Berita Mobil Sumber informasi

Bagi Honda Indonesia, Masalah Recall Airbag Takata Tak Kunjung Usai

Airbag Honda

Masalah recall airbag Takata di Honda masih belum samapai 50 persen. Foto/Ilustrasi.

Jakarta – Cacat produksi airbag Takata selama sekian tahun lalu terbukti berdampak signifikan terhadap industri otomotif global. Banyak sekali pabrikan mobil yang harus recall unit akibat produk cacat dari Takata.

Recall Airbag Takata ini bahkan turut dilakukan oleh beberapa merk mobil di Indonesia. Honda salah satunya, merek otomotif asal Jepang ini menarik sekitar 600 ribu mobil yang ada di seluruh Indonesia.

Unit kendaraan yang ditarik ini bahkan termasuk keluaran lama, mulai tahun 2002. Bagi PT Honda Prospect Motor selaku agen pemegang merek, masalah recall ini seperti tak kunjung usai.

“Total unit hampir 600 ribu lebih kita recall sejak tahun 2002 kalau nggak salah, pencapaian kita sekarang sudah mencapai 52 persen. Dulu prosesnya sudah sampai 80% tapi unitnya nambah lagi (yang terkena recall),” ungkap Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT HPM beberapa waktu lalu.

Begitu gencarnya upaya yang dilakukan oleh Honda Indonesia untuk mengkampanyekan penggantian airbag ke seluruh unit yang terdampak. Sosialisasi recall ini dilakukan secara masif, tidak hanya kepada para konsumen tapi juga hingga ke pedagang mobil bekas.

Cara ini dilakukan karena banyak sekali pemilik mobil Honda yang cuek dan enggan datang ke bengkel untuk melakukan penggantian komponen. Padahal, Jonfis menuturkan bila recall tersebut jadi bentuk tanggung jawab pabrikan kepada konsumen mereka.

“Bagi kita recall itu bukan tantangan, tetapi memang sebuah tanggung jawab. Kita juga kejar perbaikan di mobil bekas, seperti di pasar mobil Kemayoran juga kita datangi, kita buat posko di pom bensin, serta kerja sama dengan komunitas,” jelasnya.

Proses Recall Airbag Takata di Mobil Honda

Permasalahan akibat cacat produksi airbag Takata terjadi hampir di seluruh model Honda yang ada di Indonesia. Program recall airbag Takata sudah dilakukan sejak 2013 atau sudah berjalan lima tahun. Model yang terindikasi bermasalah yaitu: Honda Civic (2001 – 2011), Stream (2002 – 2006),  CR-V (2002 – 2012), Accord (2003 – 2013), City (2004 – 2013). Selain itu Jazz (2004 – 2014), Odyssey (2004 – 2008), Freed (2009 – 2013), Brio (2013 – 2014).

Bengkel Honda

Honda terus lakukan perbaikan dalam program recall. Foto/Istimewa.

Pemilik mobil yang masuk ke dalam daftar recall tinggal datang ke bengkel resmi Honda membawa mobilnya. Tim mekanik akan melakukan pemeriksaan dan penggantian komponen. Proses penggantian airbag ini relatif cepat sekitar 1-2 jam waktu pengerjaannya.(dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts