Berita Sepeda motor Sumber informasi

Spesifikasi Kawasaki KLX 150BF SE yang Dipakai Jokowi di Papua

Jakarta – Motor trail merupakan kendaraan 2 alam yang sudah pasti dibekali dengan mensin yang mumpuni. Wajar bila Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan Kawasaki KLX 150BF SE dalam kunjungan dinasnya di Wamena, Papua belum lama ini.

Jokowi tak hanya sendiri, beliau ditemani para para rombongan pejabat daerah dan petinggi TNI. Semua motor trail yang digunakan tersebut terlihat dalam kondisi standar dan yang membedakan adalah penggunaan pelat nomor RI 1 di motor Jokowi.

Kawasaki KLX warna hitam ini digunakan untuk meninjau pembangunan jalan Trans Papua di Wamena. Ya, kondisi geografis di sana memang masih alami, meskipun kawasan yang telah dibuka telah mengalami pengerasan tanah tetap saja dibutuhkan kendaraan tangguh.

Kawasaki KLX

Kawasaki KLX 150BF SE yang Dipakai Jokowi di Papua. Foto/Istimewa.

Tak aman bila saat menjelajah tak menggunakan perlengkapan yang aman. Dalam kesempatan ini RI 1 menggunakan jaket serta helm half face yang diatasnya tertempel action-cam. Selain itu Jokowi juga menggunSebagai perangkat pelindung, ia juga pakai sarung tangan half-finger dan protektor lutut.

Seperti dikutip dalam siaran pers Setkab RI disebutkan kalau lokasi proyek tersebut sangat berat. Pembukaan lahan dikerjakan oleh TNI yang telah menguasai medan, hal ini terkait masalah keamanan. Sementara pembangunan jalan dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bekerjasama dengan TNI.

Presiden beserta rombongan bermotor menempuh jarak 7 kilometer dengan ketinggian 3.300 Mdpl. Jalan yang dilalui sebagian sudah diaspal dan sisanya masih tanah dipadatkan dengan dilapisi batu kapur yang padat.

Kawasaki KLX

Jokowi bersama rombongan mengendarai Kawasaki KLX. Foto/Istimewa.

Jokowi mengatakan yang terpenting jalannya diuka dulu dan untuk finisingnya nanti akan mengikuti. “Aspalnya mengikuti, yang paling penting dibuka dahulu. Kalau tidak punya keberanian seperti itu, proyek ini tak akan selesai,” tegas Jokowi. Rencanannya Presiden Jokowi menargetkan infrastruktur jalan tersebut dibuka pada 2018.

Seperti diketahui kondisi medan di pegunungan Trikora tersebut memang terbilang ekstrim, meskipun kondisi standar pabrik, KLX ini telah dilengkapi shock depan up side down. Sementara tenaganya dibenamkan mesin yang mampu menyemburkan tenaga 12 ps di putaran 8.000 rpm dan torsi 11,3 Nm pada 6.500 rpm.

Mengenal Lebih Dekat Kawasaki KLX 150BF SE

Melihat dimensi Kawasaki KLX 150BF SE generasi terbaru ini memang terlihat lebih panjang di bandingkan dengan generasi sebelumnya. Tampilan warna hijau yang di padu dengan warna hitam membuat kawasaki KLX 150BF SE semakin terlihat jiwa of-road sekali.

Kawasaki KLX 150BF SE telah mendapatkan beberapa tambahan seperti Hand Guard, Engine Guard. Pada bagian kaki kaki juga mendaptkan sentuhan yang membuat motor trail ini semakin sangar dengan pelek dan body berwarna hitam.

Menggunakan mesin 4 Langkah, Air-Cooled, SOHC 2 VALVE membuat motor ini mampu menghasilkan performa sangat tangguh. Apalgi motor ini di khususkan untuk medan yang sulit seperti bebatuan dan tanahan.

Berbicara harga Kawasaki KLX 150BF SE ini dibanderol tidak terlalu mahal dan hanya selisih beberapa juta saja dengan versi sebelumnya yaitu yang hampir mencapai Rp30 jutaan. Bagaimana apakah Carmudian tertarik? (Dol)

Spesifikasi Kawasaki KLX 150BF SE  
Mesin
  • Tipe : Air-cooled, 4-Sroke Singlem, SOHC 2 Valve
  • Maksimum Power : 8.6 kW/8000 rpm
  • Torsi Maksimum : 11.3 Nm/6500 rpm
  • Karburator : NCV24
  • Diameter x Langkah : 58,0 x 54,4 mm
  • Volume Silinder :  114 cc, 1 silinder
  • Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1
  • Sistem Pengapian : DC-CDI
  • Jumlah Transmisi : 5 speed, return
Dimensi
  • Panjang x Lebar x Tinggi : 2,070 x 825 x 1,155 mm
  • Jarak Poros Roda : 1.340 mm
  • Jarak ke Tanah : 295 mm
  • Berat : 118 kg
  • Kapasitas Bensin : 7,6 liter
Rangka
  • Suspensi Depan : 35 mm inverted fork
  • Suspensi Belakang : Uni-Track, with 5-way adjustable preload
  • Rem Depan : Single 240 mm petal disc Twin-piston
  • Rem Belakang :Single 190 mm petal disc Single-piston
  • Ban Depan : 2.75-21 45P
  • Ban Belakang : 4.10-18 59P

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts