Home » Berita » Wuling Motors Ekspor Mobil Sesuai Kemauan Presiden Jokowi

Wuling Motors Ekspor Mobil Sesuai Kemauan Presiden Jokowi

Prosesi simbolis pelepasan unit ekspor SUV Wuling ke Thailand, Brunei Darussalam, dan Fiji (Foto: Wuling Motors)

Cikarang – Wuling Motors baru saja melakukan seremonial pengiriman Almaz dengan nama Chevrolet Captiva ke beberapa negara di kawasan Asia Tenggara dan Oseania. Mobil yang dieskpor merupakan hasil produksi dari pabrik Wuling Motors yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan pabrikan mobil asal China itu sesuai kemauan presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya hal ini sangat perlu diapresiasi.

“Ini (ekspor mobil Wuling) tentunya diapresiasi sesuai dengan apa yang sering disampaikan oleh presiden. Yaitu bahwa kita mengutamakan ekspor dan basisnya investasi,” ungkap Menperin Airlangga di sela seremonial ekspor Wuling Almaz, Rabu (25/9/2019).

Selain itu, menurut Airlangga ekspor Wuling Almaz dengan nama Chevrolet Captiva semakin menunjukkan industri otomotif dalam negeri kuat. Selain kuat juga memiliki daya saing yang mumpuni. Apalagi mobil-mobil yang diekspor Wuling Motors menggunakan merek keluaran General Motors (GM).

“Ekspornya menggunakan merek GM, Ini membuktikan bahwa Indonesia bisa menjadi basis GM di ASEAN dan ini membuktikan industri otomotif ini punya multi platform. Jadi produk ini diproduksi Wuling Motors dan sudah mwnggunakan merek Almaz dan di Thailand akan menggunakam merek Chevrolet Captiva. Nah ini membuktikan kalau ekositemnya sudah ada di Indonesia lokal kontennya sudah ada di sini,” tambah politisi Partai Golkar itu.

Meningkatkan Penggunaan Komponen Lokal

Pemerintah juga mengapresiasi keseriusan Wuling Motors dalam hal peningkatan penggunaan komponen lokal. Tentunya ini akan berdampak positif terhadap industri komponen otomotif di dalam negeri.

“Pemerintah juga ingin menyampaikan apresiasi atas komitmen PT SGMW (Wuling Motors) untuk menjadikan Indonesia sebagai basis ekspor ke wilayah ASEAN, dan upaya meningkatkan kandungan lokal diatas 60-70%,” ungkap Menperin Airlangga.

Presiden Direktur Wuling Motors Xu Feiyun mendampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam kunjungan fasilitas produksi Wuling Motors (Foto: Wuling Motors)

Menperin juga berharap kedepan Wuling Motos bisa meningkatkan ekspor dan mengembangkan kendaraan roda empat yang beremisi rendah, serta yang tidak kalah pentin melibatkan lebih banyak supplier lokal pada Global Supply Chain nya.

“Semoga lewat seremonial ekspor kendaraan Wuling motors ini menjadi awal yang baik, sehingga semakin berjaya di pasar dalam negeri dan terutama untuk ekspor,” tutup Airlangga.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Jangan Kaget, Sudah Mau Akhir Tahun Toyota Sienta 2018 Masih Dijual
Wajah depan New Daihatsu Sigra
Next post
Kata Komunitas Soal Tampilan Daihatsu New Sigra