Home » Berita » Suzuki Berencana Meluncurkan Beberapa Mobil Baru, Ada Jimny Lima Pintu

Suzuki Berencana Meluncurkan Beberapa Mobil Baru, Ada Jimny Lima Pintu

Maruti Suzuki berencana untuk memproduksi Jimny lima pintu
Maruti Suzuki berencana untuk memproduksi Jimny lima pintu (Foto: Carscoops)

Mumbai – Menghadapi persaingan bisnis otomotif yang semakin ketat, Maruti Suzuki sebagai salah satu anak perusahaan dari Suzuki Motor Corp yang bertempat di India berencana mendatangkan mobil baru. Diperkirakan lebih dari empat mobil baru yang akan diluncurkan dalam kurun dua tahun ke depan.

Diberitakan Gaadiwaadi, rencana peluncuran mobil baru Suzuki didapat dari Emkay Global Finance Service. Adapun mobil baru tersebut mulai dari Suzuki Jimny lima pintu, Wagon R tujuh penumpang, hatchback elektrik, hingga SUV berukuran sedang.

Berdasarkan laporan terbaru, Maruti Suzuki telah mengimpor kit CKD Jimny ke India. Saat ini sudah dalam proses pengiriman dan tinggal menunggu izin dari bea cukai. Pabrikan otomotif terbesar di India ini berencana memproduksi 4.000 hingga 5.000 unit Jimny yang disediakan untuk pasar domestik maupun ekspor.

Dari rumor yang beredar, Maruti Suzuki diyakini bakal meluncurkan Jimny versi lima pintu khusus India dengan konfigurasi penggerak empat roda pada awal tahun depan. Nantinya Jimny versi lima pintu dibekali mesin bensin 1.5 liter.

Kemudian Wagon R dengan tiga baris bangku atau tujuh penumpang juga akan diluncurkan. Nantinya mobil perkotaan ini datang dengan julukan XL5. SUV ukuran menengah dengan panjangnya lebih dari empat meter juga masuk dalam daftar mobil baru Suzuki. Diperkirakan mobil ini akan bersaing melawat Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. SUV ukuran menengah ini diperkirakan meluncur pada 2022.

Sebuah hatchback elektrik dan hatchback 800 cc entry-level sebagai pengganti Alto juga tengah dipersiapkan. Model lain yang akan segera diluncurkan oleh Suzuki dalam waktu dekat yaitu S-Cross versi bensin. Model Wagon R listrik mungkin juga akan mengaspal tahun depan.

Selain itu, Suzuki tengah mempersiapkan mesin diesel baru berkapasitas 1,5 liter yang sesuai dengan Bharat Stage (BS)-VI atau setara Euro6. Mesin baru ini akan dipasangkan ke Suzuki Ciaz, S-Cross, Ertiga, XL6, dan Vitara Brezza.

MPV Baru Pakai Platform Toyota

Tak berhenti sampai disitu, Suzuki saat ini tengah mempersiapkan MPV baru dengan dimensi lebih besar dari Ertiga. MPV baru Suzuki akan berada di antara Ertiga dan Toyota Innova Crysta. Suzuki akan membangun MPV baru menggunakan platform Toyota B560. Diperkirakan mobil baru ini diluncurkan pada 2023.

Ilustrasi gambar MPV Suzuki (Foto: Rushlane)

Sejauh ini belum diketahui pasti desain, bentuk serta spesifikasi dari MPV baru Suzuki. Tetapi banyak sumber menyatakan bahwa MPV baru dari Suzuki akan mengadopsi pintu geser. Di era modern sekarang ini, pintu geser biasanya dikaitkan dengan minivan berukuran lebih besar seperti Kia Sedona.

Suzuki bukanlah pemain baru dalam menciptakan kendaraan penumpang dengan pintu geser. Sebelumnya Suzuki pernah membangun Eeco, Omni, dan Versa, ketiganya menggunakan pintu geser.

Kemungkinan besar MPV terbaru akan datang menggunakan mesin Toyota baru dengan tenaga yang sesuai kebutuhan konsumen.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Rayakan Kemenangan Juventus, Cristiano Ronaldo Beli Bugatti Centodieci

Previous post
Tiga Hari Pameran Mobil Online, Toyota Rush Paling Banyak Dipesan
Next post
Kurang Terkenal, Bagaimana Harga Yamaha Freego Bekas?