Home » Mobil » Review Nissan Terra, Jagoan Baru Nissan Lawan Toyota Fortuner

Review Nissan Terra, Jagoan Baru Nissan Lawan Toyota Fortuner

New NIssan Terra
New NIssan Terra siap bersaing dengan Pajero Sport dan Fortuner

Jakarta – Nama Nissan sebenarnya tidak hanya jago dalam membuat mobil penumpang di perkotaan. Merek asal Yokohama, Jepang, ini juga mampu membangun mobil performa tinggi atau juga mobil yang tangguh di segala medan. Setelah sempat vakum beberapa tahun, Nissan kembali memiliki model off-road dengan meluncurkan Nissan Terra.

Peluncuran Terra untuk Indonesia dilakukan di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang ke-26. Terra dibangun di pusat produksi Nissan di Thailand yang dikhususkan untuk pasar Asia Tenggara. Konsep dasarnya, Terra adalah versi SUV dari Nissan Navara, pickup double cabin andalan Nissan.

Terra sebenarnya bisa dibilang terlambat hadir, karena merek lain sudah memperkenalkan SUV andalan mereka beberapa tahun yang lalu. Rival tradisional Nissan sudah menanti dengan produk andalan, seperti Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, hingga Isuzu MU-X.

Nama Nissan Terra berasal dari bahasa Latin berarti ‘Bumi’, yang dibuat dibuat berdasarkan pengalaman Nissan membuat SUV terbaik selama lebih dari 60 tahun, termasuk model-model iconic seperti Nissan Patrol.  Nissan melalui Terra berusaha memenuhi permintaan pasar Asia Tenggara yang tumbuh terhadap SUV berukuran menengah dan mobil baru pada umumnya.

Desain New Nissan Terra tangguh dan praktis, serta dapat diandalkan untuk penggunaan sehari-hari sekaligus saat ingin melakukan petualangan. Mobil ini dirancang cocok untuk Indonesia karena kondisi infrastruktur dengan banyaknya dibuka jalan raya baru yang menghubungkan kota-kota dan daerah, tumbuh permintaan untuk kendaraan tangguh dengan ground clearance tinggi.

Konsep mobil penumpang serba bisa jadi basis untuk pengembangan Terra. Nissan Terra dirancang untuk memaksimalkan pengalaman berkendara yang nyaman untuk semua jenis medan; dari menaklukkan jalan-jalan kota yang padat dengan jalan berlubang dan genangan air. Bisa dibilang, SUV terbaru Nissan ini menggabungkan kenyamanan mengemudi lebih halus di jalan raya dan ketangguhan menghadapi tantangan medan off road.

Nissan Terra
Mesin diesel YD25
Tenaga kuda: 190HP/3600rpm
Torsi: 450Nm/2000rpm
Panjang kendaraan: 4885mm
Lebar kendaraan: 1865mm
Tinggi kendaraan: 1835mm
Ground Clearance: 225mm

Performa Tangguh Nissan Terra di Medan Off-Road

New Nissan Terra menggabungkan performa mesin terbaik di kelasnya dengan kenyamanan, ruang yang lega dan teknologi berkendara terdepan. Kemampuan Terra adalah turunan dari Nissan Patrol dan Terrano yang terkenal tangguh.

Untuk melahap jalanan terjal, Terra didukung fitur Hill Descent Control (Kendali Turun Bukit), Hill Start Assist (Bantuan Mendaki Bukit) dan 4WD More Switch (Tombol 4WD More) yang tersedia di New Nissan Terra yang membantu pengendara menghadapi tantangan di medan apapun.

Mobil ini adalah SUV pertama dengan Intelligent Rear View Mirror, sehingga pengendara dapat melihat tanpa halangan melalui monitor LCD dalam kabin. Terra dirancang ideal untuk kawasan Asia Tenggara karena memiliki ground clearance setinggi 225 milimeter.

Sasisnya sendiri dibangun dengan konsep Laddre Frame yang sangat handal sehingga cocok membawa penumpang maupun barang sekaligus, serta untuk melibas beragam medan jalan. Ground clearance pada SUV buatan Nissan ini juga dirancang sangat ideal setinggi 225 mm yang didukung suspensi Double Wishbone with Stabilizer di bagian depan dan Multi-link (5 link) dengan stabilizer pada suspensi bagian belakang.

Kedua suspensi tersebut dengan dukungan rigid rear-wheel axle untuk memastikan kenyamanan berkendara tetap sejalan dengan ketangguhan dan kekuatannya. Kombinasi ini juga mampu menjaga kelenturan atau meredam getaran saat melewati medan jalan yang ekstrim.

Rangka dan Kaki-Kaki
RangkaRise Body
Suspensi depanWishbone ganda dengan stabilizer depan
Suspensi belakangMulti-Link (5-Link) dengan stabilizer belakang
Velg / Ban– 245/65R17 (Tubeless)
Rem DepanABS, EBD
Rem BelakangABS, EBD

Nissan Terra Pakai Mesin Navara

Mesin Nissan Terra

Konsep awal Terra yang merupakan versi SUV Navara membuat mesin dan platform rangka yang digunakan juga sama. Nissan Terra mengusung mesin diesel 4 silinder dengan kubikasi hingga 2488 cc. Tenaga yang dihasilkan hingga 190 Ps per 3600 rpm dengan torsi 450 Nm per 2000 rpm.

Sistem pembakaran CRDI jelas membuat mobil ini mampu mengkonsumsi bahan bakar secara lebih efektif dan efisien. Torsi besar sejak putaran bawah membuat Terra cukup mudah mendapat momentum saat harus lewat tanjakan.

Desain Mirip Navara

Nissan Terra (Foto: Indianautosblog)

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, Nissan merancang Terra dengan platform dari Navara, bahkan hingga ke aspek desain. Nissan Terra hadir dengan mengusung desain SUV ikonik dengan lekuk bagian muka dan kap depan gagah, mengadopsi gaya macho ala Navara.

Karena hadir sebagai SUV menengah atas, perlu sedikit pernak-pernik agar penampilannya kian mewah seperti flared fender dengan lekukan lembut atau garis bodi yang dibuat cukup tegas melalui bagian handle door chrome yang sangat elegan.

Pada bagian depan, lampu depan dengan bentuk menyipit yang begitu khas dengan Adjustable Headlights berteknologi DRL beserta fog lamp yang begitu kompak untuk menunjang kebutuhan cahaya di malam hari. Kemudian di bagian belakang, dilengkapi stoplamp modern LED yang desainnya mengikuti alur konsep dari sisi sampingnya.

Bodi
P x L x T4,885 x 1,865 x 1,835 mm
Berat2870 kg (MT) / 2900 kg (AT)
Tinggi terhadap tanah225 mm
Jarak Sumbu Roda2,850 mm
Jumlah Pintu5
Jumlah Tempat Duduk7

Interior Mewah dan Lega Ala MPV

Nissan merancang Terra dengan kemampuan SUV tangguh dan kabin yang nyaman ala MPV premium. Kabin yang besar mampu mengangkut tujuh orang penumpang sekaligus. enyamanan penumpang pun juga terjamin berkat beberapa fitur canggih yang disematkan pada bagian dashboard.

Dukungan head unit 2DIN dengan layar sentuh fungsional yang mendukung Radio AM/FM, DVD Player, HDMI, remote control, MP3, dan sistem navigasi serta fitur konektivitas. Lingkar kemudi berbahan material kulit yang mana sudah dilengkapi beberapa tombol multifungsi agar memudahkan pengemudi dalam mengatur sistem entertainment.

Nissan menerapkan teknologi Nissan Intelligent Mobility yang mengandalkan sistem Advance Drive-Assist Display untuk mengetahui keadaan mobil secara keseluruhan saat dikendarai. Dalam teknologi ini terdapat fitur Tire Pressures (tekanan ban), Driving Aids, dan Inclinometer untuk memastikan seberapa ekstrim sudut jalan yang akan dilewati.

Fitur
Fitur– Kursi Kulit
– AC Otomatis Zona Ganda
– Daytime Running Light
– Electric Folding Mirror
– Sport Bar
– Kontrol telepon & audio di kemudi

Karena rancangannya mengutamakan kenyamanan, kursinya mengusung konsep bangku Zero Gravity. Konsep tadi akan memberikan kenyamanan kepada para penumpang dan membantu mengurangi rasa letih. Makin nyaman, dengan adanya sandaran tangan yang bisa dilipat saat tak digunakan, serta tempat untuk menaruh gelas minuman untuk penumpang di baris ke dua.

Tak ketinggalan, kursi baris ketiga dapat dilipat sepenuhnya, untuk mengakomodasi kebutuhan bagasi untuk seluruh keluarga.

Selanjutnya On-Board Entertainment System, di mana terdapat input HDMI, DVD player, remot kendali, serta monitor 11 inci yang bisa dilipat. Suhu kabin juga tetap sejuk tapi tidak mengigil karena didukung AC dengan Dual Zone Automatic Temperature yang bisa diatur sedemikian rupa.

Harga Nissan Terra

2.5L M/T (4X2)                  Rp 464.000.000

2.5L E A/T (4X2)                 Rp 490.000.000

2.5L VL A/T (4X2)              Rp 515.000.000

2.5L VL A/T (4X4)              Rp 661.000.000

Lihat di sini untuk harga Nissan Terra. Untuk lihat promo yang ditawarkan, silahkan klik link ini Promo Nissan Terra.

 

Previous post
Komunitas Pengguna Xpander Sebut Toyota Avanza Baru di Luar Ekspektasi
peluncuran wuling suv
Next post
Habis Toyota Avanza Terbitlah Wuling Almaz, Diperkenalkan 23 Januari