Berita Mobil Sumber informasi

Tes Tabrak Suzuki Jimny Mengecewakan, Padahal Calon ‘World Car of The Year 2019’

Uji tabrak Suzuki Jimny (Foto: Youtube/Euro NCAP)

Jakarta – Pertengahan 2018, Suzuki secara resmi meluncurkan Jimny terbaru di Jepang. Ada dua tipe yang ditawarkan oleh Suzuki yaitu Jimny dan Jimny Sierra. Masing-masing mempunyai tiga dan dua varian.

Generasi baru Suzuki Jimny mengundang decak kagum dari seluruh dunia, bahkan langsung masuk nominasi ‘World Car of The Year 2019’. Tampak seperti mobil yang sempurna, kekurangan Jimny perlahan akhirnya terungkap.

Lembaga independen untuk pengujian mobil baru di wilayah Eropa atau dikenal dengan The European New Car Assessment Programme (Euro NCAP) merilis tes tabrak Suzuki Jimny, baru-baru ini.

Setelah melakukan serangkaian uji tabrak, hasil yang didapat mungkin di luar harapan penggemarnya. Euro NCAP mengatakan bahwa tes tabrak Suzuki Jimny mengecewakan.

Menurut Euro NCAP, mobil yang sepenuhnya baru seperti Jimny harusnya menawarkan kualitas keselamatan yang lebih baik. Kualitas keselamatan Jimny dianggap Euro NCAP telah mengkhianati tampilan tangguhnya dari luar.

Mobil yang identik dengan medan off-road ini hanya meraih 3 bintang untuk keselamatan penumpang dan pengemudi di kabin dari maksimal 5 bintang.

Lebih detil, Euro NCAP menjelaskan tes tabrak Suzuki Jimny hanya meraih skor 73 persen dalam kategori perlindungan penumpang dewasa (Adult Occupant Protection). Sedangkan perlindungan untuk penghuni anak (Child Occupant Protection) sebesar 84 persen.

Kemudian fitur keamanan yang terpasang di Suzuki Jimny meraih nilai 50 persen, sedangkan keamanan bagi pejalan kaki mendapat penilaian 52 persen. Diberitakan Rushlane, Suzuki Jimny yang diuji tabrak adalah varian tiga pintu sudah dilengkapi dengan dual airbag di bagian depan dan samping kepala, dada serta airbag pelvis.

Kecilnya angka keselamatan yang diraih Suzuki Jimny disebabkan oleh banyaknya fitur keselamatan tidak bekerja maksimal. Airbag, misalnya. Menurut catatan Euro NCAP, airbag Jimny ketika mengembang tekanannya tidak cukup untuk menahan kepala supaya tidak membentur dashboard maupun lingkar kemudi sehingga berisiko menimbulkan cedera.

Fitur lainnya adalah sistem pengereman darurat atau Autonomous Emergency Braking (AEB). Fitur satu ini menunjukkan kinerja yang buruk pada siang hari. Sensornya tidak mampu membaca keberadaan pejalan kaki. Bahkan dalam keadaan cahaya redup, sistem tidak beroperasi normal.

Jimny Jadi Calon ‘World Car of The Year 2019’

Sebelum Euro NCAP merilis hasil tes tabrak Suzuki Jimny, mobil legendaris ini masuk nominasi ‘World Car of The Year 2019’ yakni dalam kategori utama ‘World Car of The Year’ dan kategori ‘World Urban Car of The Year’. Jimny bersaing dengan model-model beken seperti BMW i8 Roadster bahkan Audi e-Tron.

Pengumuman gelar bergengsi ‘World Car of The Year 2019’ akan dilakukan di Paris Motor Show 2018 yang akan digelar Oktober 2018 mendatang.

Kehadiran Jimny di Indonesia Masih dalam Pertimbangan

Suzuki Jimny terbaru sempat mampir ke Indonesia pada awal Agustus, bersamaan dengan pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Suzuki di Tanah Air saat itu membawa Jimny hanya untuk sekedar dipamerkan saj,  belum dipasarkan secara resmi. Meski begitu, kehadirannya mampu menyedot perhatian pengunjung GIIAS kala itu.

“Saat ini kami masih mempertimbangkan peluncurannya di Indonesia. Melalui display ini kami ingin mendengar pendapat dari bapak-ibu sekalian,” ujar Seiji Itayama, President Director PT SIS.

Suzuki Jimny 2018 memiliki panjang 3.395 milimeter, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.725 mm. Sumber tenaganya berasar dari mesin bensin R06A 0,66 liter tiga silinder yang menghasilkan 64 PS dan 96 Nm torsi. Sedangkan Suzuki Jimny Sierra 2018 mempunyai panjang tubuh sekira 3.550 mm, lebar 1.645 mm dan 1.730 tinggi.

Khusus Jimny Sierra dibekali dengan mesin bensin empat silinder K15B 1.5 liter yang diklaim mampu menyemburkan tenaga sekuat 102 PS dan torsi puncak 130 Nm. Pilihan transmisi untuk keduanya yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan otomatis. Tersedia sistem penggerak empat roda (4WD) sebagai fitur standar.

Kedua model Jimny tersebut memiliki wheelbase 2.550 mm. Jimny menawarkan ground clearance 205 mm, sementara Jimny Sierra memiliki ground clearance yang sedikit lebih tinggi sekira 210 mm. (dna)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts