HomeBeritaPeluncuran Semakin Dekat, Harga NJKB Kia Sonet Rp174 Juta

Peluncuran Semakin Dekat, Harga NJKB Kia Sonet Rp174 Juta

Harga NJKB Kia Sonet
Harga NJKB Kia Sonet mulai dari Rp174 juta (Foto: Kia)

Jakarta – Harga Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Kia Sonet telah tercantum di laman resmi Samsat Pajak Kendaraan Bermotor DKI Jakarta. Hal ini menjadi bukti bahwa adik dari Kia Seltos itu akan meluncur di Indonesia dalam waktu dekat.

PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Kia di Indonesia mendaftarkan setidaknya dua varian Sonet; Sonet 1.5 MT dengan harga NJKB Rp174 juta dan Sonet 1.5 AT Rp181 juta.

Perlu diketahui NJKB bukan patokan harga jual Kia Sonet yang akan ditawarkan ke konsumen. Untuk menjadi harga on the road (OTR) ada beberapa komponen pajak yang nantinya akan ditambahkan. Mulai dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) hingga Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Itu artinya jika Sonet resmi dipasarkan maka harga jualnya akan naik sampai belasan juta rupiah.

Belum lama ini, Marketing and Development Division Head PT KIA, Ario Soerjo sudah mengonfirmasi bahwa harga jual Kia Sonet tidak lebih mahal dari Seltos. Bahkan berada di bawah harga pesaing Honda HR-V itu.

“Harga di bawah Seltos, ya maunya begitu kalau di atas Seltos kami susah jualannya, sudah banyak yang berspekulasi soal harga jual,” ungkap Ario.

Harga NJKB Kia Sonet
Harga NJKB Kia Sonet (Foto: Samsat DKI Jakarta)

Sebagai gambaran, KIA memasarkan Seltos dengan tiga varian. Varian terendah yaitu Seltos E dibanderol Rp295 juta, varian EX Rp320 juta, dan varian tertinggi EXP dijual Rp355 juta (OTR Jakarta).

Di India, Kia Sonet sudah resmi dijual, dan kehadirannya mendapat sambutan luar biasa dari konsumen.

Untuk pasar India, Kia Sonet ditawarkan dalam empat tipe;

  • Sonet Smartstream G 1.2 petrol,
  • G 1.0 Turbo GDi,
  • Diesel 1.5 WGT, dan
  • Diesel VGT.

Harga yang ditawarkan cukup menggiurkan, mulai dari yang termurah 671 ribu Rupee atau sekira Rp135 juta untuk varian bawah. Sedangkan varian tertinggiya dibanderol 11.99 ribu Rupee atau Rp242 juta.

Kia Sonet Sudah Uji Jalan di Indonesia

Komitmen KIA untuk melebarkan bisnis sudah mulai ditunjukkan di awal 2020 dengan meluncurkan Seltos dan menambahkan diler serta bengkel resmi di berbagai wilayah mulai dari Jawa, Sumatera, hingga Sulawesi.

Selain itu, KIA juga telah memiliki rencana menambah lini produk yang akan dipasarkan di dalam negeri.

Salah satu mobil baru yang sudah dibocorkan adalah Kia Sonet. Mobil SUV mini ini belum diketahui kapan resmi diluncurkan. Namun pihak prinsipal dari Korea Selatan sudah melakukan uji jalannya.

Harga NJKB Kia Sonet
Kia Sonet (Foto: Kia)

“Saat ini prinsipal lagi melakukan tes jalan Sonet di Indonesia. Kalau sudah menjalankan tes di Indonesia sudah pasti akan masuk. Persentasenya 90 persen pasti masuk, 10 persen lagi tinggal tunggu hasil dari mereka yang melakukan pengetesan mobil,” tutur Ario.

Soal sudah sejauh mana perkembangan dari hasil tes jalan Sonet, Ario mengaku bahwa pihaknya tidak diberitahu soal itu. Hanya saja sepengetahuan dirinya, Sonet didatangkan untuk menjalani pengujian keliling Jawa.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga: 

Toyota Veloz
Previous post
Tips Membeli Toyota Avanza Veloz Bekas, Varian 1.3 Serba Nanggung
harga toyota corolla cross
Next post
Pemesanan Toyota Corolla Cross Tembus Lebih dari 500 Unit