HomeTips dan TrikTips Membeli Toyota Avanza Veloz Bekas, Varian 1.3 Serba Nanggung

Tips Membeli Toyota Avanza Veloz Bekas, Varian 1.3 Serba Nanggung

Toyota Veloz
Toyota Avanza Veloz bekas punya penampilan yang cukup oke. Foto/Istimewa.

JakartaToyota Veloz resmi memisahkan diri dari keluarga Avanza. Kini, Veloz menjadi model tersendiri yang kastanya di atas Avanza. Walaupun demikian, kalian perlu jeli saat ingin membeli Toyota Avanza Veloz bekas.

Pasalnya, tidak semua Veloz menyediakan fitur yang melimpah. Veloz versi 1.3 liter fiturnya bahkan cukup minim dan hampir serupa dengan Avanza.

Toyota Veloz pada konsepnya hadir dengan tampilan dan fitur yang lebih mewah dibanding Avanza biasa. Meskipun begitu, tidak ada perbedaan apapun dari segi mesin.

Grand New Veloz (GNV) diperkenalkan pasa tahun 2015. MPV ini memiliki wajah Keen Look yang diturunkan dari Corolla Altis.

Ini membuat penampilan Grand New Veloz menjadi lebih keren. Tipe terendahnya hadir Avanza 1.3 Veloz yang memakai transmisi manual.

Desain Toyota Veloz Lebih Kece dan Canggih dari Avanza

keunggulan toyota avanza
Toyota Avanza tetap unggul meskipun MPV dari merek lain tengah menggempur

Veloz untuk versi 1.5 liter memiliki style yang lebih mewah dari Avanza. Pada bagian depan terdapat lampu proyektor dan pelek dual tone. Gaya Keen Look ala Altis membuat Grand New Veloz 1.5 berhasil menonjolkan dirinya sebagai varian flagship (termahal).

Perbedaan antara versi 1.3 dan 1.5 liter ini bisa dilihat pada emblem bagian belakang. Pada Veloz 1.5 liter terdapat emblem ‘1.5’ dan ‘Veloz’ sedangkan versi 1.3 liter polosan, cuma ada emblem ‘Veloz’.

Spesifikasi Nanggung Veloz 1.3 Liter

sistem penggerak avanza

Toyota Veloz 1.3 ini serba nanggung karena harga di tengah antar Avanza tipe G dan Veloz 1.5. Adanya opsi mesin 1.3L cukup menguntungkan Veloz jadi yang termurah di antara lainnya. Elemen sporty pada penampilan Veloz jelas membuatnya lebih istimewa.

Sama seperti Toyota Avanza, Veloz juga dibekali dua pilihan mesin. 1NR-VE, DOHC Dual VVT-i untuk varian 1.3, dan 2NR-VE, DOHC Dual VVT-i untuk varian 1.5. Tiap mesin memiliki keluaran tenaga 95 hp dengan torsi maksimal 120 Nm (1.3) dan 103 hp dan torsi 136 Nm (1.5).

Rasa berkendara Veloz 1.3 tetap sama dengan Avanza 1.3 G dalam hal respons mesin. Improvement pada handling semakin baik daripada All New Avanza Veloz pada tahun 2011. Sebab, suspensi belakang 4-link Lateral Rod barunya sudah mengurangi gejala mantul-mantul saat kecepatan tinggi.

Jika membandingkan dengan Avanza 1.3 G, jelas Veloz 1.3 bekas layak dibeli. Penampilannya lebih mewah, fiturnya berbeda, dan pengalaman berkendara sedikit lebih baik.

Tips Membeli Toyota Avanza Veloz Bekas

Avanza dan Xpander menjadi dua model laris di Yogyakarta (foto: Gogo Mobilindo)

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu memeriksa kondisi interior. Dari sini, kita sedikit banyak bisa tahu kondisi mobil ini capek apa tidak.

Interior menjadi saksi bisu jam terbang mobil ini, sehingga Anda harus memeriksa dengan teliti bagian kabinĀ Toyota Avanza Veloz. Dimulai dari jok mobil, Anda harus memeriksa apakah ada robekan pada kulitnya. Lalu periksa apakah setir ini lapisan kulit gripnya masih kenyal dengan tekstur terlihat atau sudah licin dan keras.

Apabila sudah licin dan keras menandakan mobil sering dipakai dan terjemur di luar. Jangan lupa juga untuk memeriksa dasbor apakah warnanya masih cerah dan segar atau kusam.

Periksa Sisi Eksterior, Antisipasi Goresan

Namanya mobil sejuta umat, jarak tempuhnya kadang sudah cukup tinggi dan kondisinya kurang terurus. Jangan lupa memeriksa kondisi eksterior mobil secara teliti.

Periksalah apakah banyak goresan atau penyok di badan mobil. Apabila banyak goresan akan merugikan karena harus memperbaiki atau mengecat ulang.

Lalu periksa apakah lampu-lampu di mobil masih berfungsi dengan baik dan mikanya utuh, tidak pecah. Kamu pasti enggan mengeluarkan uang lagi untuk membenahi mobil, padahal sudah merogoh uang yang cukup untuk membeli mobil bekas ini.

Mesin Rentan Ngelitik?

Salah satu permasalahan yang bisa muncul di Toyota Avanza Veloz bekas adalah mesin yang ngelitik. Gejala ini muncul pada Avanza Veloz generasi awal dan kedua.

Menurut banyak pemilik, hal ini menjadi penyakit Toyota Avanza Veloz yang paling menyebalkan. Konon, gejala ini disebabkan karena penggunaan bahan bakar yang salah.

Penyebab lainnya karena perbedaan kompresi dan timing pengapian yang berbeda dibanding generasi sebelumnya. Bukan rahasia lagi, banyak pemilik Avanza dan Veloz cuek mengisi bahan bakar bersubsidi dengan RON 88.

Perlu kalian ketahui, bila angka rasio kompresi Avanza 1.3 ini mencapai 11:1. Artinya, bahan bakar yang direkomendasikan untuk mobil sejuta umat ini adalah RON 92 seperti Pertamax dan teman-temannya. Jenis bahan bakar minimum yang layak pun beroktan 90.

Mencegah Gejala Ngelitik Muncul pada Toyota Avanza Veloz Bekas

Gejala ngelitik atau knocking ini sebenarnya bisa dihindari, asal kalian melakukan perawatan yang semestinya. Cara yang umum dilakukan pemilik Avanza Veloz di forum otomotif Seraya Motor yaitu sering memakai cairan carbon cleaner dan pindah gigi di rpm tinggi (3.000 rpm ke atas).

Cara ini diklaim membuat mesin tidak ngelitik sekalipun rutin minum Premium.

Penjelasan sederhana dari cara tersebut yaitu mirip ‘Italian Tune Up’. Ruang bakar dibersihkan memakai cairan carbon cleaner sambil mesin digeber supaya kerak karbon rontok dan lekas terbuang bersama sisa pembakaran.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Jangan Asal, Ini Rekomendasi Bengkel Jeep Terpercaya

Brosur Mitsubishi Eclipse Cross Terbaru
Previous post
Mitsubishi Eclipse Cross Terbaru Segera Meluncur, Pakai Teknologi Baru
Mobil baru
Next post
Peluncuran Semakin Dekat, Harga NJKB Kia Sonet Rp174 Juta