Home » Berita » Suzuki Pastikan Belum Ada Aduan Hoaks Promo Perawatan Mobil Gratis

Suzuki Pastikan Belum Ada Aduan Hoaks Promo Perawatan Mobil Gratis

Suzuki Indonesia diserang hoaks promo. (Foto: Suzuki)

Jakarta – Pertengahan Juni lalu Suzuki dikejutkan dengan beredarnya kabar tidak benar atau hoaks lewat pesan berantai berisi promo perawatan mobil gratis bagi pelanggan. Di dalam pesan disebutkan bahwa promo tersebut dalam rangka menjalankan program Suzuki Peduli Covid. Tak lama setelah pesan tersebut menyebar, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) langsung memberikan klarifikasi bahwa itu bukan datang dari pihaknya.

Beruntung kabar hoaks tersebut tidak langsung dimakan mentah-mentah oleh para pemilik kendaraan Suzuki. Sampai saat ini belum ada laporan yang menyatakan adanya korban dari pesan berantai yang tidak jelas siapa pembuatnya itu.

“Sampai hari ini kami belum ada laporan secara resmi yang masuk. Kalau pun ada pelanggan yang datang ke diler untuk menanyakan terkait isi pesan tersebut, kami akan langsung beritahu bahwa kabar tersebut tidak resmi dari Suzuki,” ungkap Riecky Patrayudha, 4W, 2W, Marine Service Director PT SIS, dalam diskusi virtual Ngovid Forwot bersama Suzuki, Rabu (8/7/2020) kemarin.

Sebagai langkah pencegahan agar pesan tersebut tidak beredar luas, pihak Suzuki langsung menyurati Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Isinya meminta agar laman situs web penyebar kabar hoaks ditutup.

“Aduan kami disambut baik juga oleh Kominfo. Mereka membalas surat kami melalui email dan mengonfirmasi bila mereka sudah memblokir website tersebut. Kami mengapresiasi penuh kinerja Kominfo, karena laporan kami ditindaklanjuti sangat cepat. Prosesnya enggak sampai 24 jam website-nya sudah di-take down,” terang Riecky.

Riecky menambahkan, kejadian yang baru saja menimpa Suzuki bisa saja dialami juga oleh pabrikan mobil lain. Oleh karena itu, dirinya mengingatkan untuk selalu waspada. Sebab, bila lengah, kerugian bukan cuma dialami perusahaan tapi pelanggan juga.

“Ya, harapan kami tidak ada lagi kasus serupa. Kejadian ini bisa saja menimpa pabrikan otomotif lain, ya mungkin belum terdeteksi sekarang,” tutup Riecky.

Program Suzuki Indonesia Tercantum di Website Resmi

Isi dari pesan hoaks berantai tersebut menawarkan perawatan mobil secara gratis seperti ganti oli, tune up, sparepart, balancing, spooring, checkup 32 part, gratis masker, dan hand sanitizer. Sebelum mendapatkan itu semua, pelanggan terlebih dahulu harus mengisi data-data penting dan pribadi berupa nama, alamat, nomor telepon, e-mail, dan sebagainya.

PT SIS menginformasikan bahwa semua program Suzuki Indonesia yang resmi akan tercantum pada situs web Suzuki Indonesia (www.suzuki.co.id) serta media sosial Suzuki Indonesia (Facebook, Twitter, dan Instagram).

Selain itu, Suzuki juga menyediakan layanan bebas pulsa 24 jam di Halo Suzuki.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Toyota Punya SUV Baru Pesaing Honda HR-V, Corolla Cross?

Diler Mitsubishi Pondok Cabe
Previous post
Mitsubishi Terapkan Protokol Kesehatan di Semua Diler Resmi
Next post
Modifikasi Honda Jazz, Ternyata Tak Sulit Membuatnya Jadi Keren