Home » Berita » Suzuki Ertiga dan XL7 Berjalan Berdampingan Kendati Satu Platform

Suzuki Ertiga dan XL7 Berjalan Berdampingan Kendati Satu Platform

Suzuki XL7 resmi meluncur di Indonesia. Foto: Carmudi/Dimas)

Jakarta – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meramaikan sekaligus memberikan tambahan pilihan kepada konsumen dengan meluncurkan produk terbarunya XL7 pada Februari lalu. Sport Utility Vehicle (SUV) satu ini dibangun menggunakan platform yang sama persis dengan low MPV Suzuki Ertiga.

Kendati demikian, Suzuki Indonesia sampai saat ini meyakini antara Ertiga dan XL7 tidak akan ‘saling makan’. Sebab dari segi konsep saja keduanya berbeda, selain itu karakter konsumen yang dituju juga berbeda.

“Sepanjang kita coba cek data internal kita memang ada perbedaan karakter konsumen, baik itu secara demografi, sosiografis, dan behavior antara Suzuki XL7 dan Ertiga. Jadi tidak ada tren kanibalisme sampai sekarang antara XL7 dan Ertiga,” ungkap Head of Brand Development and Marketing Research 4W PT SIS, Harold Donnel baru-baru ini saat konferensi pers virtual bersama rekan-rekan media.

Dirinya kembali menegaskan bila keduanya sekarang ini masih berjalan bersama, “secara berdampingan dan secara akur,” sambungnya.

Mesin Suzuki XL7 dan Ertiga Sama

Tak cuma satu platform, Suzuki Ertiga dan XL7 memiliki sejumlah persamaan yang mudah sekali ditemukan. Sebut saja satu di antaranya adalah mesin. Suzuki XL7 mengendong mesin yang sama seperti di Ertiga yaitu K15B. Hanya saja ada setup yang berbeda. Setup ini mendukung performa selayaknya sebuah low SUV yang mampu optimal di onroad (jalanan aspal) dan offroad.

“Mesin K15B ada perubahan setup, output kurang lebih sama tapi driving feel beda,” ungkap Dony Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, di sela acara peluncuran Suzuki XL7 beberapa waktu lalu.

Suzuki XL7 dibekali mesin K15B berkapasitas 1.462 cc yang dapat menghasilkan daya sebesar 102 hp pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal 138 Nm pada putaran 4.400 rpm. SUV terbaru Suzuki ini memiliki panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm, tinggi 1.710 mm, dan jarak sumbu roda 2.740 mm.

Suzuki XL7 hadir dengan fitur-fitur canggih seperti smart e-mirror, keyless push start stop button, AC digital auto climate dengan heater, serta power outlet hingga baris ketiga. Selain itu, untuk menambah faktor keamanan, Suzuki XL7 dilengkapi fitur ABS & ABD, dual SRS airbag, ISOFIX, Hill Hold Control (HHC), Electronic Stability Programme (ESP), sensor parkir, kamera belakang, serta kunci immobilizer.

Perbandingan tampilan Suzuki Ertiga Suzuki Sport atas) dan Suzuki XL7 bawah). Foto: Carmudi/Dimas)

Sebagai gambaran sekaligus perbandingan, berikut ini daftar harga lengkap Suzuki XL7 dan Ertiga pada Juni 2020 (OTR Jakarta):

Suzuki XL7

  • XL7 ZETA M/T Rp230 juta
  • XL7 ZETA A/T Rp240,5 juta
  • XL7 BETA M/T Rp246,5 juta
  • XL7 BETA A/T Rp257 juta
  • XL7 ALPHA M/T Rp256,5 juta
  • XL7 ALPHA A/T Rp267 juta.

Suzuki Ertiga

  • Ertiga GA – MT Rp205 juta
  • Ertiga GL – MT Rp224,5 juta
  • Ertiga GL – AT Rp235 juta
  • Ertiga GX – MT Rp238,5 juta
  • Ertiga GX – AT Rp249 juta
  • Ertiga Sport MT Rp250 juta
  • Ertiga Sport AT Rp260,5 juta.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Hyundai Mulai Uji Coba Model Low MPV Pesaing Ertiga, Avanza, dan Xpander

Bridgestone luncurkan ban baru untuk mobil sport
Previous post
Toko Model Bridgestone di Jakarta Akan Kembali Buka Sambut New Normal
Next post
Usai Indonesia, Kini Giliran Filipina yang Kedatangan New Toyota Agya