Mobil

10 Mobil Irit BBM Ini Cukup Menarik Untuk Dibeli

Toyota Avanza dan Veloz (Foto: Toyota)

Jakarta – Konsumsi bahan bakar terkadang menjadi salah satu faktor yang sangat penting bagi para calon pembeli mobil. Baik mobil baru maupun mobil bekas terkadang masih mementingkan konsumsi bahan bakar. Para calon pembeli mobil ini biasanya hendak mencari dan membeli mobil yang cukup irit.

Mobil irit BBM inilah yang dinilai mampu menjadi solusi untuk dijadikan alat transportasi sehari-hari. Karena mobil yang boros BBM sudah dapat dipastikan akan membuat pemilik mobil mengeluarkan uang yang sangat banyak.

Biasanya ada konsekuensi yang harus dihadapi oleh para pembeli mobil irit ini. Karena mobil yang punya konsumsi bahan bakar irit cenderung memiliki model atau desain yang biasa saja. Karena mobil irit ini lebih ditujukan untuk mobilitas, bukan untuk gaya.

Jika pun ada mobil irit dengan desain yang bagus, tak jarang harganya cukup mahal. Jangan heran jika mobil irit dengan harga terjangkau modelnya terlihat biasa-biasa saja. Bagi Anda yang sedang mencari mobil irit, kami akan mencoba membeberkan beberapa mobil yang punya konsumsi bahan bakar irit.

Bagi kalian yang sudah pernah memakai atau bahkan punya dirumah, kalian nggak salah pilih deh. Mobil buatan PT Honda Prospect Motor (HPM) ini emang punya konsumsi bahan bakar yang bener-bener nggak jelas, alias irit banget. Bahkan beberapa orang yang punya pun bilang kalau mereka sampai bingung kapan terakhir kali mereka itu isi bensin. Karena saking iritnya sampai lupa kapan terakhir isi bensin hehehe. Mobil 7 penumpang ini juga cukup nyaman dikendarai, ditambah modelnya juga lumayan oke nih.

New Honda Mobilio RS tipe CVT punya fitur paling lengkap (Foto: Carmudi)

Honda Mobilio ini dijual dengan kisaran harga Rp198 jutaan sampai Rp255 jutaan ini layak menjadi salah satu alternative mobil irit BBM. Soal harga spare part, Honda Mobilio juga termasuk punya harga spare part yang murah kok.

  • Honda Brio

Masih termasuk ke dalam keluarga Honda. Masuk ke dalam kategori hatchback, Honda Brio juga punya konsumsi bahan bakar irit. Tak heran kalau mobil ini masuk ke dalam kategori mobil irit BBM. Walaupun termasuk ke dalam mobil irit BBM, Honda Brio ini punya desain yang cukup oke. Modern, dinamis dan stylish. Mobil baru ini dijual di kisaran harga Rp143 jutaan sampai Rp197 jutaan OTR Jakarta. Soal transmisi, kamu bisa memilih transmisi otomatis dan manual yang ditawarkan oleh Honda Indonesia nih.

  • Toyota Avanza – Daihatsu Xenia

Mobil yang satu ini udah tidak perlu diraguin lagi deh. Toyota Avanza ini punya konsumsi bahan bakar yang terkenal irit. Makanya, banyak orang yang membeli mobil ini digunakan mobilitas sehari-hari. Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia ini juga punya harga bekas dan harga jual kembali yang cukup terpantau stabil. Tak heran deh banyak orang beli mobil ini buat dijadikan ‘mobil tempur’.

Toyota New Avanza

Toyota New Avanza 2019

  • Suzuki Ertiga

Mobil yang satu ini emang layak buat dijadikan salah satu kandidat mobil irit BBM. Suzuki Ertiga selain punya kenyamanan yang luar biasa, konsumsi bahan bakar dari mobil ini juga irit banget. Beda tipis deh sama Honda Mobilio. Dari segi harga, Suzuki Ertiga juga terpantau punya harga yang cukup terjangkau untuk dibeli dari baru. Suzuki Ertiga ini berbagi mesin dengan Suzuki Jimny, mobiljip legendaris yang pemesanannya cukup membludak.

rental mobil di bali

Rental mobil di Bali jadi opsi utama akomodasi liburan di Pulau Dewata.

Soal harganya, Suzuki Ertiga ini dibanderol mulai dari Rp201 jutaan sampai Rp256 jutaan. Desain dari mobil ini juga nggak kalah keren dibanding mobil keluarga lainnya kok. Untuk dimodifikasi, mobil ini juga oke. Daan, mobil ini punya aksen kayu di bagian interiornya. Itu salah satu kelebihan dari mobil ini.

  • Suzuki Baleno Hatchback

Mungkin banyak dari kalian yang belum terlalu tahu mengenai mobil ini. Suzuki Baleno hatchback ini merupakan salah satu mobil irit BBM yang ada di Indonesia. Selain punya bentuk yang cukup lucu, Baleno hatchback ini punya konsumsi bahan bakar yang oke punya. Irit, desain oke, dan harganya pun tak terlalu mencekik bagi Anda yang tak ingin mobil keluarga. Suzuki Baleno hatchback ini dijual di kisaran Rp218 jutaan sampai Rp230 jutaan.

suzuki-baleno-hatchback

Suzuki Baleno Hatchback seharusnya bisa jadi hatchback terlaris. (Foto: Carmudi)

  • Toyota Corolla Altis

Mobil ini masuk mobil sedan irit BBM yang ada di Indonesia. Selain punya tampilan modern dan oke banget, Toyota Corolla Altis juga punya mesin yang bisa diajak untuk mobilitas. Memang, di 2019 harga baru dari mobil ini terbilang cukup mahal karena berada di atas Rp400 jutaan.

All New Corolla Altis HEV (Foto: Santo/Carmudi)

Toyota Corolla Altis ini dibanderol mulai dari Rp468 jutaan sampai Rp566 jutaan. Wow, bagi sebagian orang harga ini sih terbilang mahal banget. Tapi kalau kalian kepingin mobil sedan yang irit BBM, Toyota Corolla Altis bisa masuk daftar.

  • Honda Civic Turbo

Selain Corolla Altis, ada juga nih sedan lain yang termasuk ke dalam mobil irit BBM, yakni Honda Civic Turbo. Mengandalkan teknologi CVT dengan Earth Dreams Technology, Honda Civic Turbo mengoptimalkan akselerasi dan pemakaian bahan bakar yang lebih efisien. Meskipun kapasitas silindernya kecil, namun akselerasinya tidak kalah dengan mobil berkapasitas mesin di atasnya. Soal harga, mobil ini termasuk ke dalam mobil yang mahal. Karena mobil ini dibanderol seharga Rp523 jutaan.

Honda Civic generasi sepuluh, Civic turbo

Honda Civic generasi sepuluh, Civic turbo

  • KIA Picanto

Nah, mobil yang satu ini emang agak ngagetin nih. Walaupun kemarin sempat mati suri karena KIA dianggap hilang dari Indonesia, tapi sekarang KIA balik lagi. Mereka kembali lagi dengan berada di bawah naungan PT Indomobil yang juga satu group dengan Suzuki, Audi, Volkswagen, Nissan-Datsun di Indonesia.

Di tahun ini, KIA pun nggak main-main dalam memberikan produk kepada konsumennya. Karena KIA memberikan mobil yang full spec pada setiap produk yang ditawarkan. KIA Picanto contohnya. KIA Picanto terbaru ini punya sunroof, dan desain yang jauh lebih oke.

Kia Picanto (Foto: Kia)

Soal konsumsi bahan bakar, KIA Picanto juga termasuk ke dalam mobil irit BBM. Jadi tak heran deh kalau mobil ini layak juga dijadikan mobil harian. Konsumsi bahan bakarnya mencapai 19 km/liter untuk pemakaian di dalam kota. Catatan impresif tersebut juga didukung oleh bobotnya yang cukup ringan, hanya 800 kg saja. Kebayang dong jika power to weight ratio yang dihasilkan juga cukup baik. KIA Picanto adalah salah satu mobil hatchback terbaik yang ada di kelasnya untuk pengemudian perkotaan.

  • Toyota Agya – Daihatsu Ayla

Produk kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu untuk membuat mobil yang ramah lingkungan akhirnya sukses di implementasikan pada Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Mobil kecil ini memang bertujuan untuk irit bbm dengan harga murah atau terjangkau.

Jangan heran kalau mobil ini juga banyak berkeliraran di jalanan. Untuk harganya sendiri, Toyota Agya dibanderol Rp138-158 jutaan. sedangkan Daihatsu Ayla dijual seharga Rp98-151 jutaan. Waduuuu, harganya menarik banget kan. Soal perawatan, mobil ini gampang banget kok dirawatnya. Anti ribet-ribet club deh.

  • Datsun GO dan GO+ Panca

Nama Datsun memang tak setenar saudaranya, Nissan. Di Indonesia model ini kalah bersaing dengan mobil keluarga yang ada di Indonesia. Datsun mempunyai Go dan Go+ Panca sebagai salah satu mobil keluarga yang ditawarkan. Keduanya bisa dibilang sebagai salah satu mobil irit BBM yang ada di Indonesia. Sayang, kedua produk tersebut kurang diminati lantaran desainnya jelek dan modelnya yang dianggap ringkih.

Datsun GO+ (Foto: Nissan)

Kualitas dari mobil ini juga di bawah rata-rata, karena sering ditemui kerusakan. Padahal dari segi harga, mobil ini punya banderol yang cukup murah. Ada di harga Rp111-159 jutaan. Tapi sayang, Datsun kalah bersaing dan saat ini penjualannya mati segan hidup tak mau. Nah, itulah 10 mobil irit bbm yang ada di Indonesia saat ini. Kalau kamu mencari mobil yang irit BBM, kamu bisa memasukkan salah satu diantara 10 mobil yang sudah kami sebutkan di atas.

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

 

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts

/