Mobil

5 Rekomendasi Mobil Kecil Bekas di Bawah Rp200 Juta

Mobil bekas 2021

Rekomendasi mobil kecil bekas. (Foto: Carsentro)

Jakarta – Di pasar mobil bekas banyak pilihan varian yang tersedia baik dari jenis kubikasi, warna, kebutuhan atau lainnya. Mobil bekas berdimensi kecil cukup banyak peminatnya khususnya dilingkungan perkotaan.

Carmudi telah rangkum rekomendasi mobil bekas berukuran kecil bagi yang tertarik membelinya. Di tengah pandemi covid-19 saat ini, kebanyakan konsumen mencari kendaraan yang harganya terjangkau untuk aktivitas sehari-hari.

Dibandingkan mobil baru yang harganya terus naik, mereka tentunya lebih memilih untuk membeli mobil bekas dengan harga lebih murah.

Selain itu, cukup banyak mobil bekas yang tampilannya terlihat seperti baru serta spesifikasinya masih mumpuni. Di jalan perkotaan yang sering macet, banyak masyarakat memilih mobil bekas berukuran kecil atau compact.

Hal ini disebabkan mobil tersebut mudah dibawa berkendara di jalan macet ataupun sempit, serta konsumsi bahan bakarnya terbilang irit dan efisien.

Mobil kecil terdiri dari beberapa macam, seperti hatchback, LCGC (Low Cost Green Car), city car, dan lainnya. Berikut ini adalah beberapa mobil kecil bekas yang Carmudi rekomendasi.

Rekomendasi Mobil Kecil Bekas

Honda Brio

Honda Brio merupakan salah satu mobil city car atau hatchback yang banyak diminati oleh para konsumen di Indonesia.

Sepanjang tahun 2020 lalu, mobil ini mencatat penjualan sebanyak 43.021 unit, sehingga menjadi salah satu mobil paling laris di Indonesia.

Brio pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2012. Mobil ini memiliki desain yang terkesan sporty serta berbagai fitur cukup cangih dan mumpuni.

Honda Brio RS

Honda Brio RS Limited Edition dengan desain lama (Foto : Carmudi Indonesia/Sano)

Brio memiliki beberapa keunggulan, seperti mudah dibawa bermanuver dan memiliki akselerasi bagus dengan handling stabil.

Di sisi lain, mobil tersebut telah dibenamkan mesin berkapasitas 1.200 cc, 4 silinder yang diklaim bertenaga, namun tetap irit bahan bakar. Selain itu, harga Brio baru maupun bekas dinilai cukup terjangkau.

Berdasarkan situs jual mobil bekas Carmudi Indonesia, Honda Brio seken dijual seharga Rp80 sampai 180 jutaan, sedangkan versi barunya dijual seharga Rp149 juta untuk tipe terendah dan Rp204 juta untuk tipe tertinggi.

Suzuki Karimun ‘Kotak’

mobil bekas rp50 jutaan

Suzuki Karimun kotak. (Foto: Carmudi)

Karimun ‘kotak’ merupakan mobil keluaran Suzuki yang dinilai tidak lekang oleh waktu dan masih banyak diminati hingga saat ini.

Meskipun terbilang kecil, namun Karimun generasi pertama ini memiliki ruang kabin yang cukup luas, sehingga pengemudi dan para penumpang mobil tersebut dapat bergerak dengan leluasa.

Sebagai informasi, Karimun diperkenalkan pertama kali di Tanah Air pada 1999 silam. Terdapat dua tipe yang ditawarkan, yaitu tipe DX sebagai tipe terbawah dan GX sebagai tipe tertinggi.

Karimun ini dibekali mesin tipe F10A berkapasitas 970 cc, 4 silinder segaris, SOHC. Sistem pasokan bahan bakarnya masih mengandalkan karburator dengan sistem pengapian CDI.

Dengan dibenamkan mesin tersebut, Karimun generasi pertama dapat mengeluarkan tenaga sebesar 54,2 hp pada putaran mesin 5.500 rpm dan torsi maksimal 100 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Selain itu, mobil tersebut mempunyai kecepatan maksimal hingga 140 km per jam. Untuk transmisinya sendiri, Karimun ini mengandalkan transmisi manual 5 percepatan.

Bagi Carmudian yang tertarik membeli Karimun bekas termasuk generasi pertama, cukup mengeluarkan uang tidak sampai 100 juta. Dilansir dari situs jual mobil bekas Carmudi, mobil ini dijual seharga Rp50 hingga 90 jutaan.

Kia Visto

Kia Visto. (Foto: Carmudi)

Kia merupakan produsen otomotif asal Korea Selatan yang sudah lama dikenal dalam menghadirkan kendaraan-kendaraan berkualitas dan dinilai dapat bersaing dengan produsen asal Jepang.

Salah satu mobil lawasnya yang masih diminati konsumen Indonesia, yaitu Kia Visto. Mobil ini memiliki ukuran yang mungil dan diperuntukan bagi kawula muda.

Dari segi dimensi, Visto memiliki panjang 3.595 mm, lebar 1.595 mm, dan tinggi 1.480 mm.

Visto memiliki daya tarik utama, yaitu dapat dibawa bermanuver dengan lincah di jalan macet, sehingga mobil ini direkomendasikan bagi konsumen yang tinggal di perkotaan dan membutuhkan mobil kecil bekas dengan mesin berkualitas.

Visto dibenamkan mesin yang sama dengan Hyundai Atoz, yakni mesin tipe G4HA berkapasitas 1.000 cc, 4 silinder segaris, SOHC dengan sistem bahan bakar EFI (Electronic Fuel Injection).

Dengan adanya sistem bahan bakar tersebut, Visto memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Mesin mobil ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 53,2 hp pada putaran mesin 6.000 rpm, serta torsi maksimal 73 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Selain itu, Visto menggunakan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Meski sudah tidak dijual lagi di Indonesia, mobil ini masih dijual di beberapa situs jual mobil bekas.

Dilansir dari situs jual mobil bekas Carmudi, Kia Visto dijual seharga Rp40 jutaan.

Toyota Yaris

Toyota Yaris merupakan mobil hatchback yang dikenal memiliki tampilan sporty. Mobil ini pertama kali hadir di Indonesia pada 2014 lalu.

Yaris memiliki kapasitas penumpang cukup banyak hingga 5 orang. Selain itu, mobil tersebut dibekali dengan mesin yang diklaim mempunyai tenaga cukup kuat.

Yaris generasi pertama mengusung mesin 1NZ-FE berkapasitas 1.497 cc, 4 silinder, VVT-i yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 109 hp dan torsi maksimal 141 Nm.

modifikasi mobil

Yaris Bakpao (Dok.Toyota)

Secara keseluruhan, Toyota Yaris cocok untuk konsumen yang sudah berkeluarga dan menginginkan mobil dengan tenaga mesin mumpuni.

Di sisi lain, mobil ini mempunyai harga yang terjangkau, termasuk versi bekasnya. Berdasarkan situs jual mobil bekas Carmudi, Yaris seken dijual seharga Rp80 hingga 195 jutaan.

Toyota Agya

Toyota Agya

Toyota Agya bekas paling banyak dicari. (Foto: Carmudi)

Mobil kecil bekas yang direkomendasikan selanjutnya adalah Toyota Agya.

Keunggulan utama dari mobil ini adalah memiliki bentuk yang ramping sehingga dapat dibawa berkendara dengan nyaman saat melalui jalan dan gank sempit, atau ingin menyalip di tengah kemacetan.

Agya cocok untuk para konsumen yang hidup di perkotaan. Bagi yang mencari versi bekas mobil tersebut, mobil ini dijual dengan harga terjangkau, yaitu seharga Rp80 sampai 120 jutaan berdasarkan situs jual mobil bekas Carmudi.

Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Carsentro pasar mobil bekas Carmudi. (Foto: Carmudi)

Bagi yang ingin membeli mobil bekas, sebaiknya ketahui dulu beberapa tips penting untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas. Berikut ini adalah tipsnya.

  • Periksa bodi mobil secara keseluruhan dengan melihat pada bagian depan atau belakang ke ujung bodi mobil ini.
  • Carmudian juga bisa mengetuk bodi mobil secara perlahan untuk mengecek apakah ada dempul yang menempel pada bodi mobilnya. Jika ada, Carmudian harus siap mengeluarkan uang lebih untuk memperbaiki bodi mobil Carmudian.
  • Tips selanjutnya adalah memastikan pilar pada mobil bekasnya masih utuh. Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan bahwa mobil bekas yang ingin dibeli belum pernah mengalami benturan.
  • Selain itu, lakukan juga pengecekan pada tuas cek oli. Carmudian periksa bagian bawah mesin dan sekitar ruang mesin mobil untuk memastikan bahwa tidak ada rembesan oli.
  • Tips terakhir adalah mengecek surat-surat kendaraan mobil bekas yang ingin Carmudian beli. Lakukan pengecekan pada nomor rangka atau nomor mesin mobil tersebut. Pastikan cocok antara nomor rangka dan nomor mesin di STNK atau BPKB dengan nomor yang tertera pada mobil bekasnya.

Penulis: Nadya

Editor: Lesmana

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts