Sumber informasi

7 Penyebab Bunyi Saat Mobil Sedang Mundur, Waspada!

Pernah mendengar bunyi seperti “nguk” saat transmisi mobil diposisikan ke gigi mundur atau bunyi lain ketika bergerak ke belakang?

Menurut penelusuran Carmudi, ternyata penyebabnya ada berbagai macam dan sebagian besar darinya ternyata bisa berbahaya jika lama-lama didiamkan atau diabaikan.

Selain tidak wajar, muncul bunyi ketika mobil bergerak mundur, tentu membuat berkendara jadi tidak nyaman.

penyebab bunyi mobil mundur

Transmisi Suzuki Ignis facelift (Foto: Zigwheels)

Umumnya bunyi tersebut berasal dari bagian transmisi yang kurang terawat. Namun kadang ada juga yang ternyata itu merupakan kesalahan produksi dari pabrik.

Berikut ini Carmudi telah rangkum 7 penyebab bunyi yang timbul saat mobil bergerak mundur.

Penyebab Bunyi Mobil Saat Sedang Mundur

  • Oli Transmisi Kurang

Salah satu penyebab bunyi ketika mobil sedang mundur bisa disebabkan oleh kurangnya oli pada transmisi. Pada mobil dengan transmisi matic, umumnya ada kebocoran yang mengakibatkan oli berkurang.

Cek ke bagian kolong mobil apakah terlihat tetesan oli atau tidak. Jika terlihat adanya kebocoran, sebaiknya harus langsung dibawa ke bengkel dan jangan ditunda-tunda.

Biasanya, salah satu titik yang rawan terjadi kebocoran pada transmisi ini ada di bagian tengah. Seal transmisi umumnya mengalami getas akibat usia pemakaian dan wajib diganti secara berkala.

penyebab bunyi mobil mundur

Ilustrasi pelumas transmisi (CarfromJapan)

Kurangnya jumlah oli transmisi membuat transmisi tidak bisa terlumasi dengan baik. Selain itu oli transmisi yang sudah kotor dan terkontaminasi juga bisa menjadi salah satu penyebab bunyi.

  • Kopel Bermasalah

Bagi mobil dengan transmisi manual atau otomatis memiliki komponen kopel. Di dalam kopel tersebut terdiri dari beberapa komponen penunjang, salah satunya karet.

Karet pada kopel juga bisa menjadi salah satu penyebab yang bisa membuat mobil menimbulkan bunyi ketika mundur. Karet ini akan aus, retak, dan sobek akibat usia pemakaian.

penyebab bunyi mobil mundur

Mencuci kolong mobil minimal 6 bulan sekali.

Kotoran yang menempel pada bagian kopel dan komponen pendukungnya juga bisa menjadi penyebab. Sangat disarankan untuk mengecek kondisi bagian kolong mobil setidaknya 6 bulan sekali untuk memeriksa kondisi yang ada di bawah mobil.

Kopel ini umumnya hanya ada pada mobil dengan penggerak roda belakang saja. Mobil dengan penggerak roda depan umumnya tak menggunakan kopel.

  • Oli Gardan

Untuk mobil dengan penggerak roda belakang, sebaiknya oli gardan diganti secara berkala. Oli gardan yang sudah kotor dan lama tidak diganti juga bisa berpotensi menjadi penyebab bunyi.

Banyak pemilik mobil yang mengabaikan penggantian oli gardan. Dikutip dari berbagai sumber, oli gardan sebaiknya diganti berkala setiap 20 ribu kilometer atau dua tahun sekali.

menjaga perfoma mesin mobil

STP Oil Synthetic Series. (Foto: STP Oil)

Untuk mobil yang sering dipakai, bisa mengikuti panduan tersebut untuk tetap menjaga pelumasan di dalam gardan. Sedangkan untuk mobil yang jarang dipakai, bisa juga menggunakan patokan tersebut.

Walaupun mobil jarang dipakai, tetapi kualitas oli yang terlalu lama diam juga bisa menurun. Sehingga mobil yang sering dipakai ataupun jarang dipakai sebaiknya diganti rutin berkala.

  • Bagian Kopling

Kopling pada mobil juga bisa menjadi salah satu faktor yang membuat mobil bunyi saat mundur. Umumnya bagian kampas kopling, laher kopling dan komponen penunjang kopling lainnya sudah aus.

Biasanya ciri bagian kopling yang sudah mulai aus bisa dirasakan ketika sedang memindahkan gigi. Jika saat memindahkan gigi terasa sedikit keras dan kasar, Carmudian boleh curiga pada kopling dan kawan-kawannya.

Kampas kopling

Kampas kopling bekas atau rekondisi sebenarnya sudah tak layak digunakan. Foto/Carmudi.

Kopling yang masih bagus umumnya bisa dengan mudah saat menaikkan dan menurunkan gigi. Untuk mobil matic juga bisa dirasakan ketika memindahkan tuas dari D ke R secara perlahan.

Jika saat dipindah ke R (mundur) terasa sedikit kasar dan keras, maka bisa di cek bagian kopling. Kampas kopling yang sudah aus juga membuat mobil terasa berat ketika dikendarai saat pelan.

  • Bearing Roda

Penyebab lain saat mobil bunyi ketika mundur bisa juga berasal dari bearing roda. Dilansir dari laman Dunlop, bearing roda pada mobil merupakan salah satu komponen bantalan yang menjadi dudukan dari poros roda.

Seringkali bearing mengalami kerusakan akibat pemakaian. Salah satu penyebab bearing rusak adalah sering melibas jalan jelek dengan kecepatan yang agak tinggi.

Bagi mereka yang menggunakan pelek aftermarket dengan diameter yang lebih besar juga bisa menyebabkan bearing menjadi cepat rusak. Terkadang bearing yang rusak ini sering tidak disadari karena tertutup dengan suara ban saat mobil berjalan.

Melepas Bearing Roda

Untuk melepaskan bearing membutuhkan martil, dan obeng/Foto/Carmudi Indonesia/Ben

Bunyi ini akan muncul ketika mobil sedang mundur, tetapi pada beberapa kasus bisa juga bunyi ini ditemui ketika mobil sedang berjalan pelan. Semakin cepat mobil berjalan, maka bunyi akan semakin keras juga jika bearing rodanya sudah benar-benar rusak.

Hal tersebut dikarenakan putaran pada poros roda sudah tidak presisi di tengah lagi. Selain bearing, bisa juga disebabkan rusaknya as roda.

Jika sudah mendengar seperti hal itu, coba segera cek bagian kaki-kaki mobil kesayangan ya, Carmudian!

  • Masalah Pada Rem

Penyebab lain bisa juga disebabkan dari masalah yang berasal di bagian pengereman. Salah satunya adalah kampas rem yang mau habis atau cakram yang ternyata tidak rata.

Cakram yang bagian luarnya habis tidak rata umumnya bisa menyebabkan bunyi baik itu ketika mobil berjalan atau mundur. Mungkin saja kampas rem sudah mau habis tetapi tetap dipaksakan untuk jalan.

Rem Tangan Mengunci

(Foto: Hydraulic Suspension)

Selain itu bisa juga sumbernya berasal dari pin pengunci kampas rem yang ternyata terlepas. Pin pengunci tersebut tidak menjaga kampas rem pada posisi yang seharusnya.

Jika terlepas, kampas bisa miring dan menempel di bagian tromol sehingga menyebabkan bunyi. Tidak ada salahnya Carmudian mengecek kondisi pengereman ketika merasakan bunyi-bunyi aneh ketika mobil sedang mundur.

  • Tuas Transmisi Rusak

Penyebab bunyi saat mobil mundur terakhir bisa berasal dari bagian transmisi yang mengalami kerusakan. Baik transmisi manual atau otomatis jika sudah terjadi kerusakan di bagian dalam pasti menimbulkan bunyi.

Untuk transmisi matic, biasanya gejalanya akan terdengar ketika pengemudi memindahkan tuas D ke R ketika mobil baru dinyalakan. Sedangkan untuk transmisi manual, biasanya ketika dikendarai akan terdengar agak berdengung.

Masalah tersebut bisa disebabkan oleh kotornya oli di dalam transmisi, komponen gir yang aus karena usia, hingga kurangnya pelumas. Ini menandakan jika pemilik mobil kurang merawat mobil dengan baik dan sepenuh hati.

Perbaikan transmisi matic Honda Jazz penyebab bunyi mobil mundur

Perbaikan transmisi matic Honda Jazz

Mobil yang dirawat dengan baik dan benar biasanya tidak akan mengalami bunyi-bunyian aneh seperti di atas. Sebagai pemilik mobil yang baik, kita dituntut untuk bisa lebih sensitif merasakan adanya perubahan pada mobil.

Misalnya ketika mundur terasa sedikit keras, atau terdengar bunyi saat memindahkan gigi, atau sulit memindahkan gigi. Ciri-ciri tersebut menjadi gejala awal yang bisa dideteksi jika mobil mengalami kerusakan.

Cara Membuat Mobil Lebih Awet

Sayangnya tidak semua orang punya tingkat sensitifitas yang tinggi. Hanya sebagian orang yang punya pengalaman saja yang bisa merasakan hal tersebut.

Setelah membahas mengenai penyebab bunyi ketika mobil sedang mundur di atas, Carmudian sebaiknya lebih peduli lagi dengan mobil kesayangan di rumah. Salah satunya bisa dengan beberapa cara di bawah ini.

  • Tidak melewati banjir
  • Tidak melibas jalan rusak dengan kecepatan lebih dari 50 km/jam
  • Tidak menerabas lubang
  • Rajin melakukan servis berkala
  • Rutin mengganti oli sesuai jadwal yang ditentukan
  • Mengganti spare part sesuai waktu pemakaian

Beberapa cara di atas sayangnya jarang dilakukan oleh banyak pemilik mobil. Maka dari itu, kita sebagai pemilik mobil diusahakan juga melakukan perawatan dengan baik dan benar.

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts