Berita

Hyundai Mulai Uji Coba Model Low MPV Pesaing Ertiga, Avanza,dan Xpander

low MPV Hyundai

Konsep low MPV Hyundai (Foto: Indanautosblog)

Seoul – Diam-diam Hyundai tengah membangun mobil baru. Menurut rumor yang beredar, mobil baru tersebut akan bermain di segmen Low Multiple Purpose Vehicle (LMPV). Itu artinya, jika masuk pasar Indonesia Hyundai secara langsung menantang para pemain yang sebelumnya sudah lebih dulu beredar seperti Suzuki Ertiga, Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, dan lainnya.

Saat ini mobil dengan kapasitas penumpang hingga 7 orang itu sedang dikembangkan dan tengah menjalani uji coba di Korea Selatan. Dari foto hasil jepretan fotografer mata-mata menunjukkan bahwa Low MPV dari Hyundai tampaknya memiliki tubuh lebar dan panjang layaknya MPV pada umumnya. Diperkirakan bagian depan mobil ini akan mengusung desain khas Hyundai yaitu Cascading Grille dan desain Composite Light.

Kemudian cover kaca spion tampak melengkung dan ramping mirip seperti Hyundai i20. MPV Hyundai juga akan dibekali dengan lampu belakang vertikal menggunakan LED, dan logo merek mobil tepat di tengah. Sementara bagian atap mobil terpasang roof rail dan antena sirip hiu. Demikian seperti dilansir dari Indianautosblog, Kamis (11/6/2020).

Belum diketahui pasti negara mana saja yang akan mendapat jatah untuk memasarkan MPV terbaru Hyundai. Menurut rumor yang beredar, saat ini satu-satunya pasar yang dikonfirmasi oleh perusahaan adalah Indonesia. Di mana mobil-mobil di segmen LMPV sangat digemari di negara tersebut. Dengan fokus baru pada negara-negara Asia Tenggara, pembuat mobil asal Korea Selatan akan memulai babak baru dengan meluncurkan model-model baru yang dibuat di Indonesia, termasuk MPV ini.

Mobil Pertama yang Diproduksi di Indonesia

Hyundai berencana memproduksi mobil baru itu secara lokal di Indonesia. Kemungkinan Low MPV menjadi mobil pertama yang akan diproduksi di pabrik baru Hyundai di wilayah Jawa Barat.

Low MPV dari Hyundai akan diperkenalkan setidaknya setahun lagi seiring dengan selesainya pembangunan pabrik. Kemungkinan mobil sudah masuk jalur produksi pada paruh kedua 2021.

Low MPV Hyundai sedang uji coba

Low MPV Hyundai sedang uji coba (Foto: Indianautosblog)

Pabrik Hyundai di Indonesia akan menjadi basis produksi untuk pasar ASEAN. Pabrik baru Hyundai diklaim mampu memproduksi mobil hingga 150.000 unit per tahun, nantinya akan ditingkatkan menjadi 250.000 unit kendaraan setiap tahun.

“Akan butuh beberapa tahun, mungkin 1, 2, atau 3 tahun baru mulai produksi di sana. Kita juga akan mengembangkan produk baru untuk pasar Indonesia, tapi itu masih rahasia,” ungkap Sung Jong Ha, di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, pada Januari lalu.

Selain Low MPV, Hyundai diketahui tengah mengembangkan dua model lagi di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) dan sedan. Sampai saat ini belum diketahui pasti apakah kedua model tersebut juga diproduksi secara lokal di Indonesia.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Alasan Suzuki Indonesia Tak Mau Lagi Jual Mobil Mesin Diesel

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts