Reviews

Test Drive All New Honda BR-V, LSUV Canggih dan Makin Irit BBM

Test drive All New Honda BR-V mandiri sudah kami lakukan beberapa waktu lalu untuk penggunaan berkeliling di dalam kota. Kami setuju jika mobil berkapasitas 7 penumpang ini jadi mobil keluarga yang wajib diperhitungkan, terutama soal konsumsi BBM-nya.

Selama pemakaian lebih kurang lima hari, ada beberapa aspek yang kami uji, konsumsi BBM All New Honda BR-V ini kami akui cukup membuat takjub. 

Test Drive All New Honda BR-V

Konsumsi BBM Irit!

Sebelumnya kami pernah mendapatkan kesempatan test drive All New Honda BR-V dengan rute Jakarta—Solo, Jawa Tengah berjarak tempuh lebih kurang 535 km.

test drive honda br-v

Selama perjalanan, BR-V varian Prestige yang digunakan mampu mencatat konsumsi BBM di angka 17,2 km/liter. Angka ini menurut kami terbilang cukup irit untuk pemakaian luar kota. Lantas, bagaimana dengan pemakaian dalam kota?

Selama kami gunakan, gaya berkendara yang diadopsi memang cenderung agresif. Hal tersebut bertujuan untuk menggambarkan seboros apa mobil ini jika digunakan dengan gaya mengemudi yang agresif. 

Mesin berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder, i-VTEC, DOHC bertenaga 119 hp pada 6.600 rpm dengan torsi maksimum 145 Nm di 4.300 rpm ini ternyata punya konsumsi bahan bakar yang tergolong irit. 

test drive honda br-v

Berdasarkan MID, angka yang kami dapat ada di 13,8 km/liter untuk pemakaian dalam kota. Itupun dengan catatan, gaya mengemudinya cukup agresif.

Spesifikasi Mesin All New Honda BR-V

Kapasitas  1.500 cc (L15)
Isi silinder 4 silinder segaris
Teknologi  i-VTEC, DOHC
Tenaga  119 hp @6.600 rpm
Torsi  145 Nm @4.300 rpm 
Transmisi  Otomatis CVT
Penggerak  Roda depan

Salah satu hal yang membuat kami berkendara agresif yakni adanya step up shift control.

Step up shift control ini sendiri merupakan fitur yang ditanamkan Honda pada transmisi CVT mereka yang kemudian dinamai M-CVT Modified. Fitur tersebut membuat perpindahan gigi lebih terasa guna menciptakan kesenangan berkendara.

Untuk bisa merasakan fitur tersebut, Anda diharuskan menginjak pedal gas dalam-dalam. Ketika di gas spontan, step up shift control nantinya akan bekerja secara otomatis.

Fitur ini hanya bisa dirasakan ketika mesin meraung di atas 2.000 rpm. Jika berkendara dengan gaya ECO driving tentu tak akan bisa dirasakan sensasi berkendara yang menyenangkan ini. 

Fitur Jempolan

Satu hal yang membuat mobil ini punya magnet cukup besar, yakni kaya akan fitur. PT Honda Prospect Motor (HPM) membenamkan beberapa fitur yang dikolaborasi menjadi satu paket dengan nama Honda Sensing.

Di dalam Honda Sensing tersebut terdiri dari Collision Mitigation System, Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System, Adaptive Cruise Control, Auto High Beam Headlights, dan Lead Car Departure Notification.

Namun di antara seluruh fitur tersebut, ada dua fitur yang cukup membuat kami senang. Keduanya adalah Adaptive Cruise Control dan Road Departure Mitigation System

Bagi saya pribadi, fitur Honda Sensing sendiri bukanlah fitur baru. Sebelumnya saya sudah pernah melakukan pengetesan pada Honda Accord dan New Honda CR-V.

Pada kedua mobil tersebut, Adaptive Cruise Control dan Road Departure Mitigation System bekerja dengan baik dan terasa cukup lembut saat aktif.

