Home » Berita » Toyota Punya SUV Baru Pesaing Honda HR-V, Corolla Cross?

Toyota Punya SUV Baru Pesaing Honda HR-V, Corolla Cross?

Prototipe Toyota Corolla Cross di jalanan Bangkok. (Foto: Motor1)

Bangkok – Diam-diam Toyota tengah mempersiapkan Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru untuk menambah panjang lini produk yang akan ditawarkan ke konsumen. Kuat dugaan mobil baru Toyota ini adalah Corolla Cross. Mobil baru Toyota ini akan melakukan debut global pertama di Thailand pada 9 Juli 2020. Informasi tersebut didapat dari video yang diunggah di kanal Youtube Toyota Thailand.

Isi dari video berdurasi enam detik itu tidak menyebutkan secara rinci nama mobil baru yang akan diluncurkan. Perusahaan hanya memberikan informasi jadwal peluncuran serta grafis putih yang membentuk sebuah SUV. Akan tetapi banyak rumor yang tersiar bahwa gambar tersebut mengisyaratkan sosok Toyota Corolla Cross. Jika benar maka mobil ini akan menjadi pesaing Honda HR-V, Mazda CX-30, Subaru XV, dan Nissan Kicks di Thailand.

Menurut sumber terpercaya yang diwawancarai Headlightmag mengatakan bahwa, Toyota Corolla Cross diposisikan sebagai SUV segmen-B, meskipun di video diberi judul C-SUV. Belum dapat dipastikan apakah model tersebut hanya dijual untuk pasar ASEAN atau dijual secara global juga.

Dibangun Menggunakan Platform Baru

Sampai saat ini belum ada informasi resmi mengenai spesifikasi dari Toyota Corolla Cross, namun banyak spekulasi yang beredar. Diperkirakan mobil ini dibangun menggunakan platform baru, Toyota New Global Architecture (TNGA).

Dalam hal dimensi, jarak sumbu roda Corolla Cross kemungkinan sama seperti Toyota C-HR yaitu 2.640 mm. Panjangnya sekira 4.460 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.620 mm, serta ground clearancenya 161 mm.

Jika dibandingkan dengan HR-V, dimensinya beda-beda tipis. Di mana Honda merancang HR-V dengan panjang tubuh 4.334 mm, lebar 1.772 mm, tinggi 1.605 mm, dan memiliki jarak sumbu roda 2.610 mm.

Sumber yang sama juga membeberkan bahwa Corolla Cross akan ditawarkan dengan dua pilihan mesin. Pilihan pertama menggunakan mesin bensin tipe 2ZR-FBE berkapasitas 1,8 liter empat silinder. Mesin ini diprediksi mampu menghasilkan tenaga mencapai 140 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 175 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga dikirim ke roda melalui transmisi otomatis jenis CVT.

Pilihan kedua adalah mesin tipe 2ZR-FXE 1,8 liter bertenaga 98 hp dan torsi maksimal 142 Nm. Mesin ini dipasangkan dengan motor listrik berdaya 72 hp dan torsi 163 Nm. Dikawinkan dengan transmisi e-CVT, total tenaga yang dikeluarkannya mencapai 122 hp. Kedua mesin ini digunakan juga oleh Toyota C-HR di Thailand

Dari sisi harga, kemungkinan Corolla Cross dijual mulai dari 900.000 baht atau sekira Rp414,6 juta untuk varian rendah non-hybrid. Sedangkan versi hybrid harga jualnya mendekati 1,2 juta baht atau sekira Rp559 juta.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Jadi Varian Tertinggi, Kia Seltos Gravity Tampil Beda

Previous post
Sempat Tertunda, Mitsubishi Akhirnya Luncurkan Xpander Cross di Filipina
Honda Beat FC50
Next post
Honda Beat FC50, Nenek Moyang BeAT dari Tahun 1980-an