Berita

Xpander Banjir Peminat di Malaysia, Permintaan Melebihi Pasokan

Kuala Lumpur –Mitsubishi Motors Malaysia (MMM) baru-baru ini melaporkan Xpander banjir peminat terhitung sejak pertama kali diluncurkan pada November 2020 hingga memasuki April 2021.

Berkat Mitsubishi Xpander pula penjualan MMM tumbuh terutama pada periode April.

Diberitakan Paultan, Jumat (7/5/2021), MMM tercatat berhasil menjual mobil Mitsubishi sebanyak 1.872 unit pada April. Angka tersebut menjadi rekor penjualan bulanan bagi perusahaan.

Peminat Xpander

Peminat Mitsubishi Xpander di Malaysia membludak (Foto: MMM)

Mitsubishi Xpander menjadi model terlaris sekaligus penyumbang terbanyak selama bulan keempat tahun ini, dengan jumlah unit terjual sebanyak 982 unit atau berkontribusi 52% dari dari total penjualan MMM.

Perusahaan telah mengumpulkan lebih dari 10.000 pemesanan untuk Xpander sejak November 2020. Adapun jumlah mobil yang sudah dikirim ke tangan konsumen sebanyak 3.800 unit.

“Kami sangat senang penjualan Xpander tetap sehat dan permintaannya melebihi jumlah unit yang dipasok. Kami akan melanjutkan upaya terbaik kami untuk memenuhi permintaan yang tinggi dengan meningkatkan kapasitas produksi sambil mempertahankan kualitas produk, ”kata Tomoyuki Shinnishi, CEO MMM.

Model Mitsubishi lain yang turut berkontribusi adalah Triton. Mobil pikap premium yang telah menjadi andalan MMM selama bertahun-tahun ini terjual 680 unit pada April. Termasuk 142 unit Triton Athlete yang baru saja diluncurkan.

“Meski terjadi penurunan di banyak sektor dan sentimen lingkungan yang mulai berdampak pada masyarakat akibat pandemi Covid-19, kami lega melihat penjualan kami terus bergerak ke arah yang positif. Kami menyadari bahwa sejumlah besar pelanggan ingin membeli mobil mereka sebelum pembebasan pajak berakhir pada akhir Juni,” ungkap Shinnishi.

Peminat Xpander

Tak cuma Indonesia, Mitsubishi Xpander juga banjir peminat di Malaysia (Foto: Paultan)

Dirinya menambahkan, meskipun saat ini pihaknya tengah mengalami gangguan pasokan, Mitsubishi akan bekerja sebaik mungkin untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Rakitan Lokal

Mitsubishi Xpander yang dipasarkan di Malaysia merupakan hasil rakitan lokal di pabrik Pekan, Pahang. Langkah ini diambil agar harga jual Xpander lebih kompetitif.

Secara tampilan memang tidak ada yang berbeda antara Xpander versi Indonesia dengan Malaysia. Namun, ada beberapa aksesori tambahan yang ditawarkan dibagian eksterior dan interiornya sehingga membuatnya terkesan lebih keren.

Di Malaysia mobil keluarga 7 penumpang itu dijual dengan harga 91.369 ringgit atau sekira Rp317,6 juta.

Interior Xpander (Foto: Paultan)

Penjualan Mitsubishi Xpander di Indonesia Tumbuh

Kebijakan insentif PPnBM membawa dampak positif bagi penjualan Xpander di Indonesia. Menurut data penjualan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), tercatat Xpander dan Xpander Cross meraih angka penjualan sebesar 2.206 unit pada Maret 2021 atau tumbuh siginfikan lebih dari 91,2%.

Mobil pesaing Avanza ini berkontribusi sebesar 52,2% dari total penjualan mobil Mitsubishi.

“Rasa terima kasih dan apresiasi tertinggi kami untuk para konsumen yang telah mempercayakan pilihannya pada lini kendaraan penumpang Mitsubishi Motors. Juga pemerintah yang telah menginisiasi program relaksasi PPnBM yang memberikan kontribusi efek positif untuk penjualan Xpander dan Xpander Cross,” ungkap Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI, bulan lalu.

Mitsubishi IIMS Hybrid 2021

Penjualan Mitsubishi Februari 2021 ditopang Xpander (Foto: MMKSI)

Banyak masyarakat ingin memanfaatkan insentif PPnBM, sehingga permesanan Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross membludak.

Demi memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, Mitsubishi berusaha meningkatkan volume produksi, supaya konsumen mendapat unit dengan cepat.

 

Baca Juga:

 

 

Penulis: Sant0 Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts