segmen Low MPV dengan Transmisi CVT

Mobil Honda Mobilio
Head Unit baru pada Honda Mobilio RS berukuran 8 inci

Sektor transmisi bisa menjadi nilai positif bagi Honda Mobilio. Pasalnya untuk varian transmisi otomatis di mobil Honda Mobilio memakai CVT. Low MPV lain masih setia dengan transmisi otomatis 4 percepatan biasa.

Bahkan Mobilio tercatat sebagai satu-satunya Low MPV yang menggunakan CVT.

Penggunaan transmisi otomatis jenis CVT membuat perpindahan gigi menjadi sangat halus dan irit bahan bakar.

Berdasarkan hasil pengujian, Honda Mobilio bisa menghasilkan angka konsumsi bahan bakar 22,8 km/liter ketika dibawa di jalanan perkotaan. Sementara itu rekor efisiensi bahan bakar Honda Mobilio mencapai 28 km/liter ketika pengetesan di jalan tol.

Angka tersebut jelas impresif untuk mobil yang masuk ke dalam segmen low MPV ini. Mengemudi dengan gaya berkendara normal, angka 15-20 km/liter pastinya bukan suatu yang mustahil untuk diraih.

Mesin dengan Tenaga Terbesar, Idola Pengemudi Agresif

Mobil Honda Mobilio
Mesin New Honda Mobilio tetap sama seperti dulu

Honda Mobilio tampaknya berusaha jadi mobil yang mengerti semua orang. Mulai dari pengemudi pemula sampai pengemudi dengan gaya agresif terfasilitasi.

Sekalipun kapasitas mesin cuma 1.5 liter, namun tenaga dan torsi yang dihasilkan paling besar dikelasnya. Selain itu, Mobilio juga tidak memakai mesin turbo seperti model Honda lainnya.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 116 hp pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi puncak 145 Nm pada putaran mesin 4.600 rpm.

Kinerja Akselerasi Mulus

Dukungan transmisi otomatis CVT membuat akselerasi Mobilio juga mulus. Tidak ada jeda perpindahan gigi seperti pada transmisi otomatis 4 percepatan biasa.

Akselerasi dan deselerasi akan terasa halus, bahkan tidak terasa ada jeda . Hentakan saat akselerasi juga sangat kecil dan masih sangat nyaman. Sayangnya, kecepatan Mobilio dibatasi pada 145 km/jam.

Untungnya, handling di mobil Mobilio cukup lincah dan presisi. Jadi, mobil ini cukup menarik sebagai kendaraan keluarga di perkotaan yang padat.

Sisi Minus Mobil Honda Mobilio, Sering Jadi Cibiran

Mobil Honda Mobilio
Honda Mobillio dipercaya sebagai armada taksi konvensional. Foto/Carmudi.

Sekalipun punya desain yang keren, tapi Honda Mobilio punya beberapa kekurangan yang sudah jadi rahasia umum di masyarakat. Bahkan karena tidak kunjung diatasi, kelemahan di Mobilio menjadi cibiran.

Kelemahan yang jadi ciri khas di Mobilio yaitu plat bodi yang tipis. Bahkan, pintu bagasi belakang Mobilio seringkali penyok.

Kelemahan lainnya yaitu kabin kurang kedap. Suara bising dari roda ketika melaju di permukaan beton akan terdengar jelas sampai ke kabin.

Terakhir, soal harga yang disebut cukup mahal. Memang untuk kualitas dan fitur yang tersedia di Mobilio tidak selengkap di Suzuki Ertiga. Mobilio ini menang di mesin dan fitur keselamatan tapi sedikit pelit di fitur kenyamanan.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Santo

Baca Juga:

Masalah Klasik di Honda Mobilio, Suka Bikin Risih

 

 

Harga Toyota Fortuner Terbaru
Previous post
Toyota Fortuner Terbaru Dirilis, Harga Tembus Setengah Miliar
Renault Triber
Next post
Renault Triber AT Resmi Meluncur, Dijual Mulai dari Harga Rp179,9 Juta