Reviews

Spesifikasi dan Harga Mitsubishi Pajero Sport 2021, Makin Tangguh dengan Pembaruan

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah resmi meluncurkan New Pajero Sport di Indonesia pada awal 2021 lalu. Mobil ini mendapatkan beberapa pembaruan dari model sebelumnya. Mungkin Carmudian ada yang penasaran, berapa harga Pajero Sport terbaru 2021?

Jika melihat mobil yang masuk ke segmen SUV (Sport Utility Vehicle) ini secara seksama, memang terlihat ada beberapa perubahan pada bagian eksterior, interior, serta fiturnya. Sedangkan untuk mesinnya sendiri, tidak mengalami pembaruan.

tampilan mitsubishi new pajero sport

Tampilan Mitsubishi New Pajero Sport. (Foto: MMKSI)

Di Indonesia, Mitsubishi Pajero Sport terbaru ditawarkan dalam tiga tipe, yakni tipe GLX, Exceed, dan Dakar. Masing-masing tipe tersebut memiliki sedikit perbedaan spesifikasi yang membuat harga jual dari masing-masing tipe ini pun berbeda.

Sebagai informasi, pihak Mitsubishi sengaja mengelompokkan mobil besutannya ini ke dalam beberapa tipe untuk memberikan pilihan lebih banyak kepada para konsumen.

Selain itu, mereka juga dapat memilih tipe dan varian yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Berikut ini adalah spesifikasi lengkap beserta harga Pajero Sport Terbaru 2021 yang sudah Carmudi rangkum.

Review Spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport Terbaru

Mesin

new pajero sport masih menggunakan mesin lama

Mesin New Pajero Sport. (Foto: MMKSI)

Seperti diketahui sebelumnya, Mitsubishi Pajero Sport terbaru masih dibenamkan mesin yang sama dengan model sebelumnya.

Untuk tipe Dakar, menggendong mesin tipe 4N15 berkapasitas 2.442 cc, 4 silinder, turbocharged yang dapat mengeluarkan tenaga hingga 178 hp pada putaran 3.500 rpm dan torsi puncak 430 Nm pada 2.500 rpm.

Selain itu, Pajero Sport terbaru tipe Exceed dan GLX dilengkapi tipe mesin 4D56 dengan kapasitas 2.477 cc, 4 silinder, turbocharged yang mengeluarkan tenaga sebesar 134 hp pada putaran 4.000 rpm serta torsi maksimal 324 Nm pada 2.000 rpm.

Tenaga mesin mobil ini nantinya disalurkan melalui transmisi otomatis 8 percepatan untuk tipe Dakar, sedangkan untuk Exceed, melalui transmisi manual dan otomatis 5 percepatan.

Khusus tipe GLX, hanya tersedia dalam satu pilihan transmisi, yakni manual lima percepatan.

Di sisi lain, untuk konsumsi bahan bakar Pajero Sport terbaru, terbilang irit. Ini menjadi salah satu alasan Mitsubishi Pajero Sport terbaru banyak diminati konsumen di Tanah Air.

Reviewer Carmudi Fransiscus Rosano mengatakan konsumsi bahan bakar New Pajero Sport saat digunakan harian dengan rute kombinasi 11 km per liter.

Angka tersebut didapatkan setelah melalui pengetesan sejauh 430 km dengan kecepatan rata-rata 23—30 km per jam.

Untuk gaya berkendara Eco Driving, konsumsi bahan bakarnya sebesar 21 km per liter. Perlu diketahui, angka konsumsi bahan bakar didapatkan setelah dilakukan pengetesan sejauh 20 km dengan kecepatan maksimal 100 km per jam.

Dengan demikian, konsumsi bahan bakar Mitsubishi Pajero Sport memang irit, mengingat mobil ini mempunyai bobot hingga 2,6 sampai 2,7 ton. Tak ketinggalan, kapasitas tangki bahan bakar mobil ini untuk semua tipe sebesar 68 liter.

