Home » Sample Blog » Toyota Avanza 2009 Vs Toyota Avanza 2019, Apa Saja Ubahannya?

Toyota Avanza 2009 Vs Toyota Avanza 2019, Apa Saja Ubahannya?

Jakarta – Siapa tak kenal dengan nama besar Toyota Avanza. Mobil yang satu ini kerap menjadi bahan perbincangan sebelum meluncur versi terbarunya pada 15 Januari lalu. Toyota Avanza 2019 ini kerap punya sebutan ‘mobil sejuta umat’ dan selalu menduduki peringkat pertama sebagai mobil terlaris di Indonesia.

Entah mengapa, walaupun mobil ini sering mendapat cemoohan tetapi ia selalu menjadi pilihan. Kira-kira apa saja ya yang membuat Toyota Avanza 2009 hingga Avanza 2019 ini menjadi pilihan? Yuk, dilihat perubahannya selama 10 tahun terakhir.

Toyota Avanza tipe S 2009
Toyota Avanza tipe S 2009

Perbedaan Desain

Kalau bicara desain, Toyota Avanza keluaran 2009 ini punya desain yang masih serupa dengan versi pertama. Bedanya, desain bumper depan, belakang sudah terlihat lebih modern. Khusus Avanza tipe S, merupakan varian tertinggi yang dijual oleh TAM.

Foto: Toyota Avanza 2009 Carmudi
Foto: Toyota Avanza 2009 Carmudi

Fitur andalannya kala itu hanyalah rem ABS yang dimana fitur ini menjadi salah satu yang langka untuk ditemui. Mungkin hal ini juga yang membuat Toyota Avanza menjadi mobil yang laris hingga saat ini.

Walaupun kesannya hanya beda di bumper saja, tetapi sebenarnya interior dari mobil ini cukup banyak berubah. Interiornya mengalami penyegaran seperti lebih kedap, jok lebih empuk dan juga penyematan head unit 2DIN.

Interior Toyota Avanza 2009
Interior Toyota Avanza 2009

Di tahun 2009, mobil Low MPV ini masih menggunakan lampu utama yang menggunakan bohlam. Sehingga warna lampu yang dihasilkan menjadi kuning layaknya mobil zaman dulu pada umumnya. Sedangkan di 2019 ini, Toyota Avanza punya desain yang jauh lebih segar, dan modern. Walaupun bentuknya masih sama, tetapi bumper depan dan bagian belakangnya cukup berubah.

Lampu depan dari Avanza 2019 ini sudah menggunakan LED dengan desain lampu yang terpisah dua bagian. Di bagian atas sudah memakai LED, di bagian bawah memakai halogen. Desain bumper Avanza 2019 terlihat menyerupai Toyota Voxy.

Toyota Avanza 2019
Toyota Avanza 2019

Spion Toyota Avanza 2009 terlihat biasa saja, desain bumpernya juga terlihat lebih menyerupai wajah yang sedang tersenyum. Kalau kedua mobil diparkir bersebelahan, tentu terlihat banyak sekali ubahannya. Spion Avanza 2019 menggunakan spion yang sama dengan Toyota Rush terbaru.

Kendati keduanya sama-sama punya desain yang berbeda, tetapi tetap ada kesamaan. Keduanya sama-sama memiliki lampu sein di bagian spion. Tentu ini sangat berguna bagi pengendara dari arah samping agar mengetahui keberadaan Anda.

Interior Berbeda

Interior dari Toyota Avanza 2009 dengan Avanza 2019 tentu jelas berbeda. Avanza 2019 punya interior yang jauh lebih nyaman dan lega dibandingkan dengan Avanza 2009. Desain jok Avanza baru lebih memanjakan posisi duduk dan punya busa lebih tebal.

Interior Toyota Avanza Veloz 2019
Interior Toyota Avanza Veloz 2019

Avanza 2009 tidak, ia masih terlihat seadanya. Head unit yang digunakan juga belum memakai layar sentuh untuk tahun 2009, di tahun 2019 sudah memakai layar sentuh. Sensor parkir dan kamera belakang juga belum terdapat di Avanza 10 tahun silam.

Pengaturan AC nya pun sangat berbeda. Avanza 2009 masih memakai model kompor, sedangkan Avanza 2019 sudah memakai model digital. Terlihat jauh lebih keren kan?

Tombol Starter

Toyota Avanza 2009 masih memakai anak kunci untuk menyalakan mesin. Hal ini tentu menjadi hal yang biasa di tahun tersebut. Tapi, di Avanza terbaru, ia sudah dibekali dengan tombol start stop engine yang tentunya lebih modern dan keren.

Tombol start Toyota Avanza Veloz 2019
Tombol start Toyota Avanza Veloz 2019

Di bagian handle pintu luar bagian depan juga sudah terdapat tombol, karena Avanza terbaru sudah memakai keyless entry. Nice! Oya, kabin Toyota Avanza terbaru juga dipastikan lebih senyap dibandingkan dengan versi 10 tahun yang lalu. Karena tampilan dan fiturnya bertambah, sudah pasti harganya pun bertambah. Kira-kira dari kedua mobil di atas, mana yang akan kamu pilih? Anda dapat memeriksa Toyota Avanza 2019 baru di sini

Previous post
Adu Gengsi Honda Civic Genio Vs Toyota Great Corolla
Next post
Daftar 5 SUV Di Bawah Rp 300 Jutaan yang Bisa Dibawa Pulang