Berita Mobil Sumber informasi

Rencana Tata Datangkan Magic Iris di Indonesia

Jakarta – Masih ingat dengan Tata Magic Iris? Mobil dengan desain unik yang sempat dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. Saat itu dipamerkan dengan mesin 611 cc dua silinder yang berbahan bakar gas yakni CNG (Compressed Natural Gas).

Tata Magic Iris

Tata Magic Iris dengan mesin 611 cc dua silinder yang berbahan bakar gas yakni CNG (Compressed Natural Gas). Foto/Istimewa.

Ya, rupanya  PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) mempunyai rencana untuk dipasarkan di Indonesia.

Saat ini menurut Biswadev Sengupta, Presiden Direktur TMDI pihaknya masih melakukan pengembangan dan riset. Untuk Indonesia akan menyasar pasar pedesaan atau pinggiran kota.

“Kita masih fokus bermain di pasar pedesaan karena tidak dipungkiri potensinya sangat besar dan menjanjikan. Apalagi karakter geografis Indonesia banyak wilayah pedesaan yang masih membutuhkan sarana transportasi pribadi maupun masal,” ujar Biswadev kepada Carmudi Indonesia (18/1).

Biswadev menambahkan bahwa kendaraaan pedesaan harus menawarkan harga murah, irit, perawatan rendah dan tangguh. Satu hal lagi kendaraan pedesaan tidak perlu desain eksterior yang menarik, itu bukanlah prioritas.

Tentunya hal ini tak lepas dengan dukungan dari sektor finansial yang bisa membantu masyarakat desa untuk bisa membeli mobil ini dengan uang muka rendah dan cicilan ringan.

Peluang Bikin Pabrik

Tata Magic Iris

Tata Magic Iris. Foto/Istimewa.

Bila menengok data dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, jumlah desa di Indonesia lebih dari 83 ribu desa. Bila dalam satu desa membutuhkan lebih 1 kendaraan Magic Iris, kebutuhan untuk mendatangkan produk ini sangat besar dan berpeluang.

“Banyaknya jumlah desa di Indonesia sangat berpeluang bagi kami. Jika dalam satu desa membeli lebih dari 1 Magic Iris tak menutup kemungkinan akan membuka pabrik. Jadi tak perlu lagi impor,” ujar Biswadev.

Tata Magic Iris

Interior Tata Magic Iris. Foto/Istimewa.

Sebagai informasi di negara asalnya (India) Tata Magic Iris  mempunyai du baris tempat duduk, dibekali dengan mesin diesel 1-silinder 611cc non-turbo. Yang mampu menyemburkan tenaga 15 hp dan torsi 31 Nm.

Di India mobil ini banyak digunakan di pedesaan untuk mengangkut barang, hasil bumi dan penumpang. Meski belum menyebutkan berapa harga pasti mobilnya, harga mobil pedesaan buatan Tata sangat murah. (Dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts

/