Berita Mobil Produk Sumber informasi

Hyundai i30 N Versi Balapnya Siap Tampil di SEMA

Las Vegas – Meski pabrikan Korea Selatan ini lebih terkenal dengan mobil terjangkau, namun beberapa tahun ini Hyundai menjadi lebih agresif. Dengan membawa line up berdesain tampan. Serta sederetan fitur yang tak kalah dengan pesaingnya.

Lebih lagi, untuk pertama kalinya Hyundai memperkenalkan sebuah hot hatch yang bertajuk i30 N. Bukan main, bahkan Hyundai i30 N ini pun langsung ditujukan untuk berkompetisi Denhan salah satu hot hatchback paling legendaris, Volkswagen Golf GTI.

Sambil jadi kontender untuk hatchback di atas 200 hp menemani Ford Focus ST dan Seat Leon Cupra. Nah, kendati versi produksi masalnya yang baru diperkenalkan bulan Juli silam di Frankfurt Motor Show 2017.

Pabrikan yang berpusat di Seoul ini siap untuk menampilkan versi balap dari Hyundai i30 N di SEMA Show tahun ini.

Versi balap yang siap tampil di ajang modifikasi tahunan di Las Vegas, Amerika Serikat, tersebut juga sebenarnya bukan tampil perdana.

Bila masih ingat, Hyundai pernah mengikutkan versi pra-produksi dari i30 N di event sport 24-hour of Nurburgring. Yang merupakan balap di salah satu sirkuit terkejam dunia selama satu hari penuh.

“Balap 24 jam di Nurburgring adalah kesuksesan besar untuk kami. Dua unit i20 N yang ikut menyelesaikan ajang balap tanpa mengalami masalah teknis. Kami sangat senang dengan performa serta durabilitas dari mobilnya,” ujar Albert Biermann, Executive Vice President & Head of Vehicle Test & High Performance Development Hyundai Motor Company.

Dijelaskan, kedua Hyundai i30 N yang mengikuti ajang balap 24-Hour of Nurburgring itu juga hanya ditambahkan sedikit modifikasi yang membuktikan kapabilitas asli mobilnya dalam menerjang trek ekstra-ganas yang kerap disebut “Green Hell” tersebut.

Performa Maksimal untuk Sirkuit

Seperti yang terlihat pada foto di atas, Hyundai i30 N yang akan ditampilkan di SEMA Show pada akan berpenampilan lebih agresif dengan splitter khusus dan tentunya roll-bar di dalam untuk keselamatan. Sementara apa yang ada di bawah kap mesin sama persis dengan yang digunakan di model produksi masal.

Tepatnya, jantung mekanis 4-silinder segaris berkode Theta 2.0 T-GDI dengan kapasitas 1.998 cc yang mengandalkan turbocharger dan E-CVVT. Mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga 246 hp pada 6.000 rpm, serta torsi 353 Nm di 1.450-4.000 rpm.

Sedangkan tersedia juga Performance Package yang meningkatkan tenaga mesinnya lagi hingga 271 hp. Mesin tersebut berhasil mengangkut Hyundai i30 N melewati 122 putaran sirkuit Nurburgring Nordschleife. Menempuh sejauh 25 km per putarannya, atau sekitar 2.900 km.

Tentunya selain mesin, faktor lain seperti suspensi yang bisa diatur secara elektronik dan Electronic Limited Slip Differential (E-LSD) juga membantu meraihnya mencapai posisi keempat di kelas SP3T dari total 10 peserta.

Sayangnya bagi yang mengharapkan kedatangan hot hatch dari “Namyang” ini untuk dibawa ke Tanah Air, jangankan versi sporty i30 N, varian standar dari hatchback Hyundai i30 saja tidak dipasarkan di Indonesia. (Penulis: Fransiscus Rosano)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts