Tips dan Trik

4 Langkah Sederhana Agar Sepeda Motor Irit Bahan Bakar

Sepeda motor yang irit bahan bakar merupakan dambaan bagi setiap orang. Terlebih bagi mereka yang rutin menggunakan kendaraan bermotor roda dua itu. Keuntungan menggunakan sepeda motor yang irit bahan bakar, salah satunya dapat menekan biaya pengeluaran, karena tidak perlu terlalu sering ke SPBU untuk mengisi bensin.

Ada beragam faktor yang memengaruhi banyak atau dikit konsumsi bahan bakar pada sepeda motor, mulai dari teknologi yang terpasang di kendaraan, hingga pola berkendara.

motor irit bahan bakar

Pola berkendara harus diperhatikan supaya sepeda motor irit bahan bakar (Foto: YIMM)

Untuk lebih jelasnya, simak empat langkah sederhana agar sepeda motor irit bahan bakar.

Kondisi Sepeda Motor

Sebelum digunakan, pastikan kondisi sepeda motor dalam keadaan prima. Ini menjadi salah satu faktor penting dalam menunjang keiritan bahan bakar.

Sebaiknya luangkan waktu sebentar untuk mengecek beberapa komponen sepeda motor sebelum melakukan perjalanan.

Pastikan tekanan angin ban dalam kondisi normal, apabila ban kekurangan angin, maka tarikan sepeda motor menjadi berat dan ini membuat konsumsi bensin menjadi lebih boros.

Tidak hanya itu, perawatan berkala seperti penggantian oli dan membersihkan filter udara juga perlu dilakukan untuk menjaga tarikan mesin sepeda motor tetap optimal.

bengkel Sepeda Motor

Servis sepeda motor di bengkel resmi (Foto: YIMM)

Pola Berkendara

Setelah memastikan kondisi sepeda motor prima, pengendara harus memerhatikan pola berkendara. Berkendara dengan pola agresif dan sering memutar serta menutup gas menyebabkan kinerja rem menjadi tidak teratur. Sehingga akan membuat konsumsi bahan bakar semakin boros.

Berkendaralah dengan lembut dan tidak agresif, seperti memutar handle gas secara perlahan dan menjaga kecepatan konstan. Kemudian, tidak melakukan pengereman secara mendadak kecuali dalam keadaan mendesak. Dengan begitu suplai bensin yang dialirkan ke ruang bakar menjadi lebih terukur dan pastinya irit.

Memanfaatkan Fitur

Seiring perkembangan teknologi, sepeda motor tipe tertentu telah dibekali fitur canggih yang diklaim mampu mengurangi konsumsi bahan bakar.

Yamaha misalnya, punya fitur Stop & Start System yang berfungsi mematikan mesin secara otomatis jika sepeda motor berhenti dalam waktu lama. Dengan begitu, tidak ada bahan bakar yang terbuang percuma, sehingga dapat mengurangi konsumsi bensin.

Belajar sepeda motor matik

Belajar naik sepeda motor matik bagi pemula (Foto: YIMM)

Membawa Barang

Hal lain yang perlu diperhatikan supaya sepeda motor irit bahan bakar bakar, yaitu jangan membawa barang atau muatan berlebih di atas sepeda motor.

Membawa barang dalam jumlah banyak bisa membahayakan pengendara, karena sepeda motor menjadi tidak stabil. Selain itu, beban kerja mesin semakin berat, sehingga butuh banyak energi dan suplai bensin lebih banyak.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts