Home » Berita » Segera Meluncur, Harga NJKB Kia Seltos Diesel Sudah Terungkap

Segera Meluncur, Harga NJKB Kia Seltos Diesel Sudah Terungkap

Kia Seltos untuk Indonesia Impor dari India (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Kia di Indonesia membuka awal 2020 dengan meluncurkan Seltos. Kemunculan sport utility vehicle (SUV) ini sebagai penanda bahwa Kia masih eksis dan menyangkal gosip hengkang dari Indonesia yang sempat menyeruak beberapa waktu lalu. Di bawah manajemen baru, Kia berencana menambah jaringan penjualan dan purnajual serta mendatangkan lebih banyak lagi mobil baru untuk konsumen.

Belum diketahui pasti mobil baru apa saja yang akan dibawa masuk oleh KIA setelah Seltos. Akan tetapi berdasarkan data yang tercantum di situs resmi Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta tertera bahwa KIA sudah mendaftarkan Kia Seltos dengan mesin diesel. Sebelumnya Seltos yang meluncur pada pertengahan Januari 2020 di Jakarta mengusung mesin bensin berkapasitas 1,4 liter.

Masih dari data yang sama, terungkap pula kapasitas mesin diesel yang diusung, yaitu 1.5 liter. Sedangkan transmisinya otomatis. Tak kalah menarik, Kia juga telah menyertakan harga Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) yakini sebesar Rp242 juta. Harga tersebut belum final atau bisa juga disebut off the road. Ada beberapa jenis pajak lagi yang harus ditambahkan dalam menentukan harga jual ke konsumen.

KIA daftarkan Kia Seltos Diesel (Foto: BPRD) DKI Jakarta

Di India, sebagai tempat kelahiran Kia Seltos, terdapat beberapa varian dengan pilihan mesin disel 1.5 liter. Sebagaimana diberitakan Autocar India, Kia Seltos diesel dibekali mesin common rail turbocharged diesel 1.5 liter yang mampu mengeluarkan tenaga 115 hp dan torsi 250 Nm. Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi manual atau otomatis, keduanya 6 percepatan.

Alasan KIA Hanya Bawa Kia Seltos Bensin

Sebenarnya Kia Seltos dilahirkan dengan beragam pilihan mesin baik bensin maupun diesel. Kapasitas mesinnya pun beragam mulai dari 1.4 liter, 1.5 liter, 1.6 liter dan 2.0 liter. Untuk pasar Indonesia sendiri baru tersedia Seltos dengan mesin bensin berkapasitas 1.4 liter. Bila benar Seltos bermesin diesel masuk, maka bisa menambah pilihan bagi konsumen.

KIA sengaja memilih Seltos 1,4 liter di Indonesia sebagai upaya menghindari pajak tinggi. Bila kapasitas mesin semakin tinggi maka pajak yang harus dibayar pun lebih mahal.

Mesin 1,4 liter Kia Seltos (Foto: Sano/Carmudi)

“Kalau kami pilih 1,5 liter ke atas pasti harga jual mobil kami akan mahal. Jadi mau enggak mau kami mesti masuk di segmen yang dekat dengan mesin 1,5 liter, di situ pilihannya cuma 1,4 liter turbo,” pungkas Harry.

Seperti diketahui, Kia Seltos yang dipasarkan di Indonesia punya tiga varian. Harganya Rp295 juta untuk varian E, Rp320 juta untuk varian EX, dan Rp355 juta untuk varian tertinggi EX+ (OTR Jakarta).

Ada enam pilihan warna menarik yang ditawarkan, yaitu Glacier White Pearl, Aurora Black Pearl, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver dan Punchy Orange.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

KIA Seltos dan Honda HR-V, Mana yang Lebih Nyaman Dikendarai?

 

Previous post
Hindari Tilang e-TLE, Polisi Buru Pemotor dengan Identifikasi Wajah
Next post
Pernah Berjaya, Peugeot Ingin Bangkit Kembali di Bawah Astra