Adanya kedua fitur ini tentu bisa menambah keamanan selama berkendara, terutama saat berpindah lajur. Dalam kondisi fitur LKAS aktif dan kita tidak menyalakan lampu sein, maka akan ada sedikit koreksi yang dihasilkan dari kemudinya.

Namun, saat hendak berpindah lajur dengan diawali lampu sein, maka fitur LKAS akan mati sementara dan akan aktif kembali setelah sein pun mati. 

Enaknya lagi, mobil ini juga memiliki kamera di bawah spion kiri untuk mengaktifkan Lane watch display. Ketika sein arah kiri dinyalakan maka kamera tersebut akan menampilkan gambar di layar head unit untuk melihat blind spot.

Sementara Adaptive Cruise Control membuat mobil bisa terasa seperti semi otonom. Fitur ini membuat All New Honda BR-V bisa mengikuti jarak dengan mobil di depan dengan kecepatan konstan.

Ketika mobil di depan mengerem, maka BR-V akan secara otomatis melakukan pengereman sesuai dengan jarak yang diatur. Pengaturan jarak dengan mobil di depannya pun terdiri dari dekat, sedang, dan jauh yang bisa diatur lewat tombol setir sebelah kanan.

Suspensi Firm, tapi Tetap Nyaman

Pihak HPM menilai BR-V generasi kedua yang juga berhadapan langsung dengan Suzuki XL-7 ini berdiri di atas platform baru. Mereka mengatakan mobil keluarga ini kini memiliki handling mumpuni dibanding generasi lamanya.

Harus diakui, memang handling yang dimilikinya membaik. Sayang, ada kenyamanan yang harus sedikit dikorbankan bagi mereka yang mendambakan mobil keluarga dengan suspensi empuk. 

Hal tersebut tidak dapat ditemukan di All New Honda BR-V ini. Suspensi depan dan belakang terasa lebih keras, terutama saat melibas jalan rusak dan speedtrap di jalan raya.

Beberapa kali kami merasakan bantingan yang cukup keras di bagian belakang. Namun tingkat kekakuan ini masih dalam tahap yang masih bisa diterima.

Bagi Anda yang suka berkendara di kecepatan tinggi, rasanya akan cocok mengendarai mobil ini. Ketika diajak melaju kencang, bantingan suspensinya justru tak terasa terlalu keras.

Bahkan handling-nya terasa lebih baik saat di kecepatan tinggi. 

Fitur Hiburan

Maklum, masyarakat kota besar seperti Jakarta tentu membutuhkan fitur hiburan mumpuni. Bagusnya BR-V terbaru ini dibekali dengan fitur tersebut.

Head unit di bagian tengah dengan layar ukuran 7 inci sudah bisa terkoneksi dengan USB, bluetooth, smartphone, dan hands-free telephone. Pada layar tersebut juga dapat menampilkan visual dari kamera saat mobil sedang mundur.

Telinga pun juga dimanjakan lewat semburan suara dari 6 buah speaker yang disebar di depan, tengah, dan belakang. 

Kesimpulan Test Drive All New Honda BR-V

Mobil yang dijual dengan rentang harga Rp281 jutaan hingga Rp346,6 jutaan ini bisa menjadi alternatif pilihan bagi mereka yang mulai melek teknologi. Sebagai catatan, masih ada beberapa teknologi yang belum disebutkan.

Beberapa fitur yang cukup menarik adanya fitur Remote Engine Start, airbag 6 titik, Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, Electronic Brake Distribution, Brake Assist, Brake Override System, dan Walk Away Auto Lock.

Seluruh fitur tersebut bisa ditemukan pada All New Honda BR-V Prestige with Honda Sensing yang dijual Rp346,6 jutaan. Untuk sebuah mobil keluarga yang kaya akan fitur, tentu harga yang ditawarkan ini bisa dibilang sepadan dengan apa yang didapatkan.

test drive honda br-v

test drive honda br-v

test drive honda br-v

Penulis & Foto: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

/