Spesifikasi Mesin Mitsubishi New Pajero Sport
Jenis mesin4 silinder sejajar
Kapasitas2.442 cc (tipe Dakar) dan 2.477 cc (tipe Exceed dan GLX)
Teknologi mesinMIVEC, Turbocharged turbochage (tipe Dakar) dan MIVEC, Commonrail turbochage (tipe Exceed dan GLX)
Tenaga maksimum178 hp @ 3.500 rpm (tipe Dakar)

134 hp @ 4.000 rpm (tipe Exceed dan GLX)

Torsi maksimum430 Nm @ 2.500 rpm (tipe Dakar)

324 Nm @ 2.000 rpm (tipe Exceed dan GLX)

TransmisiOtomatis 8 percepatan (tipe Dakar), manual dan otomatis 5 percepatan (tipe Exceed), manual 5 percepatan (tipe GLX)
Konsumsi BBM11 km/liter (rute kmobinasi) dan 21 km/liter (eco driving)

Eksterior

Eksterior Mitsubishi Pajero Sport terbaru mendapatkan pembaruan dan terlihat adanya perbedaan di beberapa bagian jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Dari segi dimensi, Pajero Sport terbaru memiliki ukuran yang sama untuk semua tipe dengan panjang 4.825 mm, lebar 1.815 mm, tinggi 1.835 mm, serta ground clearance (jarak terendah ke tanah) 218 mm.

Semua tipe mobil ini sama-sama mengadopsi desain ‘Dynamic Shield’ sehingga tampilan eksteriornya secara keseluruhan terlihat percaya diri dan tangguh.

Terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara tipe Dakar, Exceed, dan GLX dimana pada bagian pencahayaan, Exceed dan GLX masih menggunakan DRL (Day Running Light), fog lamp (lampu kabut), serta lampu depan dengan halogen.

Untuk tipe Dakar, sudah mengandalkan LED, termasuk pada cornering lamp-nya. Lampu tersebut berfungsi untuk menambah visibilitas bagi pengemudi saat berbelok.

Beralih ke bagian samping, disematkan pelek single tone dengan ukuran dimensi 16 dan 18 inci untuk tipe Exceed dan GLX, sedangkan untuk tipe Dakar menggunakan pelek two tone dengan ukuran 18 inci. Pelek-pelek pada Pajero Sport terbaru ini menambah kesan tangguh pada mobil tersebut.

new pajero sport tampak belakang-samping

Tampilan belakang New Pajero Sport. (Foto: MMKSI)

Pada bagian belakang, disematkan fitur canggih berupa sensor power tailgate with kick sensor. Fitur ini dapat memberikan kemudahan bagi pengguna saat ingin menaruh barang di bagasi belakang.

Pengguna bisa membuka pintu belakang mobilnya hanya dengan menaruh kaki di bawah bemper. Namun sayangnya, fitur tersebut hanya tersedia di tipe Dakar Ultimate.

Tak hanya itu, disematkan pula fitur Mitsubishi Remote Control yang memberikan kemudahan bagi pengemudi untuk membuka pintu mobil melalui smartphone-nya. Fitur ini ada di semua tipe Dakar.

Secara keseluruhan, Mitsubishi Pajero Sport terbaru mendapatkan pembaruan yang kini terlihat lebih tangguh dan modern dengan disematkan beberapa fitur canggih di bagian eksteriornya.

Interior

tampilan dasbor dan konsol tengah pajero sport

Tampilan interior Mitsubishi New Pajero Sport. (Foto: MMKSI)

Interior Mitsubishi Pajero Sport terbaru tidak kalah mewah dibandingkan dengan eksteriornya. Desain dasbor pada tipe Dakar masih sama dengan model sebelumnya dimana adanya kombinasi warna yang membuat dasbornya terkesan elegan. Ditambah, Pajero Sport terbaru sudah menggunakan bahan berkualitas.

Pada bagian pengemudi, terdapat setir kemudi yang diklaim sangat nyaman saat digenggam. Setir kemudi Pajero Sport terbaru tipe Dakar dapat diatur secara tilt (atas-bawah) dan telescopic (maju-mundur).

Tak hanya itu, setir kemudi ini juga mempunyai ukuran yang pas dan sudah disematkan berbagai tombol berguna, mulai dari tombol untuk mengatur audio, adaptive cruise control, serta MID (Multi Information Display).

Tak ketinggalan, mobil ini juga memiliki paddle shift, serta panaromic sunroof yang bisa dibuka secara elektris. Dengan adanya fitur tersebut, pengemudi dan para penumpang tidak merasa bosan selama perjalanan karena dapat melihat pemandangan di atas.

Fitur

Terdapat beberapa fitur tambahan untuk memberikan kenyamanan secara lebih bagi pengemudi dan penumpang mobil ini.

Khusus tipe Dakar, di bangku baris keduanya disematkan AC power outlet, 8 inch color LCD Meter, dan Electric Parking Brake & Brake Auto Hold.

Head unit Pajero Sport terbaru tidak mengalami pembaruan. Mobil tersebut masih menggunakan head unit 2DIN pada tipe GLX dan touch screen (layar sentuh) seluas 7 inci untuk tipe Exceed, sedangkan tipe Dakar disematkan layar sentuh 8 inci.

Tak ketinggalan, Pajero Sport terbaru telah disematkan fitur-fitur canggih lainnya, seperti Electronic Parking Brake & Brake Auto Hold, serta power outlet di konsol baris kedua.

Menariknya, mobil tersebut sudah disematkan fitur Power Tailgate with Kick Sensor pada tipe Dakar Ultimate 4×4 AT dan Dakar Ultimate 4×2 AT.

Tak hanya itu, disematkan juga Mitsubishi Remote Control. Pengguna Pajero Sport terbaru cukup meng-install aplikasi Mitsubishi Motors sehingga bisa membuka dan menutup pintu mobilnya melalui smartphone miliknya.

Selain itu, juga bisa menggunakan fitur Vehicle Reminder, Operation Assist, Vehicle Information, dan Car Finder lewat aplikasi tersebut.

Namun, aplikasi ini hanya berguna di semua tipe Dakar. Di sisi lain, terdapat Multi Around View Monitor dengan 4 unit kamera yang disematkan di bagian depan, kiri, kanan, serta belakang.

Fitur ini berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi pengemudi serta meminimalisir blind spot atau titik buta, khususnya saat parkir di tempat yang gelap dan sempit agar mobil tidak menabrak apapun di sekitarnya.

Ada pula fitur Forward Collision Mitigation System, Ultrasonic Misacceleration Mitigation System, rem ABS, EBD, Brake Assist, serta airbag 7 buah sebagai fitur keselamatan standar.

Struktur sasis Pajero Sport terbaru telah menggunakan Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) Body dan Rigid Lightweight Body yang menjamin keamanan pengguna mobil ini selama perjalanan.

Harga Mitsubishi Pajero Sport Terbaru 2021

harga new pajero sport 2021

Harga New Pajero Sport 2021. (Foto: Istimewa)

Berikut ini adalah harga Pajero Sport terbaru di bulan Agustus 2021 OTR Jabodetabek bersumber dari situs web resmi Mitsubishi Indonesia.

  • Sport Exceed 4×2 MT Rp507,8 juta
  • Sport Exceed 4×2 AT Rp522,8 juta
  • Sport GLX 4×4 MT Rp572,8 juta
  • Sport Dakar 4×2 AT Rp580,7 juta
  • Sport Ultimate 4×2 AT Rp629,7 juta
  • Sport Dakar Ultimate 4×4 AT Rp738,7 juta

Baca Juga:

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts