Berita

Terungkap, Ini Alasan di Balik Perubahan Nama Chery Omoda 5 EV Jadi E5

Bogor – Nama mobil listrik terbaru Chery, Omoda 5 EV kini mengalami perubahan menjadi Omoda E5. Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi perubahan nama tersebut.

PT Chery Sales Indonesia (CSI) Agen Pemegang Merek (APM) mobil Chery di Indonesia pada Agustus 2023 betepatan dengan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di Tangerang resmi memperkenalkan mobil listrik terbarunya yang diberi nama Omoda 5 EV.

Nama Chery Omoda E5

Natasha Wilona kepincut Omoda 5 EV

Kala itu, keran pemesanan Omoda 5 EV sudah dibuka dan dijanjikan akan segera dirakit secara lokal dalam waktu dekat.

Baca Juga: Tandai Momen Produksi Perdana Mobil Listrik Chery Di Indonesia, Nama Omoda 5 EV Jadi E5

Sekira tiga bulan setelah diperkenalkan ke publik Indonesia, model listrik tersebut akhirnya mulai dirakit melalui skema Completely Knocked Down (CKD) di pabrik milik PT Handal Indonesia Motor yang berlokasi di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat.

Menandai dimulainya perakitan mobil listrik Chery, pada Sabtu (2/12/2023) diadakan roll off ceremony bertempat di pabrik tersebut.

Spesifikasi Chery Omoda 5 EV

(Foto: Chery)

Mobil yang sebelumnya di kenal dengan nama Chery Omoda 5 EV, kini berubah menjadi Omoda E5 ketika mulai dirakit di sana.

Perubahan nama dari Omoda 5 EV jadi E5 terjadi karena Chery ingin agar sebutan untuk produknya itu sama di semua negara.

“Tadinya kami menyebut Omoda 5 EV, tapi namanya kami ikut nama global, yaitu Omoda E5,” ungkap Rifkie Setiawan, Head of Brand CSI di acara diskusi Forum Wartawan Otomotif (Forwot), Minggu (3/12/2023).

Rifkie menambahkan, pemberian nama Omoda 5 EV saat diperkenalkan beberapa bulan lalu karena memang sebenarnya mobil tersebut belum memiliki nama pasti sehingga untuk sementara menggunakan sebutan itu.

Nama Chery Omoda E5

Chery Omoda E5 (Foto: Santo/Carmudi)

Selain itu, penamaan Omoda E5 ini juga merupakan kehendak dari Shawn Xu yang kini menjabat sebagai CEO of Omoda and Jaecoo International dari sebelumnya Presiden Direktur CSI.

“Setelah dia (Shawn Xu) di angkat jadi CEO maka dia benahi semua mulai dari nama, jadi mulai terstruktur di global sampai mereka pengin lebih terintegrasi. Nah, makanya kemarin arahan dari CEO kami untuk memakai nama global biar sama. Mereka sudah memutuskan untuk beri nama Omoda E5. Itu yang menjadi alasan kenapa pakai E5,” terang Rifkie.

Sementara itu, terkait angka 5 di nama model mobil tersebut, dirinya menjelaskan bila nomor tersebut merupakan seri sekaligus sebagai tanda target segmen mana yang hendak dituju.

Baca Juga: Chery Gelontorkan Investasi Rp250 Miliar Untuk Lancarkan Produksi Di Indonesia

“Kita ambil contoh Chery Tiggo. Tiggo ini berseri kalau di luar ada Tiggo 2, 5, 7, 8, sampai 9. Seri ini mengartikan bahwa dimensi dari setiap mobil itu sendiri dan target segmen dari market,” jelas Rifkie.

Nama Chery Omoda E5

Tampilan belakang Omoda E5 (Foto: Santo/Carmudi)

“Jadi angka 5 itu lebih kepada pertengahan gitu, jadi dia middle class kalau semakin ke bawah ke low class kalau makin ke atas makin high class. Kaya contoh Tiggo 8 semakin tinggi semakin high class, fitur-fitur-nya semakin banyak, materialnya semakin lebih baik dan lain-lain. Begitu juga nanti ada Tiggo 9 lebih advance lagi,” pungkas dia.

Penulis: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts